May 18, 2015

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

1000 macam manfaat - Seperti yang kita ketahui bahwa kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan untuk berbagai macam kepentingan memasak. Akan tetapi, tahukah anda jika manfaat kunyit melebihi apa yang kita bayangkan? Ia tidak hanya digunakan sebagai bahan utama pembuat jamu kunyit asam yang biasa di konsumsi oleh wanita, ada banyak sekali manfaat kunyit yang bisa kita pelajari. Kunyit tidak hanya berfungsi untuk kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan.

Mencegah Kanker
Tidak banyak orang yang tahu bahwa untuk mencegah kanker. Di dalam kunyit itu mengandung kurkumin. Kurkumin adalah zat yang dipercaya sebagai anti oksidan yang bisa mencegah mutasi dan kerusakan sel yang biasanya disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kurkumin juga bisa menghambat sel-sel kanker, terutama kanker kulit, paru-paru, perut, usus, dan payudara.


Kunyit
Manfaat Kunyit
Mencegah Alzheimer
Alzheimer adalah penyakit yang menyebabkan si penderita kehilangan ingatan dan kemampuan untuk berpikir. Dengan kata lain, otak si penderita akan mati dan tidak berfungsi sama sekali. Tanpa kita sadari, ternyata salah satu manfaat kunyit adalah mencegah penyakit berbahaya ini, karena di dalam kunyit terdapat zat anti oksidan dan anti inflamasi.

Mengobati Penyakit Tifus
Untuk mengoptimalkan manfaat kunyit sebagai salah satu obat penyakit tifus, kita hanya butuh dua rimpang kunyit, satu daun sambiloto, dan satu bonggol sereh. Kita bisa menumbuk semua bahan sampai halus. Kemudian, kita bise rebus bahan alami tersebut dengan menggunakan segelas air. Setelah mendidih dan agak dingin, kita bisa menyaringnya dan minum air rebusan secara teratur selama satu minggu.

Menyembuhkan luka
Karena kunyit mengandung zat anti bakteri dan antiseptik, salah satu manfaat kunyit adalah menyembuhkan luka, baik itu luka biasa ataupun luka bakar. Desinfektan yang ada pada kunyit juga akan mencegah infeksi pada luka.

Mengurangi Resiko Diabetes
Tidak banyak orang tau jika manfaat kunyit yang terdapat pada zat kurkuminnya bisa mengurangi resiko seseorang untuk mengidap penyakit diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan kurkumin yang ada pada kunyit bisa mengurangi resistansi insulin pada tubuh, sehingga dapat mengendalikan kadar glukosa dalam darah.

Mencegah dan Mengobati Panas Dalam
Manfaat kunyit dalam mengatasi panas dalam bisa menyaingi kepopuler obat panas dalam yang sekarang ini beredar dipasaran. Kita bisa menguliti kunyit kemudian memarutnya sampai halus. Kemudian, campurkan parutan kunyit dengan gula merah menggunakan air hangat sampai terihal kental. Setelah itu, kita bisa menyaring ramuan dan meminum airnya selagi hangat.

Mencegah Anemia
Di dalam kunyit terdapat zat besi yang sangat berguna dalam pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, salah satu manfaat kunyit adalah untuk mencegah anemia.

Melancarkan Pencernaan
Manfaat kunyit selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Zat kurkumin yang ada di dalam kunyit bisa membantu melancarkan pencernaan dan membantu mengurangi masalah lambung, seperti perut kembung. Akan tetapi, kita juga perlu hati-hati, karena jika kita mempunyai penyakit kandung empedu, mengkonsumsi kunyit justru akan semakin memperparah keadaan.

Mengobati Gatal
Salah satu manfaat kunyit adalah mengobati rasa gatal dan penyakit kulit lain. Kita bisa membersihkan dan memarut kunyit hingga halus. Kemudian, parutan kunyit tersebut bisa kita campurkan dengan bunga melati dan tumbukan biji cengkeh. Kita bisa meremas-remas campuran itu dan mengoleskannya pada bagian tubuh yang gatal. Kita bisa melakukan hal ini secara rutin, sampai rasa gatal benar-benar hilang.