May 18, 2015

Manfaat Buah Alpukat

1000 macam manfaat - Buah alpukat dipercaya mampu turunkan kolesterol karena kandungan beta-sitosterol yang sudah terbukti cukup tinggi menurunkan kadar kolesterol. Buah yang diperkenalkan oleh bangsa belanda ke Indonesia ini merupakan buah asali yang berasal dari meksiko dan Amerika Tengah. Pohon alpukat secara umum bisa dimanfaatkan untuk keperluan manusia, misalnya batangnya dijadikan kayu bakar, kulit kayu pohon alpukat dan biji buah alpukat bisa digunakan sebagai pewarna kain yang alami, daun alpukat bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit, dan daging buah alpukat sendiri biasa dikonsumsi sebagai makanan atau diolah menjadi minuman yang menyehatkan.

Buah alpukat juga bisa mengatasi beberapa gangguan penyakit karena kandungan gizi yang terkandung dalam buah alpukat sangat bermanfaat bagi tubuh. Daging buah alpukat yang biasa dibuat juice yang menyegarkan biasa disajikan bersamaan dengan coklat sebagai campurannya untuk menambah rasa karena manfaat coklat disini akan memberikan rasa rileks bagi yang mengonsumsinya.


alpukat
Manfaat Buah Alpukat
Dengan mencampur buah alpukat dengan bahan lain tidak akan mengurangi atau menghilangkan manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Manfaat buah alpukat untuk mengatasi beberapa penyakit bisa dijadikan alternative untuk sehat secara alami dan menyenangkan. Asalkan dalam mengonsumsi alpukat tidak ditambahi bahan yang yang pada akhirnya mengurangi nutrisi yang terkandung didalamnya, seperti penambahan gula yang berlebihan atau coklat dengan pemanis buatan berkalori tinggi.

Dengan mengonsumsi alpukat secara teratur mampu mengontrol gula darah. Hal itu karena alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal atau mono-saturated fat yang bisa mengatasi resistensi insulin. Dengan mengonsumsi alpukat juga mampu melindungi diri dari serangan jantung seperti yang ditemukan pada manfaat edamame yang juga mampu memelihara kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit jantung.

Kandungan B6 dan asam folat dalam alpukat bisa mengatur kadar homocysteine yang menjadi penyebab resiko serangan jantung. Selain itu, kandungan glutathione, vitamin E, dan lemak tak jenuh membantu memelihara kesehatan tubuh. Manfaat buah alpukat yang lain yaitu mampu mengendalikan tekanan darah, memelihara kesehatan mata agar terhindar dari macular degeneration dan katarak, menghindari stroke, dan masih banyak lagi penyakit yang bisa teratasi.

Kemampuan itu karena kandungan kalium, carotenoid insulin, hingga asam folat yang ada didalam alpukat. Semua manfaat buah alpukat tersebut akan terasa khasiatnya jika buah alpukat dikonsumsi dengan cara yang benar. Manfaat buah alpukat juga bisa dirasakan untuk kecantikan kulit wajah, dan rambut serta membuat kulit menjadi lebih bersinar dan menjaga kulit dari iritasi. Tidak salah jika banyak produk kecantikan kulit menjadikan buah alpukat sebagai bahan utama dalam produknya.

Buah alpukat bisa dijadikan sebagai masker wajah untuk mengatasi kulit kering karena buah alpukat mampu melembabkan kulit. Selain itu, buah alpukat juga mampu mengurangi mata bengkak yaitu dengan menjadikan buah alpukat sebagai kompres mata dan diletakkan diarea mata yang bengkak. Bagi yang memiliki masalah dengan berat badan, buah alpukat juga bisa dijadikan sebagai tambahan makanan diet.

Kalori yang ada pada buah alpukat mampu dijadikan sebagai pengganti karbohidrat alternative yang juga mengenyangkan. Kandungan antioksisan glutation yang ada dalam alpukat mampu melindungi diri dari paparan radikal bebas yang berbahaya serta mencegah penuaan dini. Masih banyak lagi manfaat buah alpukat bagi kesehatan organ tubuh maupun bagi kecantikan bagi para wanita. Manfaat buah alpukat juga bisa dijadikan altrernatif untuk menjaga kesehatan dengan cara yang menyenangkan.

Tags :