May 18, 2015

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan dan Kecantikan

1000 macam manfaat - Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa manfaat buah rambutan ternyata sangat banyak untuk kesehatan. Buah yang memiliki warna merah ketika sudah matang ini merupakan tanaman musiman yang berbuah setahun sekali. Tanaman buah asli Indonesia/Malaisya ini juga memiliki banyak varietas dan jenis seperti rafiah, binjai, dan lain sebagainya. Buah rambutan yang memiliki nama latin Nephelium Laapaceum merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang memiliki peran besar untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Buah ini mudah dikenali melalui ciri-cirinya yang khas. Setiap bagian pada pohon rambutan mulai daging buah, biji, kulit batang, kulit buah, dan daunnya memiliki zat dan enzim yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Daging buah rambutan mengandung karbohidrat, protein, lemak, besi, kalsium, vitamin C, dan fosfor. Kulit buah dan daun mengandung tannin dan saponin. Biji mengandung lemak dan polifenol, dan kulit batang mengandung tannin, saponin, flavonida, pectic, substance, dan zat besi.


Rambutan
Manfaat Buah Rambutan
Dari semua kandungan yang tedapat pada rambutan, itulah yang menjadi alasan jika manfaat buah rambutan sangat positif untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit yang sering menyerang tubuh. Manfaat buah rambutan untuk mencegah dari beberapa penyakit, selain itu rambutan juga bermanfaat sebagai anti kanker. sebuah penelitian yang dilakukan oleh Chiang Mai University dari Thailand menemukan bahwa daging buah, biji dan kulit mengandung antioksidan flavonoid yang diyakini mampu mengurangi kolesterol, anti-kanker, dan anti-inflamasi.

Setelah itu, senyawa asam galia yang terdapat pada kulit rambutan mampu menangkal radikal bebas serta melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang juga mampu untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Vitamin C yang terdapat pada daging buah rambutan berfungsi sebagai anti-oksidan serta dapat mencegah kerusakan sel dan mampu menyerap zat besi. Tidak hanya itu, daging buah rambutan ternyata memiliki serat yang akan membantu seseorang yang memiliki masalah pada sistrem pencernaan seperti halnya pada manfaat teh hijau yang biasa digunakan untuk masalah pencernaan, dan manfaat buah rambutan juga dapat membunuh parasite dalam usus dan membantu meringankan masalah diare.

Manfaat buah rambutan yang kaya akan gula jenis fruktosa dan sukrosa memiliki kalori yang sangat sedikit. Ada banyak potassium dalam rambutan, zat besi, vitamin A, dan sedikit kalsium, magnesium, natrium zinc, niasin, dan juga protein yang sama yang ditemukan pada manfaat susu kedelai. Rambutan juga mengandung akan karbohidrat dan protein yang berfungsi mampu mendongkrak energy setelah lelah beraktifitas dan bekerja sehari-hari.

Selain itu, buah rambutan bisan menjadi penangkal penyakit Anemia yang sangat efektif. Sumber zat besi pada buah rambutan dapat menghilangkan dari rasa pusing serta membuat tubuh tidak mudah lelah dengan aktivitas kerja sehari-hari. Selanjutnya, kandungan fosfor pada rambutan akan menjaga organ ginjal agar menjadi lebih sehat dan menghilangkan berbagai sampah yang terkonsentrasi di dalam ginjal manusia. Manfaat buah rambutan juga mampu menjaga system kekebalan tubuh.

Hal itu karena unsur tembaga yang ada pada rambutan sangat berfungsi dalam pembentukan sel-sel darah putih dimana sel darah putih bertugas melawan virus-virus, kuman, dan bakteri yang akan membawa pengaruh buruk bagi tubuh. Mungkin masih banyak lagi efek positif dengan makan buah rambutan. Yang terpenting tidak hanya mengandalkan manfaat buah rambutan saja untuk menjaga kesehata, melainkan juga melakukan pola hidup sehat sehingga manfaat buah rambutan juga bisa dirasakan secara menyeluruh dalam tubuh.

Tags :