May 18, 2015

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Hutan

1000 macam manfaat - Umat manusia yang hidup hidup didunia ini harus menjaga ekosistem hutan karena manfaat hutan akan bermanfaat selama tahun-tahun kedepan dan masa depan. Berdasarkan peraturan perundang-undangan di Indonesia tentang kehutanan, yaitu pada Undang-Undang Nomor 41 tahun 1999 mengenai definisi hutan adalah “Suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.”

Berdasarkan pengertian hutan tersebut maka hutan bisa pula disebut sebagai salah satu bentuk kehidupan di dunia yang mana terdiri dari suatu kumpulan tumbuhan dan terutama pepohonan atau tumbuhan berkayu lain, yang menempati daerah yang cukup luas. Hutan bisa ditemukan pada daerah dengan iklim tropis, dingin atau berada di dataran rendah atau pegunungan di seluruh dunia. Hutan adalah suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi antara lain pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur dan tanaman liar lainnya serta menempati daerah yang cukup luas.


hutan
Manfaat Hutan
Di Indonesia sendiri memiliki kawasan hutan yang sangat luas dan beraneka ragam jenisnya sehingga Indonesia bisa dikatakan sebagai paru-paru dunia. Akan tetapi sekarang, dengan tingkat kerusakan yang cukup tinggi akibat pembakaran hutan, penebangan liar, membuat manfaat hutan menjadi berkurang keselarasannya. Manfaat hutan sangat besar bagi kehidupan mahluk hidup yang ada disekitarnya termasuk manusia.

Hutan merupakan gudang penyimpanan air dan tempat menyerapnya air hujan maupun embun yang pada akhirnya akan mengalirkannya ke sungai-sungai yang memiliki mata air di tengah-tengah hutan secara teratur menurut irama alam. Hutan juga berperan untuk melindungi tanah dari erosi dan daur unsur haranya. Selain itu, hutan memiliki komponen ekosistern alam yang terdiri dari unsur-unsur hujan, sinar matahari, angin dan kelembaban yang sangat mempengaruhi kehidupan yang ada di permukaan bumi, terutama iklim makro maupun mikro.

Tanah hutan merupakan pembentuk humus utama dan penyimpan unsur-unsur mineral bagi tumbuhan lain. Kesuburan tanah sangat ditentukan oleh faktor-faktor seperti jenis batu induk yang membentuknya, kondisi selama dalam proses pembentukan, tekstur dan struktur tanah yang meliputi kelembaban, suhu dan air tanah, topografi wilayah, vegetasi dan jasad jasad hidup. Faktor¬-faktor inilah yang kelak menyebabkan terbentuknya bermacam-macam formasi hutan dan vegetasi hutan.

Hutan memiliki kekayaan dari berbagai jenis flora dan fauna. Keberadaan flora dan fauna dalam hutan sama seperti menikmati manfaat infused water bagi tubuh manusia. Apabila hutan tidak diperhatikan maka ekosistem hutan akan rusak atau bahkan hilang sama sekali. Hutan sebagai sumber hasil alam yang cukup besar yang bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar hutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu masyarakat bisa memperoleh tanaman liar seperti manfaat lidah buaya yang bisa dijadikan sebagai obat-obatan dan masih banyak lagi tanaman liar yang bisa dijadikan obat trdisional yang sangat bagus. Manfaat hutan juga bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan ide-ide baru yang aman untuk ekosistem lingkungan atau dijadikan tempat untuk berlibur dan kegiatan berwisata alam.

Manfaat hutan juga sangat bagus untuk membangun perekonomian Negara. Semakin banyak dan terjaga kelestarian hutan, semakin banyak keuntungan yang bisa didapat secara ekonomi bagi Negara. Pemanfaatan hutan secara positif akan menguntungkan dalam mengembangkan usaha secara legal dan resmi. Dengan begitu akan membuka lapang pekerjaan yang mampu mengurangi pengangguran. Manfaat hutan juga bisa dijadikan sebagai sumber makanan. Oleh karena itu, kita sebagai bagian dari ekosistem dunia harus menjaga keselarasan hutan agar terjadi keseimbangan antara lingkungan dan alam dan kehidupan ekosistem lainnya sehingga manfaat hutan akan bisa dirasakan dalam jangka waktu lama dan selamanya.

Tags :