May 18, 2015

Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan dan Kecantikan

1000 macam manfaat - Lidah buaya lebih sering dikenal dan dilihat sebagai tanaman hias, hampir disetiap rumah memiliki jenis tanaman inikarena bentuknya yang unik. Namun ternyata, tanaman yang sering berada dipekarangan rumah dan bahkan tumbuh liar ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Lidah buaya atau dengan nama latin Aloe yang berasal dari Africa memiliki banyak varietas, kurang lebih ada 300 jenis lidah buaya yang tersebar di seluruh dunia mulai dari yang bersifat racun hingga yang aman untuk digunakan dan dikonsumsi.

Akan tetapi, yang sering dibudidayakan di Indonesia hanya ada kurang lebih tiga jenis lidah buaya yaitu aloe vera (aloe barbadensis Miller), Aloe perryi, dan Aloe ferox. Dan dari ketiga yang telah dikembangkan hanya jenis aloe barbandesis Miller yang digunakan sebagai obat untuk kebutuhan dunia farmasi, makanan atau minuman yang bisa dikonsumsi, hingga untuk bahan dalam kosmetik kecantikan.


Lidah buaya
Manfaat Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang bisa tumbuh sepanjang tahun ditempat yang kering dan kurang kadar air sehingga membuat tanaman ini mudah untuk dibudidayakan sehingga manfaat lidah buaya bisa digunakan kapan saja ketika diperlukan. Manfaat lidah buaya sudah sejak dulu dimanfaatkan sebagai obat maupun untuk kecantikan. Hal ini karena lidah buaya mengandung aloin, emodin, gum, minyak atsiri, vitamin A, B1,B2, B3, B12, C, E serta masih banyak enzim-enzim lainnya.

Dengan beragam kandungan yang ada pada lidah buaya, membuat para ahli kecantikan memanfaatkannya sebagai bahan utama dalam produk mereka, misalnya produk kecantikan rambut, produk kecantikan wajah, hingga dijadikan campuran untuk pasta gigi. Secara alami, lidah buaya digunakan sebagai penyubur rambut dengan cara memanfaatkan bagian dalam yang berupa gel bening, kemudian di gosokkan kekulit kepala.

Lidah buaya juga dimanfaatkan sebagai obat kulit untuk mengobati luka bakar atau kulit yang tersiram air panas dengan cara menempelkan bagian dalam lidah buaya yang berupa gel kebagian kulit yang terluka. Manfaat lidah buaya sebagai antioksidan membuat jaringan kulit menjadi kencang, serta mencegah penuaan dini pada kulit seperti kandungan senyawa cysteine yang ditemukan pada buah nenas yang mana manfaat buah nanas juga sebagai anti-aging kulit.

Dalam dunia kesehatan, manfaat lidah buaya digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit, misalnya membantu menurunkan kadar gula darah bagi penerita diabetes. Dalam mengonsumsi lidah buaya sebagai ramuan obat, diselingi juga dengan makanan yang sehat dan cocok untuk penderita serta rutin melakukan olah raga, karena manfaat olahraga juga mampu mebngatur kadar gula dalma darah menjadi normal.

Khasiat lainnya yaitu membantu melancarkan system pencernaan karena kurang serat. Tidak hanya itu, lidah buaya juga bersifat antiradang karena mengandung vitamin C yang banyak serta Vitamin B6, asam folat, klorida, kalium dan vitamin K dimana manfaat lidah buaya bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan luka dikulit. Selain sebagai obat, manfaat lidah buaya juga bisa diolah menjadi campuran minuman yang mnyegarkan, misalnya dibuat menjadi nata, jenis campuran minuman yang biasa terbuat dari air kelapa ini juga bisa diolah dengan menggunakan bahan lidah buaya.

Bagian yang digunakan adalah bagian dalam dari daging lidah buaya yang berwarna bening. Selain itu lidah buaya juga bisa dibuat menjadi campuran untuk membuat agar-agar lidah buaya yang sehat dan kaya akan serat alami serta minuman juice lidah buaya. Masih banyak lagi manfaat lidah buaya yang bisa dimanfaatkan dan dikreasikan sendiri jika tau cara memanfaatkannya.

Tags :