May 17, 2015

Manfaat Madu

1000 macam manfaat - Madu untuk kecantikan sudah banyak diketahui karena sejak zaman dulu madu sudah dijadikan sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan. Selain untuk kecantikan, madu juga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dan untuk menyembuhkan luka pada kulit. Madu berasal dari sari bunga yang dihisap oleh serangga lebah dan dibawa kesarang untuk dikumpulkan sebagai cadangan makanan lebah tersebut. Di Indonesia sendiri, ada berbagai macam jenis dan nama madu.

Penamaan tersebut tergantung dari jenis bunga yang diambil nektarnya oleh lebah. Manfaat madu untuk kesehatan sangat terkenal di dunia kesehatan karena banyak obat-obat yang menggunakan ekstraksi madu sebagai bahan utamanya. Tidak hanya sebagai obat, madu juga bisa digunakan sebagai pelengkap makanan yang lezat, sebagai tambahan bumbu penyedap, hingga sebagai merawat kecantikan wajah. Kesimpulannya adalah madu yang juga bisa dijadikan sebagai pemanis alami memiliki manfaat yang sangat banyak dan manfaat madu tersebut sangat menguntungkan tubuh yang mengonsumsinya secara teratur.


Manfaat Madu
Manfaat madu sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan seperti merawat rambut, membersihkan muka, merawat kehalusan kulit, menghilangkan jerawat pada wajah hingga melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Kemampuan yang dihasilkan madu karena kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet yang berlebihan. Karena khasiatnya yang besar untuk menjaga kulit tetap cerah dan sehat, banyak sekali produk-produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan utama.

Akan tetapi, akan lebih baik jika menggunakan madu secara langsung tanpa ada campuran bahan kimia karena madu yang digunakan secara alami tidak akan menimbulkan efek samping yang diakibatkan pengawet dan bahan imia lainnya. madu yang asli dan alami sangat bagus untuk perawatan wajah dan biasanya dijadikan masker wajah yang membantu mengencangkan serta menghaluskan kulit wajah. Caranya dengan menggunakan beberapa sendok madu alami yang dicampurkan dengan sedikit minyak zaitun.

Tambahan minyak zaitun berkhasiat sebagai anti-aging pada kulit hal itu karena manfaat minyak zaitun yang mengandung banyak vitamin E juga merupakan antioksidan yang sangat baik untuk peremajaan kulit. Setelah itu oleskan pada wajah secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal dan aman. Madu juga bisa dijadikan tambahan untuk mandi berendam, yaitu dengan mencampurkanmadu dan juga minyak zaitun kedalam bathtub lalu gunakanlah air tersebut untuk merelaksasi badan, sedangkan manfaat madu dan minyak zaitun itu sendiri akan membuat kulit semakin segar dan wangi.

Sedangkan untuk kesehatan, manfaat madu digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit khususnya untuk mengobati penyakit diabetes. Madu adalah pemanis alami yang didapat langsung dari alam. Bagi penderita diabetes yang memiliki masalah kadara gula dalam darah namun suka mengkonsumsi makanan manis yang berkalori tinggi, lebih baik mengganti pemanis makanan dengan menggunakan madu. Madu yang dipilih haruslah madu asli yang rendah kandungan airnya yaitu sekitar 18%.

Selain itu, madu juga bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya bakteri jahat dalam tubuh jika dikonsumsi secara teratur sesuai dosisnya karena madu mengandung keasaman 3.2-4.5 yang memungkinkan bakteri tidak bisa berkembang. Bagi yang memiliki masalah dengan radang tenggorokan, bisa menggunakan madu sebagai solusi alami untuk mengurangi radang pada tenggorokan karena manfaat madu yang bersifat anti radang.

Apalgi, madu juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap, yaitu dengan mencampurkan sesendok madu dan bubuk kayu manis dan dicampurkan kedalam air hangat kemudian diminum secara rutin. Selain menggunakan madu, daun sirih juga biasa digunakan untuk menghilangkan bau mulut dengan cara merebus daun sirih kemudian gunakan airnya untuk berkumur karena manfaat daun sirih membuat mulut segar dan bau tidak sedap akan hilang. Demikian banyak manfaat madu bagi kesehatan, dan mungkin masih banyak lagi manfaat madu yang bisa dirasakan tubuh dengan mengonsumsinya secara rutin.