May 18, 2015

Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

1000 macam manfaat - Sudah diketahui sejak zaman dulu bahkan minyak zaitun sudah digunakan sebagai bahan pengobatan pada zaman mesir kuno. Keampuhan minyak zaitun tidak hanya untuk kesehatan tapi juga sebagai bahan perawatan kecantikan yang sangat aman dan tanpa efek samping. Selain itu, minyak zaitun sudah dikembangkan sebagai bahan utama dalam produk kecantikan saat sekarang ini. Manfaatnya minyak zaitun untuk kesehatan tubuh, perawatan wajah, kulit dan rambut, serta fungsinya untuk menyembuhkan beberapa penyakit juga sangat mencengangkan.

Hal itu karena kandungan dan zat-zatalami yang terkandung dalam minyak tersebut seperti Vitamin A, C, D, E, K, asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat, asam stearate, asam palmitat, dan lignoserat. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung asam oleat, polifenol, asam lemak esensial, potassium, zatbesi, dan kalsium. Fenol yang ada di dalam minyak zaitun mengandung flavonoid yang memiliki peranan aktif sebagai antioksidan yang sangat bagus serta membantu menghambat proses oksidasi dari kolesterol jahat dalam tubuh.


Manfaat-Minyak-Zaitun.jpg
Manfaat Minyak Zaitun
Semua kandungan yang ada dalam manfaat minyak zaitun akan terasa khasiatnya jika di konsumsi dengan aturan dan dosis yang tepat. Manfaat minyak zaitun untuk mengurangi resiko terserang penyakit jantung karena kandungan antioksdan nabati dalam minyak zaitun. Untuk dosisnya disarankan untuk mengonsumsinya dengan teratur sehari dua kali dua sendok makan setiap kali meminumnya. Minyak zaitun juga bisa mengurangi rasa nyeri akibat peradangan yaitu dengan cara mengoleskannya pada daerah yang sakit, karena zat oleokantal yang ada pada minyak zaitun yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.

Minyak zaitun juga dipercaya untuk mencegah osteoporosis akibat kekurangan kalsium. Hal itu karena minyak zaitun membantu penyerapan kalsium secara optimal didalam tubuh. Tidak hanya mencegah osteoporosis, minyak zaitun juga diyakini bisa mengobati kanker yaitu dengan cara meminum minyak zaitun secara teratur sesuai dosis, kemudian fungsinya mampu mereduksi kerusakan sel kanker, sebagai antioksidan penghambat proses kanker, dan mencegah penyebarannya karena minyak zaitun mengandung zat fenol, extra virgin, dan asam oleat.

Zat fenol juga bisa ditemukan dalam tanaman lain seperti daun sirih. Namun, zat fenol yang ada dalam manfaat daun sirih digunakan sebagai pestisida nabati yang mengendalikan hama penghisap pada tanaman. Sebagai tahap pengobatan awal, biasanya minyak zaitun akan dikonsumsi satu kali sehari dengan takaran satu sendok teh. Dan ketika sudah terbiasa dan efeknya mulai terasa, dosisnya kemudian ditambah lebih dari sebelumnya agar manfaat minyak zaitun bisa dirasakan secara optimal.

Selain untuk obat, manfaat minyak zaitun juga sering dibuat antuk bahan merawat kecantikan. Salah satunya adalah sebagai bahan untuk memperindah rambut dengan cara menyuburkan rambut dan juga menghilangkan ketombe. Caranya, dengan mencampurkan minyak zaitun dengan shampoo anti ketombe yang ada, kemudian bilashingga bersih. Akan tetapi, untuk hasil yang lebih optimal untuk menghilangkan ketombe yaitu sehari sebelumnya gosokkan kulit kepala dengan irisan jeruk nipis lalu diamkan selama semalaman karena manfaat jeruk nipis juga akan meghilangkan ketombe.

Setelah itu, bilaslah rambut hingga bersih dengan menggunakan shampoo yang sudah dicampurkan dengan minyak zaitun. Hasilnya akan dirasakan setelah beberapa kali pemakaian secara teratur, dan ketombe tidak akan kembali lagi sehingga rambut menjadi indah dan berkilau. Selain itu, minyak zaitun juga digunakan untuk perawatan kulit agar selalu lembab dengan cara mengoleskan minyak zaitun keseluruh tubuh pada saat mandi, tunggu beberasa saat lalu bilas dengan air bersih. Kulit akan terasa lembut dan lembab sehingga terasa segar dan sehat. Masih banyak lagi manfaat minyak zaitun yang bisa dirasakan. Oleh sebab itu konsumsilah minyak zaitun sebagai penambah nutrisi secara teratur agar manfaat minyak zaitun terasa optimal.

Tags :