May 18, 2015

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan

1000 macam manfaat - Oatmeal bagi kesehatan yang paling diketahui adalah membantu melancarkan system pencernaa karena mengandung banyak serat serta makanan sehat untuk jantung. Oatmeal memang tidak terlalu popular untuk masyarakat Indonesia, hanya kalangan tertentu saja yang sudah mengonsumsi oatmeal sebagai pengganti karbohidrat yang lebih sehat. Dan mungkin ada sebagian masyarakat yang belum mengenal apa itu oatmeal.

Oatmeal adalah jenis gandum yang berserat tinggi dan memiliki kemampuan untuk mengurangi tingkat kolesterol darah. Karena kemampuan tersebut, oat sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Oatmeal atau dengan nama lain havermut biasa disajikan untuk sarapan pagi. Dalampenyajiannya oatmeal sering dicampur dengan buah-buahan segar, misalnya oatmeal disajikan dengan tambahan buah rambutan karena manfaat buah rambutan juga baik untuk menambah energy bagi tubuh.


Oatmeal
Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan
Oatmeal bisa diolah dengan berbagai macam olahan sebelum disajikan, misalnya dijadikan sup, bubur, bahkan pudding yang akan menambah selera makan. Manfaat oatmeal bagi kesehatan sangat besar dan bagus untuk orang yang ingin menjalankan pola makan yang sehat. Kandungan sumber gizi seperti vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, dan magnesium menjadi alasan manfaat oatmeal bagi kesehatan.

Berbagai penyakit yang bisa dicegah dengan mengonsumsi oatmeal secara teratur dan rutin, misalnya mengurangi resiko hipertensi. Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Antioksidan avenanthramide yang ada didalam oatmeal berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang bisa menyerang kolesterol baik yang ada didalam tubuh. Selain itu, senyawa ini juga melindungi kolesterol jahat dari proses oksidasi yang akan mencegah dari resiko penyakit kardiovaskular.

Antioksidan avenanthramide tidak hanya melindungi diri dari serangan jantung, tapi juga mampu mencegah pengerasan arteri. Antioksidan avenanthramide berfungsi menekan produksi molekul dan mencegah pengerasan dinding arteri. Ada penelitian yang membuktikan bahwa wanita menapouse yang makan enam porsi oatmeal dapat mengurangi berkembangnya aterosklerosis. Perkembangan kanker payudara pada wanita juga bisa dicegah dengan mengonsumsi oatmeal secara rutin karena serat yang berasal dari gandum sangat efektif menurunkan resiko terkena kanker payudara.

Serat tersebut akan menyerang karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh. Bagi para penderita diabetes, oatmeal sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena oatmeal mengandung magnesium yang mampu mengatur insulin dan kadar gula darah. Manfaat oatmeal bagi kesehatan akan meningkatkan system kekebalan tubuh. Serat beta-gluten dalam oatmeal berfungsi melindungi tubuh terhadap penyakit dan serangan bakteri serta menaikkan system imun.

Alasan-alasan tersebut membuat oatmeal memiliki peran penting dalam kesehatan dan manfaat oatmeal bagi kesehatan akan membuat gaya hidup baru untuk sehat. Untuk mendapatkan manfaat oatmeal bagi kesehatan yang optimal, selama mengonsumsi oatmeal kita bisa menambahkan susu ke dalam oatmeal. Tambahan dari susu rendah lemak juga dapat menurunkan risiko diabetes. Jika biasanya susu yang digunakan adalah produk hewani, tidak ada salahnya menggantinya dengan susu produk nabati yang juga rendah lemak seperti susu kedelai.

Dengan ini, manfaat oatmeal dan manfaat susu kedelai akan berkombinasi sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain dicampurkan susu, oatmeal juga akan menjadi santapan nikmat jika dicampurkan bubuk kayu manis secukupnya dan berbagai jenis kacang-kacangan. Dengan makan oatmeal sebagai santapan pengganti nasi, akan membuat perasaan jadi rileks dan terhindar dari stress tingkat tinggi. Oleh karena itu, mulailah mencoba untuk mengonsumsi oatmeal sebagai makanan sehat yang mengenyangkan. Selain itu manfaat oatmeal bagi kesehatan sangat positif khasiatnya untuk hidup lebih lama.

Tags :