May 18, 2015

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

1000 macam manfaat - Susu kedelai diolah pertama kali oleh bangsa China. Seperti halnya minuman nutrisi lainnya, manfaat susu kedelai pasti banyak sekali. Susu kedelai diolah dari kacang kedelai yang kaya akan nutrisi nabati. Kacang kedelai merupakan jenis kacang polong yang biasa diolah menjadi berbagai macam olahan bahan makanan seperti sebagai bahan dasar pembuatan tahu, tempe, kecap, dan susu itu sendiri.

Tanaman kedelai memiliki dua jenis yang sudah dikenal di masyarakat luas, yaitu kedelai hitam dan kedelai putih. Kedua jenis tersebut bisa dibedakan berdasarkan warnanya. Kedelai digunakan sebagai bahan pembuatan tempe, tahu, dan kecap, memiliki khasiat yang baik untuk tubuh karena mengandung banyak protein dan lechitin. Protein sendiri berguna untuk membentuk sel otot dan senyawa lechitin berfungsi membangun kecerdasan dan daya ingat yang sangat bermanfaat untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan.


susu kedelai
Manfaat Susu Kedelai
Sekarang sesuai dengan perkembanganya, kacang kedelai dijadikan bahan dasar pembuatan susu dengan kandungan protein nabati. Susu kedelai menambah variasi olahan kedelai kedalam berbagai jenis makanan. Karena kandungan asam lemak esensial, serat, dan protein yang cukup tinggi membuat manfaat susu kedelai mampu memelihara fungsi tubuh agar tetap stabil. Manfaat susu kedelai mampu menurunkan kolesterol karena lemak susu kedelai adalah jenis lemak tak jenuh dan tidak mengandung kolesterol.

Asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda dalam susu kedelai berfungsi manghambat pengangkutan kolesterol dalam darah dan penyerapan lemak dalam usus. Susu kedelai bisa menurunkan berat badan jadi susu kedelai bisa menjadi salah satu pilihan minuman berprotein tinggi untuk program diet. Sama halnya seperti mengonsumsi teh hijau dimana manfaat teh hijau juga bisa menurunkan berat badan. Selain itu, susu kedelai juga memiliki kadar gula yang lebih sedikit dari pada susu sapi.

Walupun jumlah kalori tidak sebanyak susu sapi, mengonsumsi susu kedelai akan memberikan efek kenyang lebih lama daripada susu sapi. Susu kedelai juga mampu mencegah penyakit yang kronis jika diminum rutin seperti kanker prostat pada pria. Kandunga phytoestrogen yaitu semacam hormone tanaman yang berfungsi mencegah produksi hormone testosterone pada pria yang mampu mengurangi resiko kanker prostat.

Selain itu, susu kedelai berkhasiat mencegah osteoporosis seperti susu sapi. Kandungan phytoestrogen pada susu kedelai berfungsi menyerap kalsium yang lebih besar oleh tubuh dan menjaga agar kandungan kalsium tidak hilang dari tulang. Omega 3 dan 6 yang terkandung dalam manfaat susu kedelai, sama dengan zat antosianin pada manfaat ubi ungu, berfungsi sebagai lemak nabati yang melindungi pembuluh darah dari gangguan dan pendarahan serta melancarkan aliran darah.

Jadi, manfaat susu kedelai akan membantu pembuluh darah untuk melindungi jaringan sel dari radikal bebas dan kolesterol. Tidak seperti susu sapi, manfaat susu kedelai tidak akan membuat orang alergi untuk meminumnya karena susu kedelai tidak mengandung protein kasein seperti yang ada pada susu sapi. Protein yang akan menyebabkan alergi bagi orang yang tidak cocok meminumnya. Susu kedelai juga tidak mengandung laktosa atau gula susu yang juga bisa menyebabkan alergi.

Oleh sebab itu, susu kedelai aman untuk diminum oleh siapapun mulai anak-anak hingga orang tua. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengetahui manfaat susu kedelai yang luar biasa, akan membuat olahan dari kedelai sebagai salah satu alternative pilihan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, kedelai juga bisa dijadikan pengganti protein hewani yang menambah variasi terserapnya zat gizi dalam tubuh. Dengan memanfaatkan manfaat susu kedelai, masyarakat akan selalu hidup dengan sehat.

Tags :