May 18, 2015

Khasiat dan Manfaat Ubi Ungu

1000 macam manfaat - Ubi ungu bagi kesehatan banyak yang belum mengetahuinya. Ubi ungu (ipomea batatas poiret) lebih dikenal sebagai bahan makanan yang bisa diolah menjdi berbagai jenis makanan yang sedap seperti kue, minuman, kripik, es krim dan lain-lain. Ubi jalar tidak mengandung lemak sama sekali sehingga makanan ini aman bila dikonsumsi oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Bahkan ubi jalar juga aman dikonsumsi balita yang masih berusia 6 bulan sebagai makanan pendamping asi karena kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan. Ubi ungu memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dari jenis unbi lainnya. selain itu, vitamin A dari 100 gram ubi ungu memiliki jumlah yang lebih banyak dari buah tomat dan buah bit dan juga pada manfaat wortel.


ubi ungu
Manfaat Ubi Ungu

Makanan yang bisa menjadi pewarna makanan yang cantik dengan warna ungunya ini memiliki serangkaian kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh diantaranya zinc, kalium, magnesium, tembaga, lisin, vitamin C dan E, vitamin B1, mineral, lemak, protein, serat kasar, dan tentunya sumber karbihidrat. Dengan serangkaian kandungan gizi yang terkandung pada ubi ungu akan menjadikan makanan yang dianggap tidak berkelas ini memiliki manfaat yang sangat berkelas nantinya.

Selain itu, harganya yang terjangkau dan mudah diperoleh membuat siapa saja akan bisa mendapatkan manfaat ubi ungu secara optimal. Berbagai manfaat ubi ungu untuk kesehatan dan mencegah berbagai penyakit, mulai mencegah penyakit ringan hingga penyakit yang berbahaya karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Ubi ungu yang rasanya manis mampu melancarkan aliran darah karena ubi ini memiliki zat antosianin merupakan zat anti-oksidan yang mampu menyerap polusi udara, dan menghambat pembekuan darah yang menjadikan lancarnya aliran darah.

Zat antosianin ini juga bisa berfungsi sebagai anti-oksidan, anti-kanker, anti-bakteri serta mampu melindungi organ hati dari kerusakan, mencegah serangan jantung, hingga stroke. Tidak hanya itu, manfaat vitamin E, vitamin C, dan betakaroten juga berfungsi sebagai anti-oksidan yang mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan berbagai penyakit kardiovaskular. Ubi ungu mengandung serat dan serat kasar serta pectin yang berfungsi memperlancar system pencernaan sehingga terhindar dari masalah sembelit dan wasir.

Sebagai anti-kanker, ubi ungu sangat baik dikonsumsi karena ubi ungu memiliki atau mengandung zat selenium dan iodin dua puluh kali lebih tinggi disbanding jenis ubi lain yang berfungsi sebagai sel anti kanker. sebagai informasi bahwa ubi ungu memiliki zat anti bakteri yang lebih tinggi dibanding varietas blueberry. Manfaat ubi ungu juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi karena ubi ungu merupakan sumber karbohidrat tinggi yang kaya akan sehat sehingga makanan ini sangat direkomen bagi orang yang menderita diabetes.

Manfaat ubi ungu juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit agar penampilan selalu cerah dan cantik. Misalnya kandungan karotenoid yang ada pada ubi ungu sangat efektif sebagai anti-aging atau anti penuaan dini karena zat ini akan bekerja melawan radikal bebas pada tubuh untuk meningkatkan imunitas. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada ubi jalar akan memproduksi kolagen dalam tubuh sehingga berperan aktif menjaga kekencangan kulit dan tidak mudah keriput.

Makanan yang bisa dikonsumsi dengan cara yabg bervariasi misalnya digoreng, direbus, dibakar, dijadikan pudding dan lain sebagainya. Rasanya yang manis tidak akan menyebabkan penyakit diabetes karena rendah kalori. Dalam mengonsumsi ubi ungu juga harus terkontrol dan sesuai dengan porsinya agar manfaat ubi ungu bisa dirasakan dan didapatkan.