May 18, 2015

Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan Tubuh

1000 macam manfaat - Vitamin E adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Itulah hal pertama yang diketahui tentang manfaat vitamin E. namun sejalan dengan perkembangannya dan kebutuhannya vitamin E juga memiliki beberapa manfaat untuk perlindungan terhadap racun yang disebabkan oleh polusi udara, sindrom pra menstruasi, gangguan mata, penyakit saraf, dan diabetes. Vitamin E merupakan nama dari kumpulan yang terdiri atas delapan senyawa yang bisa larut dalam lemak dengan molekul utamaya tocopherol dan tocotrinol.

Kedelapan bentuk molekul tersebut ialah alpha-, beta-, gamma-, dan delta-tocopherol dan alpha-, beta-, gamma-, dan delta-tocotrinol. Dan kedelapan bentuk ini merupakan bentuk yang paling aktif pada tubuh manusia. Vitamin E atau dalam istilah medis tokoferol besifat larut dalam lemak dan kaya akan antioksidan. Oleh sebab itulah, vitamin E sangat bagus untuk kesehatan. Vitamin E bisa didapatkan secara natural pada makanan, sebagai bahan tambahan, atau dalam bentuk suplemen.


vitamin e
Manfaat Vitamin E
Pada makanan, manfaat vitamin E yang melimpah ditemukan pada minyak biji gandum, minyak bunga matahari, biji bunga matahari, telur, kacang-kacangan, dan secara umum pada sayuran berdaun hijau. Manfaat vitamin E yang bersifat antioksidan sangat bagus untuk menjaga membrane sel dimana vitamin E akan melindungi sel paru-paru dari serangan sel darah putih, dan oksigen serta melawan penyakit. Selain itu, vitamin E akan mengurangi kadar kolesterol dan mencegah kanker.

selain itu, vitamin E akan membantu mempertahankan kadar air alami yang ada pada kulit. Menggunakan Minyak yang mengandung vitamin E murni berfungsi membuat wajah menjadi lebih bersinar, tidak kering, lebih sehat, dan segar. Vitamin E juga bisa digunakan untuk merawat kuku dengan cara mengoleskan minyak yang mengandung vitamin E secara teratur. Vitamin E membantu mengurangi hot flashes dan gejala menopause lainnya.

Vitamin E juga memiliki kemampuan menjaga dinding arteri dan mencegah terjadinya oksidasi kolesterol jahat. oksidasi kolesterol jahat merupakan penyebab awal terjadinya penyumbatan arteri. Vitamin E yang tinggi dalam tubuh akan mengurangi resiko terserang penyakit jantung bahkan mampu melindungi vitamin A yang didapat dari manfaat makanan lain seperti pada manfaat wortel dari oksidasi. Dengan kata lain, manfaat vitamin E berfungsi sebagai pengawet alami makanan.

Manfaat vitamin E bagi penderita diabetes yaitu mampu meningkatkan fungsi insulin dan meningkatkan metabolisme glukosa darah dengan mengurangi stres oksidatif. Manfaat vitamin E bisa dikombinasikan dengan manfaat zat besi yang akan berperan dalam metabolism energy dalam tubuh yang didapat dari makanan yang dikonsumsi. Vitamin E yang alami sangat mudah didapatkan dari berbagai sumber makanan yang berminyak atau berbagai jenis buah dan sayuran, seperti susu, mentega, telur, terutama kecambah.

Selain itu, sayuran yang paling banyak mengandung vitamin E adalah minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, alfalfa, selada, kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, biji bunga matahari, buncis, ubi jalar dan sayuran berwarna hijau. Bahkan, vitamin E akan mudah diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi ketika masih segar. Manfaat vitamin E memang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Akan tetapi, dalam mengonsumsi vitamin E tetap harus sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Selain itu mengosumsi vitamin E juga harus diseimbangkan dengan konsumsi nutrisi lainnya agar kandungan yang diserap tubuh menjadi selaras dan seimbang. Tdak hanya manfaat vitamin E manfaat vitamin lainnyapun akan diterima dengan baik oleh tubuh sehingga tubuh akan selalu terjaga kesehatannya.

Tags :