May 18, 2015

Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu hamil

1000 macam manfaat - Buah kiwi, siapa yang tidak kenal? Buah yang mendapatkan nama latin Actinidia deliciosa ini telah banyak dibicarakan dan diteliti khasiatnya lebih lanjut untuk kesehatan tubuh. Buah ini berasal dari kota Shaanxi, Cina. Ukuran buah ini menyerupai besarnya telur ayam, kira-kira berdiameter 4,5 - 5,5 cm. 

Tertanam segenap kandungan nutrisi yang cukup dibutuhkan demi menjaga kesehatan dan melindungi tubuh dari sejumlah penyakit ringan hingga kronis. Buah ini memiliki ciri khas dibagian dagingnya yang berwarna hijau terang atau keemasan, ditambah dengan tumpukan biji kecil berwarna hitam yang bisa langsung dimakan. Tekstur dagingnya sangat hlus sehingga mudah untuk dikunyah dan dicerna.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

Awalnya buah kiwi diberi nama Gosberi Cina karena asalnya dari Cina dan merupakan beri-berian. Namun, namanya berubah semenjak terjadinya pengeksporan buah ini di tahun 1950-an. Namanya saja yang berubah, tapi kandungan khasiatnya tak ada yang bertambah ataupun berkurang sedikitpun.

Pertanyaannya, apakah Anda tahu apa saja manfaat yang dapat kita ambil dari buah kiwi? Secara keseluruhan buah ini sangat tepat untuk rutin dimakan oleh ibu hamil atau sedang menyusui. Berikut ini beberapa manfaat buah kiwi untuk kesehatan ibu hamil.

1. Menjaga kesehatan saraf janin di kandungan

Buah kiwi dapat mencegah bayi terlahir dalam kondisi cacat bawaan. Bagi ibu hamil cukupi kebutuhan gizi berupa asid folik yang bisa diambil dari buah kiwi. Selain mencegah bayi lahir cacat, buah kiwi bisa mengembangkan otak dan saraf yang tidak sempurna sebanyak 70%.

Cacat saraf yang umum terjadi dan menyerang bayi sewaktu dilahirkan adalah spina bifida, penutup saraf tunjang dan kolum spina tidak lengkap. Buah kiwi dapat menciptakan keajaiban untuk ibu hamil yaitu dengan memperkecil risiko terjadinya cacat saraf seperti diatas.

2. Mencegah katarak

Katarak wajar terjadi pada orang lansia, sebab di usia senja sistem saraf tubuh mulai tak berkerja secara produktif, efeknya bisa mengganggu kesehatan.

Disini tidak disangkut pautkan dengan orang yang usianya sudah tidak produktif lagi, karena beberapa orang yang umurnya masih terbilang muda juga tak sedikit yang menderita katarak.

Hubungannya dengan buah kiwi adalah dikarenakan tersimpan senyawa lutein dalam buah kiwi yang bermanfaat untuk ibu hamil, salah satunya mencegah terjadinya katarak. Saat hamil, wajar terjadi beberapa gangguan kesehatan mata. Mencukupi kebutuhan gizi dengan konsumsi buah seperti kiwi bisa mengurangi risiko mata terserang katarak dan bayi terlahir selamat serta sehat.

3. Mengontrol berat badan ideal

Biasanya setelah melahiran sang ibu mengalami masalah dengan kegendutan. Masalah tersebut umum dijumpai dan dikeluhkan oleh para ibu pasca melahirkan. Jika Anda mengalami hal serupa tak perlu khawatir karena buah kiwi berperan untuk mengontrol berat badan Anda. Kandungan serat yang mudah larut didalam perut pada buah kiwi sangat dianjurkan oleh dokter untuk rutin dimakan para ibu yang baru saja atau sedang mengandung.

4. Menurunkan risiko stroke pada kehamilan

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan ibu hamil lainnya adalah meminimalisir terjadinya stroke saat mengandung. 

Dari hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) stroke banyak menyerang wanita hamil dari tahun ke tahun. Penyakit ini lebih pandang bulu dalam menyerang ibu yang hamil dengan keadaan obesitas, hipertensi dan penyakit jantung.

Untuk mencegahnya buah kiwi sangat cocok dijadikan solusi terbaik. Sebab buah kiwi juga berkemampuan dalam mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah berkat bantuan antioksidan alami seperti polifenol. Oleh karenanya penyakit seperti stroke dan serangan jantung akan minggat.

Buah kiwi sangat direkomendasikan untuk ibu yang sedang mengandung. Tentunya sang ibu akan sangat memperhatikan kesehatan janinnya agar lahir dengan selamat, jadi tak sedikit para ibu yang mulai membiasakan diri untuk konsumsi buah kiwi saat mengandung. Ketika bayi lahir sehat pasti sang ibu akan tenang dan setelahnya bisa bersenda gurau dengan si buah hati sehingga tertawa lepas, menyinggung soal tertawa ternyata banyak juga manfaat tertawa untuk kesehatan.

Tags :