May 18, 2015

Manfaat Tidur cukup untuk kesehatan tubuh

1000 macam manfaat - Tidur adalah posisi dimana tubuh berada dalam keadaan yang begitu santai dan tidak sadarkan diri, atau acap kali disebut orang sebagai “mati sejenak”. Aktivitas tidur wajib dilakukan oleh berbagai hewan menyusui dan tidak bertulang belakang seperti lalat, sementara manusia super wajib untuk tidur setiap hari untuk mengembalikan tenaga yang terkuras akibat seharian penuh beraktivitas.

Tidur sangatlah penting bagi kesehatan manusia, jika waktu tidur lebih sedikit dibanding waktu yang dihabiskan untuk aktivitas bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang cukup fatal seperti serangan jantung, penyakit jantung, hipertensi, stroke hingga diabetes. Menurut sejumlah penelitian, sebagian orang yang mempunyai masalah dengan insomnia atau susah tidur juga berisiko terkena penyakit kronis yang serupa tersebut.

Pekerjaan bisa menjadi faktor utama seseorang menjadi kekurangan waktu untuk istirahat, biasanya lembur karena tidak ingin dibebani pekerjaan lain yang cukup banyak esok harinya. Dalam sehari, tubuh butuh diistirahatkan dengan cara tidur selama kurang lebih 7 - 8 jam. Jika waktu tidur Anda cukup bisa dipastikan tubuh Anda jauh lebih sehat ketimbang mereka yang menggunakan waktu tidurnya untuk bergadang atau aktivitas lain.

tidur
Manfaat Tidur Untuk Kesehatan

Untuk memotivasi Anda agar lebih ingin tidur di waktu yang tepat dan rela meninggalkan pekerjaan sejenak. Berikut ini sajian menarik mengenai manfaat tidur cukup untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Membuat jantung tetap sehat

Pasalnya, serangan jantung dan stroke atau gangguan jantung lainnya kerap kali timbul pada am-jam pagi atau subuh. Hal ini dibuktikan dari penjelasan berikut:

Ketika tidur, tubuh akan berinteraksi dengan pembuluh darah yang sedang bekerja. Tidur yang kurang menyebabkan tekanan darah menjadi tidak normal dan kolesterol dalam darah akan meningkat. Semua masalah akan memperbesar risiko seseorang terkena penyakit jantung dan stroke.

2. Sama saja mencegah kanker

Para peneliti yakin jika orang yang memaksakan diri untuk bekerja malam hari akan lebih tinggi berisiko terkena kanker payudara dan kanker usus besar. Penyebabnya dikarenakan terjadinya perbedaan melatonin terhadap orang tersebut yang tubuhnya terpapar oleh cahaya pada malam hari, entah itu lampu atau layar komputer. 

Cahaya yang terpancar ke tubuh itu tadi akan mengurangi kadar melatonin berupa hormon yang seharusnya membuat mata merasakan kantuk hebat dan juga menjaga tubuh melawan sel-sel kanker yang tumbuh. Zat melatonin tersebut akan dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal pertumbuhan tumor dengan cara mengeluarkannya.

3. Dapat mengurangi hingga mengatasi stres

Ketika Anda kurang tidur, fungsi tubuh akan berada pada status sangat waspada yang bisa-bisa berujung pada hipertensi dan hormon stres akan dilepaskan sehingga tak jarang mengundang stres. Sementara jika tekanan darah naik akan meningkatkan risiko terkenan serangan jantung dan stroke. Kembali membahas tentang stres, Anda juga bisa mengatasinya dengan melakukan pijat sebab tubuh akan terasa lebih rileks. Tidak percaya? Baca saja artikel sebelumnya mengenai manfaat pijat untuk kesehatan.

4. Meningkatkan memori pada otak

Sampai detik ini para peneliti belum mengetahui betul kenapa saat tidur dan bermimpi, terjadi sebuah proses penggabungan memori atau memori consolidation. Kenapa bisa? Para peneliti ada yang berpendapat dan memang benar bahwa disaat tidur memang tubuh dan organ penting di dalamnya ikut beristirahat, namun tidak untuk otak yang terus bekerja membuat koneksi antara kejadian-kejadian, perasaan-perasaan dan memori-memori. Memori otak Anda akan meningkat drastis jika Anda tidur cukup dengan kondisi yang berkualitas.

5. Memulihkan bagian-bagian tubuh yang rusak

Protein akan diciptakan oleh sel-sel dalam tubuh ketika tidur. Protein ini akan memulihkan bagian-bagian tubuh yang mengalami kerusakan. Kerusakan ini terjadi akibat stres, sinar ultra ungu dan paparan-paparan berbahaya lainnya.

Sebetulnya manfaat tidur begitu banyak. Karena ketika tubuh organ penting yang lelah pasca digunakan seharian untuk bekerja akan pulih kembali sesuai jam tidur Anda. Jadi kesimpulannya, semakin cukup waktu tidur Anda semakin sehat pula tubuh Anda.

Tags :