May 18, 2015

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Bersepeda merupakan kegiatan berolahraga menggunakan alat transportasi darat yang dinamakan sepeda dengan cara mengayuh pedal di kedua sisi (kanan dan kiri) nya. Olahraga ini menjadi salah satu olahraga favorit banyak orang karena bisa dilakukan dengan santai sambil menghirup udara segar di lingkungan sekitar. Sepeda juga dijadikan ajang olahraga khusus profesional yang dinamakan kompetisi balap sepeda.

Kegiatan bersepeda bisa dilakukan di berbagai medan seperti mendaki bukit ataupun menuruninya di jalur yang cukup terjal. Bersepeda membuat tubuh menjadi lebih bugar, khususnya terpusat di bagian kaki. Mulai dari betis, paha hingga otot-otot di bagian kaki bisa menjadi keras dan kuat hanya dengan rutin sepedaan di waktu luang.

Manfaat bersepeda selama 30 menit setimpal dengan berjalan kaki sejauh 8 kilometer menggunakan sepeda atau 10.000 langkah. Melihat perbandingan tersebut pasti Anda lebih memilih untuk olahraga menggunakan sepeda dibanding hanya berjalan kaki. Tapi berjalan kaki juga menyehatkan tubuh, hal ini akan dibahas pada artikel selanjutnya.

manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh
Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Dari sekian banyaknya manfaat bersepeda untuk kesehatan berikut ini sejumlah alasan kenapa olahraga dengan sepeda wajib Anda lakukan secara rutin.

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Serangkaian aktivitas harian yang kurang sehat bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh atau antibodi berfungsi untuk memproteksi tubuh dari berbagai jenis penyakit sistemik. 

Sistem kekebalan tubuh erat kaitannya dengan olahraga. Bersepeda menjadi satu pilihan tepat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, jika tubuh Anda akhir-akhir ini merasakan sedikit masalah kesehatan, mungkin hal tersebut tercipta karena sistem imunitas tubuh Anda lemah. Maka dari itu, cobalah sita waktu sejenak untuk bersantai bersama dengan sepeda selama beberapa menit.

2. Memperkuat otot bagian kaki

Seperti ulasan singkat di awal tadi, salah satu fungsi utama bersepeda adalah untuk membentuk otot kaki seperti bagian betis dan paha menjadi lebih kuat dan keras. Pria pasti mendambakan sekali betis dan paha yang keras dan terbentuk ototnya. Akan menimbulkan kesan bahwa orang yang memiliki bentuk betis dan paha seperti itu adalah orang yang gemar berolahraga, jadi secara otomatis membuat kaum wanita terpincut jika meliriknya.

3. Menjaga stamina

Meski Anda mengayuh sepeda seberapapun jaraknya, selagi itu dilakukan dengan santai dan wajar maka stamina tetap terjaga untuk melakukan aktivitas yang lebih penting lainnya. 

Hal demikian dapat terjadi karena bersepeda merupakan sejenis olahraga aerobik yang baik. Bersepeda memberikan tekanan lebih sedikit dibanding dengan jenis olahraga ketahanan lainnya.

4. Mudah dilakukan

Sama seperti manfaat tidur yang tidak memerlukan buku khusus untuk melatih Anda. Instruktur olahraga bersepeda sepertinya juga tak diperlukan karena kegiatan ini benar-benar mudah dilakukan oleh siapapun. Cukup dengan duduk diatas sadel sepeda sambil mengambil ancang-ancang dengan satu kaki sedia untuk mengayuh pedal dan kaki satunya lagi menjaga keseimbangan diawal sudah bisa disebut sebagai olahraga bersepeda.

5. Melindungi bumi

Kenapa Anda tidak coba untuk pergi ke kantor menggunakan sepeda? Memang jauh dan melelahkan, tapi setidaknya itu semua tergantikan dengan semua manfaat yang akan Anda dapat. Jadi ketika Anda mengerjakan ini itu di kantor pasti tubuh tidak akan merasakan lelah dalam waktu yang singkat karena stamina Anda te\tap terjaga karena aktivitas bersepeda yang Anda lakukan.

Selain itu, kegiatan bersepeda juga membantu melestarikan dan melindungi bumi dari berbagai kasus seperti global warming akibat kendaraan bermotor. Coba Anda kalkulasikan berapa banyak motor dan mobil yang keluar dalam waktu bersamaan pada pagi hari? Pasti sangat banyak sehingga memadati jalan raya. Jika semua orang memilih sepeda, pasti akan membuat pagi-pagi hari di kota metropolitan menjadi lebih segar, sejuk dan nyaman.

Di luar negeri yang menjadi produsen kendaraan bermotor sangat jarang yang mengendarainya atau mengemudikannya untuk bekerja atau pergi ke tempat yang jaraknya tak jauh. Kenapa? Karena mereka ingin menyaring manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh itu tadi.

Tags :