May 18, 2015

Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Buah Belimbing atau disebut Averrhoa carambola dalam bahasa latin adalah buah yang terkenal karena salah satu buah dari sekian banyaknya buah yang berasal dari Indonesia. Di beberapa negara lain seperti India dan Sri Langka mudah dijumpai buah belimbing. Sebagai buah yang subur jika tumbuh di kawasan tropik membuat belimbing asli Indonesia jarang yang terlihat lapuk apalagi membusuk kecuali kondisinya sudah tidak menempel dari pohon dalam jangka lama.

manfaat buah belimbing bagi kesehatan
Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan

Belimbing sering juga dipanggil “star fruit”. Kemungkinan besar dinamakan seperti itu oleh bahasa inggris karena melihat bentuknya yang sekilas menyerupai, dan benar-benar jelas berbentuk bintang jika sudah di iris bagian tangahnya. Rasanya yang manis campur asam bahkan kecut membuat orang yang menggigitnya akan segar dalam sekejap. Belimbing juga dikenal sebagai ‘buah meja’ karena selalu digabungkan oleh buah-buahan lain sebagai hidangan penutup. Ibu-ibu arisan juga sering bikin rujak yang didalamnya terdapat buah belimbing, karena rasanya yang manis dan asem ditambah dengan pedasnya sambal membuat buah ini semakin menggoda selera.

Namun, dibalik nikmatnya buah ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan? Yuk kita simak.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Banyak sekali buah yang bertugas dalam menunjang kesehatan sistem pencernaan manusia, seperti anggur, tomat, pepaya dan masih banyak lagi. Dan kabar baiknya, belimbing juga tergolong sebagai buah pelancar pencernaan. Buah ini memang dikenal oleh ahli gizi sebagai sumber serat tinggi sehingga dapat menjamin kinerja sistem pencernaan dalam tubuh.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ibu hamil sangat perlu suplemen khusus meningkatkan daya tahan tubuh. Namun apa boleh buat, terkadang dokter melarang bumil konsumsi suplemen diluar pengetahuan dokter. Maka dari itu Anda bisa memanfaatkan belimbing sebagai gantinya, sebab kandungan vitamin A dan C dalam buah belimbing diyakini mampu memperkuat daya tahan tubuh, terutama yang diperlukan oleh ibu hamil.

3. Melindungi hati dari kerusakan

Hati adalah organ vital yang ditugaskan untuk menyimpan gula darah dalam bentuk glikogen, tepat pembuatan urea dari amionia, penawar racun dan pemroduksi vitamin A dan provitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata. Tentunya Anda sudah tahu apa efek samping jika hati sudah tak berfungsi sebagaimana mestinya, tubuh akan mengalami berbagai masalah kesehatan, karena itu siasati sekarang juga. 

Jangan khawatir, disini belimbing ibarat super hero yang siap untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut di waktu yang tepat. Salah satu contoh gangguan hati adalah liver, dan kebetulan sekali kalau belimbing mempunyai sifat anti-radang yang mampu menangkal penyakit tersebut.

4. Menurunkan berat badan

Khasiat buah belimbing manis untuk mengecilkan perut atau menurunkan berat badan atau buah diet sama saja, intinya membuat bentuk tubuh ideal. Wanita sangat takut jika bertubuh bulat, mereka sangat mengidam-idamkan bentuk tubuh seperti gitar spanyol. 

Apakah Anda termasuk? Jika iya, Anda wajib tahu bahwa belimbing sangat rendah kalori dan tinggi air sehingga cocok untuk dikonsumsi para wanita yang sedang diet (menyukseskan program pengecilan perut).

5. Memperlancar buang air kecil

Buang air kecil mampet sangat tidak nyaman, kondisi tersebut juga sering dikatakan sebagai “anyang-anyangan”. Tak penting apa maksudnya, yang pasti, disini belimbing juga memainkan peran untuk melancarkan buang air kecil karena di dalamnya tertanam kalium yang mempunyai kemampuan seperti ini.

Manfaat buah belimbing manis untuk kesehatan memang sangat melimpah sehingga buah ini juga diberi gelar ‘buah kehidupan’. Pasalnya beberapa penyakit kronis seperti kanker, diabetes dan hipertensi bisa dicegah bahkan diatasi secara berangsur hanya dengan belimbing.

Tags :