May 18, 2015

Manfaat Buah Delima bagi kesehatan tubuh

1000 macam manfaat - Buah delima adalah buah yang bentuknya bulat dan memiliki daging yang sangat tipis. Buah ini lebih banyak dipenuhi dengan biji dibanding dagingnya. Rasanya manis dan segar jika di konsumsi ketika cuaca tengah hari bolong atau saat tenggorokan kering. Delima memiliki beberapa macam, yaitu delima merah, delima putih dan delima ungu. Buah ini dapat diolah menjadi beragam bentuk seperti jus delima, sari buah delima atau jika Anda doyang ngerujak tidak ada salahnya mencampurkan buah ini. Biji delima sendiri boleh di makan, tapi lebih sering ketika telah dijadikan jus.

Manfaat Buah Delima

Asal delima di prediksi dari Iran, namun lebih banyak di budidayakan atau di lestarikan di daerah Mediterania. Buah ini sudah mulai tersebar ke negara-negara Asia Tenggara dan Cina Selatan, jadi di kawasan tersebut sekarang ini sudah mulai banyak tumbuh buah delima karena masyarakatnya gemar menanam bibit delima. Menurut sejarah, buah delima adalah buah yang melegenda. Banyak tercatat dalam riwayat, buah ini disebut sebagai buah ‘panjang umur’. Maksudnya, bukan buahnya yang bertahan lama. Tapi kandungan antioksidan yang tinggi sangat efektif dalam mencegah penuaan dini.

Manfaat Buah Delima

Berdasarkan sebuah studi mencanangkan bahwa delima telah banyak digunakan untuk mengatasi ostoarthritis (rasa nyeri pada sendi yang timbul akibat inflamasi ringan karena terjadinya gesekan dibagian ujung-ujung tulang penyusun sendi) karena mengandung senyawa polifenol dan fitonutrien.

Lebih jelasnya, mari sama-sama kita kaji manfaat buah delima bagi kesehatan tubuh:

1. Memproteksi hati dan ginjal

Ekstrak buah delima telah mendapatkan sebutan dari hasil penelitian yang katanya berkemampuan dalam mencegah kerusakan ginjal dan melindungi ginjal dari toksin yang membahayakan tubuh. Organ hati juga terbantu dalam meregenerasi dirinya yang mengalami kerusakan.

2. Memperkuat sistem imun

Telah dibuktikan beberapa manfaat dari buah delima, salah satunya untuk melindungi bahkan memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia karena terdapat nutrisi berupa vitamin C yang sarat. Ketika Anda sakit demam atau mengalami penyakit ringan lainnya, itu tandanya tubuh sedang terserang beberapa virus, maka dari itu tidak ada salahnya Anda coba konsumsi jus delima.

3. Mengobati alergi

Telah disebutkan tadi bahwa delima menyimpan senyawa polifenol untuk mencegah osteoarthitis. Tetapi siapa sangka, ternyata senyawa ini juga menopang tubuh agar terhindari daeri alergi karena senyawa tersebut telah dibuktikan mampu mengurangi proses biokimia yang bersangkut paut dengan alergi.

4. Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang juga dianggap paling mengerikan. Tak sedikit orang yang kehilangan nyawa setelah di vonis menderita kanker. Bagi Anda yang ingin sehat dan tak mau terjangkiti penyakit ini, asup tubuh Anda setiap hari dengan jus buah delima. Menurut penelitan di sebuah universitas asing mengatakan bahwa jus buah delima dan ekstrak buah delima mampu mengurangi angka kematian kanker dan mencegah kanker, terutama kanker payudara dan penurunan aktifitas kedua jenis sel kanker kulit, yaitu karsinoma sel basal dam karsinoma sel skuamosa. Kanker juga bisa diturunkan risikonya, contohnya dengan menggunakan vitamin D yang bisa Anda nikmati langsung secara gratis dari manfaat sinar matahari.

5. Menetralkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan stroke dan serangan jantung. Apabila orang tua Anda ada yang di diagnosa mengalami hipertensi Anda bisa memberitahunya agar sering konsumsi ekstrak buah delima. Dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam satu jurnal menyatakan bahwa ekstrak delima memainkan peran untuk menstabilkan tekanan darah yang naik akibat keseringan makan makanan tinggi lemak.

Demikian sebatas ulasan mengenai manfaat buah delima bagi kesehatan tubuh. Jika Anda belum pernah mencicipi nikmatnya buah ini, coba cari sekarang di pasar-pasar atau toko buah agar Anda juga bisa menikmati manfaat yang dikandungnya.

Tags :