May 18, 2015

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh

1000 macam manfaat - Melon (Cucimis melo) termasuk anggota labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buah ini dulunya sempat mendiskiriminasi orang-orang kalangan bawah sebab harganya cukup membengkak. Namun, semenjak buah ini mulai di lestarikan bahkan dijadikan ladang uang oleh sebagian orang membuat harga melon relatif murah sehingga tidak ada lagi perbedaan tingkatan hanya untuk mendapatkan buah.

Buah melon sering dijadikan campuran es buah atau koktail. Akan tetapi jika sudah tercampur sop buah biasanya membuat khasiatnya berkurang sebab pada kuah sop buah tak jarang penjual yang menambahkan pemanis buatan dengan intensitas tinggi sehingga memancing kedatangan penyakit ringan seperti batuk, saking tenggorokan, flu atau pilek. Jika Anda ingin menikmati melon dalam bentuk lain, tidak ada salahnya untuk menyulapnya jadi jus segar pelepas dahaga. 

manfaat buah melon
Manfaat Buah Melon

Jika Anda lebih suka konsumsi melon dengan kondisi awal alias masih terlihat dagingnya kenapa tidak? Toh semuanya sama, hanya proses pengolahan dan bentuknya saja yang berbeda, tetapi khasiat dari buah yang mirip seperti semangka ini tak berkurang sedikitpun. Buah ini juga sebagai buah meja atau lebih spesifiknya sebagai makanan penutup pencuci mulut sehabis makan.

Disamping rasanya yang manis dan memberi kesegaran pada tenggorokan jika di campur dengan es jadi jus ternyata hanya sekelumit orang yang memberi alasan tepat kenapa memilih melon sebagai buah favorit, yaitu dikarenakan kandungan nutrisi yang kaya sangat baik untuk kesehatan. Jika Anda belum tahu, kandungan melon sangat banyak. Mulai dari karbohidrat, protein, potassium, lemak, vitmain A dan vitamin C adalah nutrisi yang disimpan dalam melon.

Tentunya kesemua nutrisi tersebut menyimpan manfaat bagi kesehatan, apa saja? Berikut hal yang tak mungkin Anda duga dari manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh:

1. Meredakan sekaligus mencegah panas dalam

Melon begitu banyak mengantongi nutrisi dan air yang dapat meredakan panas dalam. Saat panas dalam mengganggu Anda usir segera dengan jus lemon atau makan langsung buah melon meski masih berbentuk daging (namun sudah dipotong).

2. Mengoptimalkan proses penyembuhan ginjal dan eksim

Ginjal dan eksim adalah penyakit yang tidak bisa di pandang sebelah mata. Segera obati dengan cara mudah, yaitu konsumsi buah lemon secar rutin. Buah melon memiliki tenaga diuretik yang sempurna sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan penyakit ginjal dan eksim.

3. Mengatasi asam urat

Asam urat biasa menyerang orang dewasa, penyebabnya utamanya yang jelas adalah pola hidup tak sehat. Jika orang tua atau mungkin Anda mengalami masalah serupa, segera basmi penyakit ini dengan buah melon. Namun, agar hasilnya maksimal Anda wajib menggabungnya dengan buah lemon agar bisa berduet untuk mengalahkah penyakit asam urat.

4. Menjaga kesehatan kulit

Buah melon juga berkhasiat untuk kecantikan, meski intinya tetap pada kesehatan. Kandungan vitamin C dan protein pada meon dapat meregenerasi sel kulit mati dan mempengaruhi hubungan antara sel-sel pada jaringan ikat kulit. Sementara kolagen yang juga tertampung dalam tubuh melon berkemampuan untuk mempercepat proses pemulihan luka dan membuat kulit kencang.

5. Melancarkan BAB

Punya permasalahan pada sistem pencernaan seperti BAB? Segera atasi dengan melon. Kandungan air pada melon begitu banyak membantu melancarkan buang hajat Anda. Manfaat lain dari kandungan air pada melon ini juga sebagai penetralisir asam lambung yang juga terkait dengan masalah pencernaan. Permasalahan pada pencernaan seperti sembelit juga bisa diatas dengan melon dan manfaat buah belimbing.

Selain sehat Anda juga bisa tampil cantik hanya dengan melon. Sekarang ini sedang di uji coba apakah melon bisa dijadikan masker untuk mencerahkan dan menjaga kesegaran kulit. Yang pasti, manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh yang sangat banyak ini membuat Anda puas karena sudah memilih buah ini sebagai hidangan penutup favorit.

Tags :