May 18, 2015

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Buah pepaya atau diberi nama latin Carica papaya L adalah buah yang banyak tumbuh dan ditanam di daerah beriklim tropis. Awalnya pepaya berasal dari Meksiko bagian selatan dan utara dari Amerika Selatan, namun buah dengan daging yang lunak ini sudah merambat ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, buah pepaya lebih umum dijadikan makanan penutup atau dessert. Sebetulnya pepaya tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai makanan penutup ataupun buah untuk mengganjal perut, tetapi semakin kesini lebih sering dijadikan bahan alami untuk menyegarkan kulit dengan mengolahnya menjadi krim. Melihat hal tersebut menunjukkan bahwa pepaya mengandung segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

manfaat buah pepaya
Manfaat Buah Pepaya
Berikut ini sejumlah manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan tubuh Anda:

1. Menyembuhkan luka baru

Jika Anda MISALNYA, tertimpa sebuah musibah seperti jatuh dari sepeda hingga lutut Anda terluka dan mengucurkan darah. Jangan langsung diberi kasa untuk menutupi luka yang masih basah sebab nanti akan membuat luka jadi lembab. 

Anda bisa menggantinya dengan pepaya yang ditumbuk lalu diaplikasikan dengan cara menutupi luka. Namun perlu diingat sebelumnya harus dibersihkan dengan air hangat agar tidak infeksi akibat kotoran dan debu yang masuk kedalam kulit melalui luka.

2. Memperlancar sistem pencernaan

Pasti Anda pernah direkomendasikan oleh teman atau orang lain jika bermasalah dengan BAB yang macet maka atasilah dengan pepaya. Hal tersebut benar adanya, daging pepaya yang lunak mengandung serat yang lumayan melimpah sehingga dapat membantu memperlancar proses pencernaan makanan.

3. Menambah kekebalan tubuh

Buah pepaya merupakan salah satu sumber vitamin C dan A yang cukup banyak. Salah satu fungsi kedua nutrisi tersebut adalah meningkatkan sistem imun atau antibodi, sehingga jika Anda sedang dibebani dengan banyak pekerjaan jangan lupa diselingi dengan ngemil buah pepaya beberapa potong. Dengan demikian tubuh Anda akan lebih tahan terhadap serangan penyakit.

4. Mencerahkan kulit

Buah pepaya banyak dijadikan bahan dasar oleh produsen untuk membuat produk kecantikan. Sekarang banyak tersebar sabun pepaya di warung-warung kecil. Anda bisa membeli sabun tersebut atau membuat krim pepaya sendiri. Krim dari daging pepaya ini berkhasiat untuk kecantikan, yaitu mencerahkan kulit dan memberi kesejukkan setelah pemakaian.

5. Membasmi ketombe

Permasalahan ketombe dapat di minimalisir dengan memanfaatkan madu dan pepaya. Jika Anda tidak ingin repot, beli saja shampo pepaya di toko-toko terdekat atau minimarket. Sebelum membeli, ada baiknya Anda mengetahui merek mana yang paling tepat untuk jenis rambut Anda.

6. Cocok untuk menurunkan berat badan

Pepaya ditakdirkan sebagai buah yang menyimpan segudang khasiat untuk peminatnya. Apabila Anda sedang menjalani program diet sehat dengan buah, cobalah pepaya sebagai alat pengurus badan alami Anda. Kenapa? Perlu Anda ketahui bahwasanya pepaya merupakan buah rendah kalori dan bergizi tinggi, jadi bersyukurlah Anda jika sebelumnya memilih pepaya dalam program diet sehat Anda.

7. Mencegah osteoporosis, arthiritis dan edema

Pepaya mengandung senyawa anti-inflamasi dan anti-kanker. Gunanya sangat banyak untuk kesehatan tubuh Anda, misalnya mengatasi ederma dan arthritis. Selain itu pepaya juga buah yang disarankan oleh dokter kesehatan tulang untuk dikonsumsi secara teratur, sebab salah satu kandungan nurisi dalam pepaya juga bermanfaat untuk mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

Itulah sekelumit informasi mengenai manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan. Pada dasarnya semua buah memiliki fungsi masing-masing dalam tubuh, tidak hanya pepaya. Buah naga juga merupakan salah satu buah unik yang bisa digunakan untuk mendeteksi boraks dan formalin pada makanan.

Tags :