May 18, 2015

Kandungan Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

1000 macam manfaat - Daun salam merupakan tanaman rempah-rempah yang dapat kita tanam sendiri di perkarangan rumah, jadi suatu saat butuh tanaman ini untuk disertakan kedalam bumbu makanan jadi lebih mudah dan pastinya tak menghabiskan waktu Anda untuk kepasar. Daun salam telah dikenal sejak lama sebagai bumbu masakan dan juga obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit secara tradisional.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Obat Tradisional
Daun salam sendiri menyimpan banyak manfaat karena telah terbukti ampuh menunjang kesehatan tubuh seperti menurunkan kolesterol jahat penyebab stroke dan serangan jantung, mengobati maag akut secara bertahap dan obat diare. Tak hanya untuk kesehatan, daun salam juga mulai dilirik para produsen produk kecantikan untuk dijadikan bahan dasar pembuatan produk, misalnya pemutih gigi, di televisi pasti Anda sudah pernah lihat contohnya apa. 

Melihat keajaiban tersebut pasti Anda cukup bingung kenapa daun rempah yang terkesan tak berguna ini ternyata menyimpan segudang khasiat. Agar Anda menjadi percaya dan kagun kenapa daun salam mampu melakukan itu semua, berikut ini beberapa kandungan daun salam:

Kandungan Daun Salam

  • Minyak esensial yang juga mengandung eugenol dan metil kavikol
  • Ekstrak etanol yang bersifat membunuh bakteri dan jamur
  • Ekstral metanol yang dapat membunuh cacing
  • Flavonoid
  • Tannin, dan
  • Minyak atsiri

Bagaimana, apa Anda sudah bisa meyakini kehebatan dari bahan alami dan gratis ini untuk membasmi bakteri penyebab penyakit? 

Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Sekarang akan saya coba bahas lebih lanjut perihal manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh.

1. Pengharum masakan

Makanan yang nikmat rasanya kurang lengkap jika tak mengeluarkan aroma yang sedap. Anda tak usah mencampurkan bahan lain yang justru akan merubah rasa asli dari makanan yang telah Anda buat, cukup dengan mencampur daun salam segar ataupun kering ke dalam masakan.

Beberapa masakan yang dapat harum jika ditambahkan diantaranya adalah ikan, daging, nasi dan sayur mayur. Tak perlu di makan daunnya, cukup diikutsertakan kedalam makanan Anda sudah membuat kandungan alaminya tersedot oleh makanan yang dicampurnya. Selain memberi keharuman pada makanan, daun salam juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Membuat gigi cerah dan sehat

Sudah ada produk bermerek yang mengeluarkan pasta gigi inovasi baru, yaitu menggunakan daun salam sebagai campuran dominannya. Produsen tersebut sudah tahu bahwa daun salam mengandung senyawa khusus yang bisa memutihkan gigi dan menjaganya terhindar dari plak.

Cara membuatnya, Anda jemur daun salam dan daun jeruk hingga kering. Lumat atau tumbuk kedua daun tersebut, selanjutnya campur dengan air secukupnya. Aduk sampai semuanya berbaur membentuk krim atau pasta. Gunakan pasta tersebut ketika Anda menggosok gigi, jangan lupa lakukan dengan rutin (bukan berlebihan) agar hasilnya maksimal.

3. Menurunkan tekanan darah

Berkat daun salam, seseorang penderita hipertensi dapat disembuhkan atau setidaknya diminimalisir tekanan darah tingginya. Tahukah Anda kalau dari tekanan darah tinggi saja bisa timbul beberapa penyakit lain seperti kerusakan ginjal, serangan jantung, stroke, glaukoma, disfungsi ereksi, dementia dan alzheimer.

Untuk membuat ramuan obatnya, awali dengan merebus 7 - 10 lembar daun salam bersama 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Abaikan ramuan selama beberapa saat, lalu saring dan minum airnya. Minum ramuan ini 2 kali sehari, tepatnya di pagi dan malam hari masing-masing 1 gelas. Atau ada alternatif lain yang bisa Anda coba untuk menstabilkan tekanan darah, salah satunya dengan manfaat buah delima.

Sungguh luar biasa manfaat daun salam untuk kesehatan dan obat tradisional ini. Jika ada yang gratis dan ampuh kenapa tidak dicoba saja? Sekarang ini orang-orang yang terdiagnosa mengalami penyakit seperti asam urat, maag akut dan kencing manis lebih memilih pengobatan alternatif ketimbang yang medis karena telah terbukti menghasilkan banyak kesaksian dari banyak orang yang telah sembuh dari penyakit tersebut.

Tags :