May 18, 2015

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

1000 macam manfaat - Jahe merupakan rempah-rempah yang ternama di Indonesia. Saking populernya, jahe banyak dijadikan obat tradisional untuk mengobati beberapa masalah kesehatan. Jahe mendapat gelar dalam bahasa latin Zingiber officinale. Bentuk rimpang rempah-rempah ini menyerupai jemari yang menggembung pada bagian ruas-ruas tengah. Jahe juga salah satu tanaman yang sering disimpan di dapur rumah, sebab bumbu ini menambah cita rasa pedas pada masakan (akibat senyawa keton yang disebut zingeron).

Dulunya, jahe diperkirakan bermula dari India. Namun sebagian orang juga menganggap tanaman ini berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Tanaman ini bisa masuk ke Indonesia karena pada awalnya tanaman ini di bawa dari tanah India menuju Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang sampai Timur Tengah dengan tujuan diperdagangkan. 

Ketika cuaca ekstrim, biasanya orang-orang memanfaatkan jahe untuk menghangatkan tubuhnya (menjadikannya teh). Namun, jika tidak mengerti cara pengolahan yang benar, di warung sudah banyak kopi ataupun teh yang dibuat dari bahan dasar jahe. Selain untuk memberi kehangatan pada tubuh dari dalam, jahe juga berfungsi untuk mengobati berbagai penyakit. Jika disimpulkan, jahe merupakan rempah-rempah yang hampir sama dengan manfaat temulawak, yaitu menyumbang sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh.

manfaat jahe untuk kesehatan
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memperluas wawasan perihal manfaat jahe untuk kesehatan dalam penjelasan berikut ini. Mungkin saja suatu saat Anda berpikiran untuk memanfaatkan jahe dalam keadaan tertentu.

1. Mengecilkan dan mencegah perut buncit

Jika rutin mengonsumsi jahe sebelum makan dengan porsi besar, banyak yang membuktikan hal ini sebagai cara untuk mencegah perut buncit. Semua ini terjadi karena jahe berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh sehingga membuat proses metabolisme semakin baik yang efeknya berupa pembakaran kalori lebih cepat dan meratakan perut buncit.

2. Melemaskan dan menguatkan otot

Protein memang berperan dalam pembentukan otot manusia, namun nutrisi ini tidak terdapat pada jahe. Tapi kenapa jahe dikaitkan dengan otot? Hal ini disebabkan karena jahe mempunyai sifat anti-inflamasi yang fungsinya untuk melemaskan otot. Jadi, ini merupakan kabar baik untuk para pria yang sedang menjalani program latihan beban untuk membentuk otot tubuh. Kabar lain yang juga membuat kita senang datang dari segelintir instruktur senam bahwasanya jahe membantu mengurangi rasa sakit pada otot akibat berlebihan dalam latihan fisik.

3. Munculnya jerawat di wajah bisa dicegah dengan jahe

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di Universitas Maryland Medical Center menelurkan hasil bahwa jahe juga berfungsi sebagai obat pencegah timbulnya jerawat. Dianjurkan untuk meminum air hasil olahan jahe maksimal 4 gr/hari. Jika berlebih, dikhawatirkan terjadi efek samping seperti iritasi, perut mules, melilit dan diare.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Juga terkuak kabar bahwa jahe mempunyai peranan penting dalam meminimalisir tekanan darah tinggi (hipertensi) yang bisa menimbulkan beberapa penyakit fatal lain akibatnya. Hal ini terjadi karena jahe mempunyai kemampuan dalam melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin.

5. Mencegah terjadinya penggumpalan darah

Rempah-rempah yang disebut-sebut sebagai alat penghangat tubuh alami ini juga bertugas dalam tubuh sebagai pencegah terjadinya penggumpalan darah. Hal ini terjadi karena didalam jahe tersimpan sejumlah senyawa yang salah satunya dinamakan gingerol. Yaitu senyawa yang mampu mencegah terbentuknya gumpalan darah dalam tubuh yang akan diubah menjadi antikoagulan. 

Demikian sebatas tulisan online mengenai manfaat jahe untuk kesehatan tubuh. Semoga dengan terbitnya artikel ini menjadikan Anda paham dan pintar dalam membuat obat-obatan untuk mengatasi berbagai macam penyakit dari rempah-rempah yang juga banyak ditanam di Indonesia ini.

Tags :