May 18, 2015

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan dan Kehidupan

1000 macam manfaat - Matahari adalah pusat tata surya benda-benda langit yang bertebaran di angkasa. Matahari dibutuhkan oleh bumi agar tetap hangat dengan suhu normal dan mencegah terjadinya kebekuan akibat es. Matahari tak hanya dibutuhkan oleh alam semesta, termasuk bumi, tetapi juga dibutuhkan oleh makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan.

Tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk melangsungkan hidupnya. Namun tidak semua jenis tumbuhan yang memerlukan matahari, hanya tumbuhan autotrof yang sangat memerlukan sinar matahari agar bisa berfotosintesis. Daun pada tumbuhan mengandung kloroplas yang didalamnya lagi terdapat zat hijau daun yang disebut klorofil. Klorofil tersebut yang nantinya di sintesa menjadi glukosa dan oksigen yang juga berguna bagi manusia untuk respirasi. Namun, klorofil saja tidak cukup untuk menciptakan makanan karena diperlukan juga karbondioksida, air dan sinar matahari agar berlangsungnya proses fotosintesis dapat sempurna.

Bagi manusia matahari adalah sumber kehidupan kedua setelah air. Banyak sekali manfaat yang akan diserap oleh tubuh dari cahaya matahari yang menyentuh tubuh, tetapi ada juga kerugian yang mungkin diterima oleh tubuh jika salah membedakan jenis sinar matahari. Sinar matahari yang sehat hanya berlangsung selama 3 jam, tepatnya pada pukul 06:00 pagi hingga 09:00 pagi, selebihnya tidak lagi berdampak positif bagi kesehatan.

manfaat sinar matahari bagi kesehatan
Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Matahari menjadi sumber vitamin D alami yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk kalsium dan menjaga kesehatan tulang serta mencegah terjadinya pengeroposan. Sebetulnya, terdapat nutrisi lain yang peranannya berbeda dalam tubuh, tetapi masih sama untuk melindungi tubuh dari beberapa gangguan kesehatan.

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan dan Kehidupan

Lebih jelasnya, berikut ini manfaat sinar matahari bagi kesehatan:

1. Membentuk hormon seretonin

Seretonin adalah sebuah hormon yang tercipta dari rangsangan sinar matahari. Hormon ini merupakan neurotransmitter pada otak yang melakoni tugasnya untuk mengontrol suasana hati. Semakin banyak hormon seretonin yang tercipta semakin baik pula kondisi hati dan mental Anda dalam mengontrol emosional.

2. Terhindar dari depresi

Sinar matahari mampu melepaskan senyawa endorfin yang dapat mengurangi gejala depresi. Endorfin adalah suatu anti-depresan alami dalam tubuh yang sangat berguna dalam menangani kasus depresi musiman.

3. Meningkatkan sistem peredaran darah

Sinar matahari dapat melebarkan pembuluh darah dalam kulit sehingga membuat sistem peredaran darah menjadi lancar bahkan meningkat. Dengan demikian, nutrisi dan oksigen akan banyak terseret ke seluruh sel-sel tubuh disaat pembuluh darah kapiler terbuka, otomatis kesehatan Anda pun semakin terjamin.

4. Mengurangi risiko kanker

Terlalu lama dibawah paparan sinar matahari (pukul 09:00 pagi lewat) akan memicu risiko kanker kulit. Namun, jika tubuh Anda terpancari oleh matahari di jam-jam dimana matahari masih bagus untuk kulit akan berdampak positif pula bagi kesehatan, salah satunya menurunkan risiko kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara, kanker usus dan kanker ovarium.

5. Mencegah diabetes

Sebuah penelitian di salah satu negara berhasil menemukan adanya manfaat bahwa sinar matahari yang mengenai tubuh dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Kelebihan gula dalam darah dapat meningkatkan risiko diabetes. Tapi, karena matahari diyakini cukup untuk mencegah diabetes tipe 1 pada anak-anak khususnya, Anda hanya perlu membiasakan diri untuk berjemur di pagi hari atau bisa juga rutin minum air perasan tebu karena salah manfaat air tebu juga dapat mencegah diabetes.

6. Mendetoksifikasi racun dari tubuh

Sinar matahari memiliki kemampuan dalam mengeluarkan racun dari tubuh secara lebih efisien. Racun yang telah di detoksifikasi oleh cahaya matahari akan tereliminasi melalui darah.

Meskipun tersimpan banyak manfaat dibalik panasnya sinar matahari tetap saja sesuatu yang berlebihan akan berdampak negatif, termasuk bagi kesehatan. Jadi, Anda hanya perlu mencoba untuk berjemur di pagi hari sebelum jam 09:00 jika ingin menyaring manfaat sinar matahari bagi kesehatan.

Tags :