May 18, 2015

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan dan Pengobatan Tradisional

1000 macam manfaat - Temulawak aslinya dipisah menjadi dua kata, temu dan lawak atau temu lawak. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan obat yang berasal dari Indonesia, terutama di suku Jawa. Jadi tak heran jika temulawak dijual di warung-warung makan pinggir jalan di daerah pegunungan yang letaknya di pulau jawa. Temulawak sendiri mendapat nama latin Curcuma xanthorrhiza ini adalah tanaman liar yang mudah tumbuh di perkarangan rumah. Biasanya temulawak dijadikan jamu herbal untuk mengobati berbagai penyakit ringan.

Akhir-akhir ini, tingkat popularitas temulawak sudah tercium oleh beberapa negara tetangga. Mulai dari Malaysia, Thailand dan Filipina sudah melirik tumbuhan obat ini untuk dilestarikan dan nantinya diolah menjadi berbagai obat herbal. Bahkan negara lain yang jaraknya tidak bersebelahan dengan Indonesia juga mulai membudidaya temulawak, misalnya adalah China, Indochina, Barbados, Jepang, India, Korea dan Amerika Serikat. Hal tersebut memang terkesan janggal karena temulawak hanyalah tumbuhan obat, namun kenapa bisa ikut tenar di negara lain?

Jelas saja karena didalam temulawak tersimpan beberapa senyawa kimia atau nutrisi seperti karbohidrat, kurkumin, minyak atsiri dan sejumlah mineral kompleks lain yang satu sama lain bekerja sama dalam menjaga kesehatan tubuh, misalnya berfungsi sebagai anti inflamasi (anti radang), hepototoksik (anti keracunan empedu), fungistatik (anti jamur) dan bakteriostatik (anti mikroba berbahaya).

temulawak
Temulawak

Lebih jelasnya, berikut manfaat temulawak bagi kesehatan dan pengobatan tradisional (disertai langkah pembuatan obat).

1. Meningkatkan nafsu makan

Jika Anda atau anak Anda merasa malas makan karena tidak adanya hawa nafsu untuk mengonsumsi sejumlah makanan, cobalah untuk mengatasinya segera dengan temulawak. Karena jika tidak tentu perut Anda akan kelaparan dan akhirnya bisa membuat Anda jatuh sakit. Temulawak sendiri juga sangat dianjurkan untuk meningkatkan hawa nafsu pada anak.

Cara membuat ramuan:
  1. Sediakan 25 gram temulawak, 10 gram asam jawa dan gula merah seperlunya.
  2. Cuci bersih temulawak dengan air lalu kupas kulitnya (bisa juga dikupas duru baru dicuci)
  3. Tumbuk temulawak hingga pecah, namun usahakan agar tidak halus.
  4. Masukkan temulawak yang sudah lebur tadi pada panci yang berisi air 600 ml air putih, lalu tambah juga asam jawa dan gula merah tadi.
  5. Letakkan panci diatas tungku api atau kompor, lalu rebus hingga jumlah debit airnya tersisa setengah dari jumlah awal.
  6. Tunggu sampai panasnya menguap, lalu setelah dingin saring dan minum sari temulawak tersebut secara rutin.

2. Mengobati sakit maag

Kandungan serbuk rimpang pada salah satu jenis umbi-umbian ini berperan dalam menetralisir dan memperbaiki produksi asam lambung. Kabarnya, jenis maag yang sudah akut sekalipun lambat laun sembuh jika rutin meminum air sari temulawak ini.

Cara membuat ramuan:
  1. Siapkan satu rimpang temulawak.
  2. Bilas rimpang temulawak hingga bersih, kemudian kupas kulitnya.
  3. Iris tipis-tipis.
  4. Rebus dalam panci bersama 5 gelas air mineral.
  5. Biarkan hingga airnya mendidih.
  6. Tunggu mendingin, lalu tuangi air kedalam gelas melewati saringan.
  7. Minum air sari temulawak ini setidaknya satu gelas per hari.

Temulawak juga bersanding dengan madu, jadi tak ada salahnya Anda mengambil manfaat madu dan kombinasikan dengan teh temulawak yang sudah dingin tadi.

3. Memperbanyak produksi ASI

Sang ibu yang baru melahirkan pastinya butuh banyak ASI untuk si kecil. Dalam hal ini, temulawak juga mampu memperbanyak jumlah ASI pada si ibu.

Cara membuat ramuan:
  1. Sediakan 7-10 ruas jari temulawak dan tepung sagu secukupnya.
  2. Cuci bersih temulawak, lalu dikupas.
  3. Langkah selanjutnya adalah memarut temulawak hingga halus benar.
  4. Kombinasikan sari temulawak dengan tepung sagu didalam sebuah mangkuk.
  5. Tuangkan air panas secukupnya pada mangkuk tadi, kemudian ratakan dengan cara diaduk hingga menjadi bubur.
  6. Konsumsi bubur dari temulawak ini secara rutin tiap hari.

Itu tadi beberapa manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh. Sebetulnya, temulawak juga masih diyakini para tabib untuk menyehatkan hati, menghilangkan jerawat, mengobati kerusakan ginjal dan pengobatan penyakit hepatitis B. Namun, hal tersebut hanyalah opini yang dikemukakan dari mulut tabib, jadi Anda jangan 100% ikut mempercayainya.

Tags :