May 17, 2015

Manfaat Bunga Sepatu

1000 macam manfaat - Bunga sepatu memilki nama latin Hibiscus rosa-sinensis L. Dan termasuk tanaman semak dari suku Malvaceae. Berasal dari Angola, kembang sepatu kini dibudidayakan di seluruh daerah tropis dan subtropis, terutama di Sudan, Mesir, Thailand, Meksiko, dan China. Bunga sepatu Banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis maupun daerah subtropis. Tanaman ini mempunyai Bunga yang besar, berwarna merah dan tidak ada baunya, bunganya dari kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kekuningan, oren hingga kemerahan.

  • Di Mesir dan Sudan, kembang sepatu digunakan untuk membantu mempertahankan suhu tubuh normal, mendukung kesehatan jantung, dan mendorong keseimbangan cairan.
  • Afrika Utara telah menggunakan kembang sepatu secara internal untuk mendukung kesehatan pernapasan atas termasuk tenggorokan tenggorokan dan juga menggunakannya topikal untuk mendukung kesehatan kulit
  • Di Eropa, kembang sepatu telah digunakan untuk mendukung kesehatan pernapasan bagian atas, meringankan sembelit sesekali, dan meningkatkan sirkulasi yang tepat. Hal ini umumnya digunakan dalam kombinasi dengan lemon balm dan Wort St John untuk kegelisahan dan kadang-kadang kesulitan untuk tidur.

Di daerah sumatera dan malaysia kembang sepatu disebut Bunga Raya, Orang Jawa menyebut bunga ini dengan sebutan kembang worawari. Pada tanggal 28 juli 1960 bunga ini ditetapkan sebagai bunga nasional oleh negara malaysia.
  • Fitokimia
    Sekitar 15-30 persen dari tanaman bunga sepatu terdiri dari asam tanaman, termasuk asam sitrat, asam malat, asam tartarat dan allo-hidroksisitrat lakton asam, yaitu asam kembang sepatu, yang unik untuk kembang sepatu. Kandungan kimia lainnya banyak; Namun, beberapa yang paling penting meliputi alkaloid, anthocyanin, dan quercetin.

    Selain dapat digunakan sebagai tanaman hias, Bunga Sepatu ini juga dapat digunaka untuk menyembuhkan berbagai penyakit, berikut penjelesanya:
  1. Bunga Sepatu untuk obat keputihan
    Sediakan 15 gr. kembang sepatu yang masih segar, 15 gr. jengger ayam, 30 gr. kulit delima yang masih segar, Cuci sampai bersih, lalu rebus semua bahan dengan volume air 500 ml. sampai airnya berkurang menjadi 200 ml. Kemudian disaring dan diambil airnya, Minum air ramuan tersebut secara rutin dua kali sehari sampai sembuh.
  2. Bunga Sepatu untuk melancarkan haid
    Sediakan 3 kuntum kembang sepatu yang masih segar, Cuci sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus tambahkan dengan 150 ml air matang, fan cuka beras putih secukupnya, kemudian aduk hingga merata, Saring dan ambil airnya, minum air ramuan tersebut 3 kali sehari sekali minum 100 ml.
  3. Bunga Sepatu untuk obat batuk berlendir dan berdarah
    Sediakan 2 kuntum bunga sepatu yang masih segar, remas-remas bunga tersebut, kemudian seduh menggunakan air mendidih 400 ml, Tutup dan diamkan selama semalam , saring dan ambil airnya pada keesokan harinya,Tambahkan dengan madu murrni secukupnya sesuai selera, minum ramuan tersebut secara rutin setiap pagi hari sebelum makan, sampai batuk sembuh.
  4. Bunga Sepatu untuk mengobati radang saluran napas
    Sediakan 2 kuntum bunga sepatu segar kemudian dicuci sampai bersih, tumbuk sampai halus, tambahkan air putih 100 ml kemudian tambahkan dengan sedikit garam, aduk hingga rata, peras dan diambil airnya, minum ramuan rutin 2 kali sehari, sampai senbuh.
  5. Bunga Sepatu untuk mengobati demam malaria
    50 gr daun bunga sepatu, setengah lembar daun pepaya, 10 gr garam inggris, rebus bahan tersebut dengan air setengah liter tunggu hingga air mendidih, saring dan ambil airnya, minum ramuan selagi masih hangat.
Demikian artikel tentang manfaat Bunga Sepatu, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca, janganlah ragu untuk memanfaatkan sesuatu yang berasal dari alam karena Allah menciptakan segala sesuatu pasti ada manfaat yang terkandung didalamnya, selagi kita tau cara pengolahan dan khasiat tanaman yang telah diciptakanNya untuk kita semua, mengapa tidak kita manfaatkan sekaligus sebagai tanda rasa syukur kita kepada Allah karena telah memberikan kemurahan dan kenikmatan kepada kita semua.

Tags :