May 17, 2015

Manfaat Bunga Teratai

1000 macam manfaat - Bunga Teratai untuk Kesehatan. mempunyai nama latin Nelimbium nelumbo Druce masuk dalam family Nympheaceae, dan memiliki nama lokal: Padma, seroja, terate, tarate, teratai besar. dan merupakan salah satu tanaman hias karena bunganya yang indah dan harum, serta bunganya yang menjulur keluar menambah keindahannya. Bunga teratai adalah tanaman yang unik karena merupakan satu-satunya tanaman yang dapat hidup di air, tanah dan udara secara bersamaan. Tanaman ini memiliki manfaat kesehatan yang besar dan budaya Asia telah menyadari fakta ini dari zaman dahulu.

Semua bagian dari bunga teratai mempunyai khasiat dari daun, rimpang, tangkai, bunga, biji, penyangga bunga yang seperti spons (reseptacle), dan tunas biji semuanya ada manfaatnya tersendiri termasuk akar juga ada khasiatnya, Akar teratai ditanam sebagai tanaman sayuran akar tahunan di kolam disesuaikan. Meskipun teratai dapat dibangkitkan dari biji, komersial, rimpang dengan meristem (titik tumbuh) lebih disukai untuk budidaya karena dibutuhkan sedikit waktu untuk produksi tanaman. Kegiatan Rimpang di pabrik biasanya bertepatan dengan munculnya floating besar daun sekitar 5-6 bulan setelah implantasi.


Manfaat Bunga Teratai untuk Pengobatan
Berikut contoh pemanfaatan bunga teratai untuk pengobatan tradisional:

  1. Batuk darah, muntah darah
    Siapkan rimpang teratai lalu dicuci bersih, kemudian dibuat jus. Buat satu gelas ukuran 200 cc. Minum ramuan jus rimpang teratai secara rutin setiap hari selama 3-5 hari.
  2. Obat Disentri
    50 gr rimpang teratai dan 10 gr jahe ditumbuk, diambil airnya. Tambahkan air 100 cc ,masak hingga mendidih. Tunggu hingga air dingin, tambahkan 1 sdm madu murni kedalam ramuan, aduk hingga merata kemudian diminum sekaligus.
  3. Keluar darah dari hidung (mimisan)
    Akar teratai secukupnya di tumbuk, peras dan diambil airnya, lalu teteskan ke lubang hidung.
  4. Menurunkan darah tinggi
    10 gr biji teratai dan 15 gr tunas teratai direbus dengan 350 cc air, hingga tersisa 200 cc. Minum ramuan tersebut rutin tiap hari seperti minum teh.
  5. Panas dalam, gondokan, penyakit jantung dan liver
    100 gram rimpang teratai dan 50 gram akar alang-alang, potong-potong. Rebus semuanya dalam 500 cc air hingga tersisa 250 cc. Airnya disaring dan diminum.
  6. Mengatasi mata merah karena iritasi
    3 gr biji teratai dan 9 gr bunga seruni, dikukus, setelah dingin, kompreskan pada mata memakai kain. lakukan rutin 2 kali sehari tiap pagi dan malam.
  7. Mengatasi stres dan depresi
    20 bulir biji teratai, 15 g biji kelengkeng, 10 butir angco dan 10 g kim cim. Rebus bahan tersebut mnggunakan 600 cc air sampai tinggal 300 cc.

Selain bunga teratai, akar teratai juga memiliki beberapa manfaat :
Akar teratai adalah salah satu sayuran akar kalori. Namun demikian, itu terdiri dari beberapa manfaat kesehatan seperti phytonutrisi, mineral, dan beberapa vitamin.

Akar teratai dari bunga teratai (alias air lily) tumbuh di bawah air di lumpur. Mereka memiliki bagian sosis seperti dalam bentuk umbi yang memiliki kanal udara melalui mereka. Akar teratai dikonsumsi oleh banyak budaya di seluruh kawasan Asia, sebagai obat, teh, salad, sup, aduk goreng, goreng dan bahkan jus!

Manfaat nutrisi
Akar teratai kaya dengan vitamin C dan jejak vitamin B. Hal ini juga memiliki mineral penting seperti zat besi, fosfor, tembaga, mangan, kalsium, natrium, dan tingginya jumlah protein.

Manfaat Kesehatan
Anemia karena menstruasi berat: jus akar teratai atau sup berguna untuk membangun darah pada wanita yang kehilangan darah akibat menstruasi berat. Minum jus atau sup tiga hari terus menerus setelah menstruasi.

Demikian artikel tentang manfaat dan khasiat bunga teratai untuk kesehatan, semoga bisa menambah wawasan dan dapat bermanfaat untuk pembaca.

Tags :