May 17, 2015

Manfaat Daun Dewa

1000 macam manfaat - Daun Dewa, sekilas terdengar unik namanya. Daun dewa adalah tanaman yang memiliki nama latin Gynura divaricata, tanaman ini memiliki banyak ciri-ciri. Biasanya bertangkai pendek, bulat lonjong dan berbulu serta berdaging. Memiliki daun yang ujungnya lancip, berwarna hijau keunguan, bagian tepi daun agak bergerigi. Biasanya daun dewa diujung batangnya tumbuh bunga majemuk berkelopak hijau berbentuk cawan, benang sarinya berbentuk jarum dan berwarna kuning.

Tumbuhan yang oleh orang China disebut Samsit ini biasanya di tanam di pot-pot atau polybag sebagai tanaman apotek hidup (koleksi tanaman herbal) keluarga .Tanaman ini tumbuh di dataran berketinggian sekitar 200-800 meter di atas permukaan air laut (dpl). Daun ini tumbuh dengan stek batang atau umbi. Selain berkhasiat banyak bagi kesehatan tubuh, tanaman ini bisa dibuat sebagai hiasan taman karena memiliki bunga yang cukup menawan.Daun dewa memang tanaman yang serbaguna, kalau tidak percaya baca ulasan berikut tentang manfaat daun dewa bagi kesehatan kita.

daun dewa

Manfaat Daun Dewa
  • Obat Rematik, daun dewa dapat digunakan untuk obat rematik. Caranya dengan melumatkan 30 gram daun dewa, di beri air secukupnya dan diperas. Perasan ini diminum setiap hari.
  • Penyakit Jantung, sakit jantung dapat diobati dengan daun dewa. Caranya dengan menumbuk 10 gram umbi daun dewa segar , diperas dengan setengah gelas air. Diminum setiap sore hari.
  • Obat Diabetes (kencing manis), daun dewa dapat difungsikan sebagai obat diabetes. Caranya dengan menyeduh 5 lembar daun dewa dalam 100cc air. Diminum satu kali sehari.
  • Obat serangan stroke, serangan stroke yang sekarang ini tidak pilih-pilih umur menghampiri mangsanya, tidak hanya orang tua, anak muda pun bisa terserang stroke. Serangan stroke bisa diobati dengan daun dewa. Caranya dengan mengambil 30 gram umbi daun dewa kemudian dibersihkan, setelah itu dikeringkan. Bisa dikeringkan di bawah sinar matahari maupun oven (alat pengering). Umbi dewa yang telah kering ditumbuk halus menjadi bubuk umbi daun dewa. Seduh 1 sendok teh bubuk daun dewa dalam gelas, campurkan 5 butir ginko dan tambahkan madu sedikit. lakukan dengan teratur selama sampai dua bulan.
  • Obat Luka bakar, untuk mengopbati luka bakar, daun dewa diambil ubinya, dibersihkan kemudian dihanyutkan (digerus) ditambahkan gula merah sedikit. Buatlah sampai menjadi semacam salep. Oleskan salep hasil ramuan ini pada bagian yang terkena luka bakar.
  • Menghilangkan flek hitam pada wajah, Caranya dengan memetik daun tumbuhan dewa yang bergetah. Getah daun dewa dioleskan pada flek hitam diwajah, agar flek-flek hitam diwajah pudar.
  • Obat hipertensi (menurunkan darah tinggi), caranya sangat sederhana, yaitu dengan memetik 7 lembar daun dewa, bersihkan kemudian rebus dengan 3 gelas air. Sisakan hingga menjadi 2 gelas. Diminum du kali sehari. Dianjurkan daun dewa tidak usah dimasak, cukup memetik daun dewa lalu dibersihkan dibuat lalapan.
  • Obat kanker atau tumor, daun dewa dapat digunakan untuk mengobati penyakit mengerikan seperti tumor atau kanker. Caranya tidak begitu rumit, yaitu dengan merebus 30 gram daun dewa dengan 600 cc air. Sisakan 300cc kemudian diminum hangat. Dilakukan teratur dua kali sehari. Jalani pengobatan ini selama 10 sampai 12 hari. Setelah kisaran waktu tersebut hentikan pengobatan selama 3 hari setelah itu pengobatan dapat dilanjutkan lagi.
Kandungan Khasiat Daun Dewa

Daun dewa memiliki seabrek khasiat, karena di dalam daun dewa mengandung senyawa-senyawa kimia herbal yang dibutuhkan badan seperti: Saponin yang berfungsi sebagai anti bakteri, Flavonoid, Minyak Atsiri yang memiliki khasiat banyak seperti bahan analgesik, stimulan, enzimatik, anti septik luar dalam, Antikoagulan. Segeralah berburu daun dewa, dan membudidayakannya di pekarangan anda, agar anda dan keluarga senantiasa mendapatkan beribu manfaat dau dewa.

Tags :