May 17, 2015

Manfaat Daun Encok

1000 macam manfaat - Daun encok, tanaman yang namanya sekilas sama persis dengan nama gangguan kesehatan tulang, yaitu encok (semacam pegal-pegal di badan). Meski namanya demikian, tanaman ini bukanlah tanaman yang menyebabkan encok, namun tanaman serbaguna yang memiliki khasiat luar biasa. Tidak berlebihan memang, ketika ada yang bilang tanaman encok memiliki khasiat luar biasa, karena memang begitu adanya. Banyak gangguan kesehatan yang dapat diobati dengan tanaman ini. Yang bagaimana sih tanaman encok itu?

Tanaman encok adalah tanaman yang memiliki nama latin: Plumbago zeylanica L. dan memiliki nama daerah poksor, kareka, ki encok dan bawa. Tanaman encok termasuk tanaman semak yang memiliki batang lunak, tumbuhnya berumpun. Memiliki daun bulat telur, bunganya berwarna putih dalam tandan. Memiliki buah memanjang berbentuk kecil berbulu kasar berperekat, waktu muda berwarna hijau. Itulah sedikit gambaran tentang cri-ciri daun encok. Pada uraian berikutnya akan dibahas lebih rinci tentang kegunaan daun encok.

Daun Encok

Habitat Daun Encok

Daun encok tanaman semak yng dapat hidup di dataran daerah tropis maupun sub- tropis. Tanaman yang memiliki nama bermacam-macam ini persebarannya sangat luas, tidak hanya di Indonesia namun juga di India sampai di sebagian besar daerah Afrika. Tidak hanya itu saja persebaran tanaman encok bahkan sudah sampai ke China, selatan Asia Pasifik, Asia Tenggara.

Selain dibudidayakan sebagai tanaman herbal keluarga juga dibudidayakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini banyak hidup liar di Madura, Jawa Timur, Bali dan Jawa Tengah. Tumbuhan ini jarang dijumpai di Kalimantan dan Maluku.

Macam-macam Kegunaan Daun Encok

Daun encok dapat digunakan sebagai obat gangguan kesehatan seperti:

Satu,obat kelainan saluran kencing seperti kencing sedikit karena panas dalam, kencing berlemak, bengkak yang disebabkan karena penyakit ginjal, batu empedu, infeksi saluran kencing, batu ginjal, dan kencing berdarah. Dua, radang prostat (prostatitis). Tiga, influenza, demam, batuk rejan (pertusis), radang saluran napas (bronkitis). Empat, diare, disentri, nyeri lambung. Lima, diabetes militus (kencing manis). Enam, radang mata (menerangkan penglihatan yang kabur). Tujuh, cacingan, gigitan serangga. Delapan, perdarahan seperti mimisan, batuk darah. Sembilan, hepatitis akut disertai kuning (hepatitis ikterik akut).

Selain daunnya akar tanaman encok juga dapat dimanfaatkan sebagai obat leukore (keputihan) dan nyeri otot. Biji tanaman encok tak kalah besar khasiatnya dengan daun encok, khasiat biji tanaman encok yaitu: dapat digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan pada anak (dispepsia); untuk obat cacingan, untuk obat mata (penglihatan kabur); juga berfungsi sebagai perangsang birahi (afrodisiak); dapat mengobati diare, disentri; beser mani (spermatorea); mengobati sakit ketika kencing (disuria), sukar kencing, rasa penuh di perut bagian bawah; mengobati mata merah, terasa sakit akibat panas pada organ hati; dapat juga digunakan sebagai obat penyakit beri-beri; difungsikan sebagai obat darah tinggi (hipertensi); sebagai obat batuk yang disertai banyak dahak, sebagai obat sakit kuning (jaundice), dan sebagai obat rematik gout.

Begitu banyaknya khasiat tanaman encok, dari penyakit ringan seperti rematik sampai penyakit membahayakan seperti hipertensi dan beri-beri dapat diobati dengan tanaman encok. Tanaman semak yang sangat berguna dan memiliki khasiat ganda. Dari ujung pucuk daun sampai ke akar tidak ada yang sia-sia, semua memiliki khasiat yang luar biasa. Maka dari itu segeralah lengkapi koleksi tanaman anda dengan tanaman encok berfungsi gan ganda, sebagai tanaman obat dan penyejuk mata (tanaman hias).

Tags :