May 17, 2015

Manfaat Vitamin K

1000 macam manfaatMari menengok fungsi vitamin K, vitamin K meski lebih jarang disebut dari pada vitamin-vitamin lainnya seperti Vitamin A, C, E, B dan D tubuh kita tetap membutuhkan suplai vitamin K. Dalam tubuh kita tidak diperlukan suplai vitamin K dalam jumlah banyak, akan tetapi kebutuhan vitamin K dalam tubuh kita mutlak harus dipenuhi, agar tidak terjadi gangguan kesehatan.

Vitamin K familiar dengan manfaatnya yang dapat memudahkan pembekuan darah ketika terjadi luka. Kita tidak tau kapan kita mengalami luka, maka dari itu mari kita senantiasa mengkonsumsi makanan bervitamin K, agar ketika kita mengalami luka tidak terjadi pendarahan (darah sukar membeku). Selain dikenal sebagai substansi pembekuan darah, masih banyak lagi fungsi vitamin K, yang akan di bahas lebih rinci di bawah ini.

Fungsi Vitamin K


vitamin k

Vitamin K memiliki fungsi yang tidak sedikit, berikut macam-macam fungsi vitamin K:
  1. Satu, vitamin K selain berfungsi sebagai pembekuan darah juga berfungsi mengobati luka bakar.
  2. Dua, berfungsi memperbaiki pembuluh darah yang rusak
  3. Tiga, vitamin K berfungsi mengurangi kolsterol dan mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini terbukti dengan sebuah penelitian yang diadakan tahun 2009, yang mengungkap bahwa vitamin K mencegah tubuh dari jantung koroner.
  4. Empat, vitamin K dapat memperkuat tulang pada wanita. Pada wanita vitamin ini dapat menjaga kepadatan tulang. Diungkapkan bahwa yang menyebabkan wanita mengalami kerapuhan tulang salah satunya adalah kekurangan vitamin K. Penelitian ini dilakukan American Journal of Clinical Nutrition
  5. Lima, mencegah osteoporosis (kerapuhan tulang) dan retaknya tulang pinggul pada wanita.
  6. Enam, vitamin K bisa melambatkan pembentukan sel kanker di paru-paru dan hati.
Masih banyak lagi fungsi vitamin K dalam tubuh kita.

Sumber Vitamin K

Bayam, sayuran bayam yang sangat mudah dijumpai di pasar maupun pekarangan rumah mengandung cukup banyak vitamin K. Dalam bayam terkandung 89 mcg vitamin K pada setiap 100 g penyajian. Dengan varian tanaman bayam yang lebih dari satu dan mudah di dapat, sangat disayaangkan jika kita kekurangan vitamin K.

Kubis, kubis sangat mudah kita jumpai di penjual sayur. Dalam 100 gram kubis mengandung setengah dari kebutuhan vitamin K harian kita.
Selada, daun tanaman selada yang biasanya hanya digunakan sebagai lalapan mengandung vitamin K banyak. Dalam 100 gram penyajian mengandung 128 mcg vitamin K. selada juga sangatlah mudah di dapat dilingkungan kita.

Bunga kol, tumbuhan bunga kol mengandung 125 mcg dalam tiap 100 gram penyajian. Tanaman yang berasal dari dataran Eropa ini tidaklah langka di Indonesia, mudah sekali mencarinya. Tinggal pergi ke pasar saja pasti kita jumpai tumbuhan ini.
Brokoli, tanaman ini mengandung 200mcg tiap 100 gram beratnya. Brokoli sangat baik dan evektif digunakan sebagai pensuplai vitamin K dalam tubuh kita.

Kentang, kentang sudah sangat familiar dikeseharian masyarakat Indonesia. Tumbuhan bulatseperti telur ini biasanya dibuat stik atau keripik. Meski biasa dibuat makanan ringan, kentang mampu member sumbangan vitamin K sebanyak 2 mcg tiap 100gramnya.

Sawi Hijau, sawi layaknya bayam, sangat mudah dijumpai disekitar kita. Sawi memiliki kandungan vitamin K sangat tinggi. Sawi mengandung 419,3 mcg setiap satu cangkirnya. Selain mengandung vitamin K sawi memiliki khasiat yang tidak sedikit, seperti menangkal kanker kemih, kanker prostat, kanker paru-paru dan kanker-kangker yang lain.

Sangat banyak bahan-bahan makanan yang mengandung vitamin K tidak hanya sebatas yang telah disebutkan di atas. Mari kita penuhi kebutuhan vitamin K dalam tubuh kita, karena pensuplai vitamin K sangat banyak disekitar kita, dan sangat terjangkau harganya.

Tags :