May 3, 2016

Manfaat Bekam Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Pengobatan dengan metode bekam bagi umat muslim tentu bukan hal yang anah lagi. Saat ini pengobatan dengan metode bekam sangat marak sekali dilakukan karena dengan melakukan pengobatan bekam ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Secara bahasa, istilah bekam merupakan arti dari suatu tehnik pengobatan dengan cara membuang darah kotor yang ada pada tubuh dan dikeluarkan melalui permukaan kulit dengan sayatan pisau atau bisa juga dengan menggunakan jarum yang steril. Kata Bekam sendiri berasal dari bahasa Arab AL Hijamah yang memiliki makan pelepasan darah kotor. Pengobatan bekam sendiri sebenarnya merupakan salah satu metode pengobatan warisan nabi sehingga tidaklah mengherankan jika bekam ini memiliki manfaat yang luar biasa sebagai salah satu metode pengobatan yang manjur untuk segala jenis penyakit dan menjaga kesehatan.

Bekam

Jika kita berbicara tentang teori, maka manfaat bekam ini memiliki 3 aspek penyembuh yaitu :
  1. Pengeluaran darah kotor yang memiliki potensi mengandung racun
  2. Perbaikan dari kerusakan yang terjadi pada fungsi oragan tubuh
  3. Penambahan sistem antibodi tubuh.
Namun, selain dari itu, ternyata bekam memiliki manfaat yang lebih dari itu saja, yaitu diantaranya :
  1. Manfaat bekam pada tulang
    Metode pengobatan melalui pengobatan bekam ternyata juga memiliki dampak yang untuk tulang diantaranya yaitu dapat mengurangi rasa sakit akibat berbagai jenis penyakit sendi, bekam memiliki peran dalam meningkatkan rangsangan untuk memproduksi kalsium sehingga menjadikan tulang kuat.
  2. Manfaat bekam terhadap kulit.
    Bekam juga memiliki efek yang baik untuk kulit seperti meningkatkan kelenjar keringat dan lemak, sehingga secara otomatis akan membuat pori-pori menjadi terbuka, membersihkan berbagai zat berbahaya yang mengendap pada kulit dan dapat meningkatkan metabolisme makanan yang ada pada kulit.
  3. Manfaat bekam pada otot
    Untuk bagian otot, bekam ini memiliki peran dalam menstimulasi sirkulasi darah di otot sehingga akan mengurangi munculnya kekejangan otot, dapat mengeluarkan gumpalan darah yang ada pada otot dan juga dapat menghilangkan zat asam laktat dari otot dapat menghilangkan kelelahan dan juga sumbatan pada otot.
  4. Manfaat bekam untuk sistem pencernaan
    Selain memiliki manfaat untuk otot, kulit dan juga tulang, bekam juga berperan dalam meningkatkan kualitas sistem pencernaan diantaranya yaitu dapat mengatur sekresi asam lambung dan juga enzim pencernaan sehingga dapat meningkatkan kualitas pencernaan dan penyerapan makanan. Selain itu juga dapat mengatur pergerakan usus dan juga mampu menstimulasi sel hati dan pankreas serta mampu memperbaiki fungsinya.
  5. Manfaat bekam untuk darah
    Bekam memiliki manfaat yang baik bagi darah karena selain dapat meluaskan pembuluh darah, bekam juga dapat mengurangi darah dan cairan yang menyertai peradangan dengan cara mengeluarkan cairan tersebut melalui celah antar sel dan juga dapat juga untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dan darah putih dalam tubuh.
  6. Manfaat bekam untuk sistem syaraf
    Untuk sistem syaraf, bekam ini memiliki manfaat untuk menstimulasi ujung syaraf sensor yang ada pada kulit sehingga rasa sakit yang dirasakan akan perlahan menghilang. Selain itu juga bekam dapat mengatur sinyal dan juga meningkatkan kecepatan sampainya sinyal syaraf yang keluar dari sumsum tulang belakang. manfaat bekam yang lain dalam syaraf adalah untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada syaraf akibat berbagai kecemasan, depresi dan juga rasa takut.