Dec 30, 2015

Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan

Manfaat daun bawang - Biasanya masyarakat kita menggunakan daun bawang sebagai salah satu sayuran yang digunakan untuk menambah cita rasa makanan. Rasanya yang khas memang memberikan kelezatan tersendiri saat daun bawang ini digunakan sebagai bahan makanan. Namun nampaknya masih sangat orang-orang menggunakan manfaat daun bawang ini sebagai obat. Padahal dengan berbagai zat-zat yang dikandung di dalamnya seperti Vitamin A/K.E, Karoten, Xanthin, Alicin dan masih banyak lagi lainnya membuat daun bawang ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit tertentu.

manfaat-daun-bawang.jpg
Manfaat Daun Bawang
Beberapa jenis penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat diatasi oleh daun bawang ini diantaranya yaitu :
  1. Baik untuk mengatasi masalah pencernaan.
    Daun bawang sebagai salah satu jenis sayuran pastinya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang mampu membuatnya memiliki peran yang cukup baik untuk menjaga sistem pencernaan. Kemampuan serat yang mampu mencegah munculnya masalah sembelit dan bahkan mampu mencegah munculnya kanker usus nampaknya juga dimiliki oleh si daun bawang ini.

  2. Baik untuk menjaga kesehatan jantung
    Manfaat daun bawang yang mungkin belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian telah diketemukan bahwa di dalam daun bawang ini terdapat suatu senyawa yang dikenal dengan nama Cycloaliin. Dimana senyawa ini memiliki manfaat untuk melindungi jantung dari berbagai serangan penyakit. Bahkan senyawa ini juga memiliki fungsi untuk mengencerkan darah dan dapat mengurangi resiko terkena penyakit Aterosklerosis.

  3. Untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.
    Bagi anda yang seringkali mudah terkena penyakit flu, demam atau batuk yang disebabkan karena tingkat imunitas anda yang begitu rendah maka jangan ragu-ragu untuk mengkonsumi daun bawang sesering mungkin. Terlebih lagi di dalam daun bawang ini juga terdapat senyawa seperti Allicin yang dapat menurunkan kolesterol dan dapat berperan sebagai salah satu sumber obat anti bakteri, anti virus dan ati jamur. Sehingga secara tidak langsung, berbagai virus yang menyebabkan tubuh terkena virus Flu dan batuk juga akan dapat teratasi.

  4. Sebagai sumber antioksidan yang kuat.
    Telah dikatakan diberbagai sumber bahwa makanan yang memiliki sifat antioksidan akan sangat berguna bagi tubuh karena dapat menangkal radikan bebas yang sekarang ini memiliki kandungan yang cukup tinggi di lingkungan sekitar kita terlebih lagi perkotaan yang kondisi udara dan makanannya sudah sangat tercemar. Dengan kemampuan daun bawang yang bersifat antioksidan inilah, maka kemudian berbagai radikal bebas dapat dibasmi.

  5. Untuk mengatur kadar air dalam tubuh dan mencegah kram otot.
    Daun bawang dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki kandungan Kalium yang terbilang cukup tinggi. dengan kandungan Kalium yang dimilikinya itulah, membuat daun bawang ini memiliki manfaat sebagai salah satu sayuran yang dapat mengatur kadar cairan dalam tubuh dan juga dapat mencegah kram otot.

  6. Bersifat anti diabetes.
    Di dalam daun bawang terdapat zat yang disebut sebagai zat Phuto-Kimia dan alil disulfida. Dimana kedua zat tersebut memiliki sifat anti diabetes. Sehingga daun bawang ini dapat mencegah degradasi insulin dalam tubuh serta dapat meningkatkan metabolisme glukosa.
Melihat manfaat daun bawang yang demikian banyak untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, maka mulai sekarang jangan ragu-ragu lagi untuk menggunakan daun bawang sebagai salah satu sayuran tambahan di setiap masakan anda sehari-hari.

Tags :