Jan 19, 2016

Manfaat Daun, Akar dan Buah Kersen Bagi Kesehatan

1000 macam manfaat - Taukah kalian tentang kersen dan segudang manfaatnya? Kersen dengan bahasa latin muntingia calabura L. adalah sejenis pohon sekaligus buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Pohon ini memiliki tinggi bisa mencapai 12 m, meski umumnya hanya sekitar 3-6 m saja. Hijau abadi dan terus menerus berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Daun-daun terletak mendatar, berseling, helaian daun tidak simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi dan berujung runcing, 1-4 × 4-14 cm, sisi bawah berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Kersen menjadi salah satu tumbuhan pionir yang paling banyak dijumpai di wilayah hunian manusia di daerah tropis. Berasal dari Amerika tropis (Meksiko selatan, Karibia, Amerika Tengah sampai ke Peru dan Bolivia), kersen dibawa masuk ke Filipina pada akhir abad-19, dan lalu dengan cepat menyebar di seluruh wilayah tropis Asia Tenggara.

buah-kersen.jpg
Buah Kersen

 Buah yang memiliki rasa manis ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak. mau tau apa saja? berikut manfaat daun, akar dan buah kersen bagi kesehatan tubuh.
  1. Antibakteri
    Para peneliti menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen. Sifat antibakteri buah kersen ini sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Dengan demikian tubuh kita menjadi lebih kuat dari serangan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit tertentu.
  2. Antioksidan
    Buah kersen juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.
  3. Anti-tumor
    Kersen juga dilaporkan memiliki efek anti-tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.
  4. Anti-inflamasi
    Rebusan daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga dapat menurunkan demam.
  5. Anti-tumor
    Daun kersen juga dilaporkan memiliki efek anti-tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.
  6. Mengobati asam urat
    Di Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.
  7. Melindungi jantung
    Ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.
  8. Kram perut
    Bunga kersen dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus buang kersen dan meminum airnya.
  9. Anti-kanker
    Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik baru pada akar kersen.
  10. Menurunkan tekanan darah tinggi
    Membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengonsumsinya secara rutin karena buah ini mengandung kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah.
Tak disangka, ternyata pada pohon kersen ini baik di daunnya, akarnya, apalagi buahnya, banyak sekali khasiat dan manfaatnya. maka janganlah kita melewatkan memakan buah manis ini. selamat menikmati buah dan khasiatnya yaa...