Jan 28, 2016

Manfaat Daun Bambu Bagi Kesehatan

1000 macam manfaat - Bambu biasanya digunakan untuk dijadikan bahan perabotan rumah tangga seperti rak, meja, kursi dan lain-lain. Tahukah Anda ternyata tak hanya bambu saja yang dapat kita gunakan, daunnya pun ternyata dapat dijadikan ramuan manjur untuk mengobati penyakit. Daun bambu yang masih segar terbukti memiliki kandungan serat, antioksidan dan berbagai macam senyawa yang tidak dapat ditemukan pada tanaman lain. Namun pengolahan daun bambu yang masih segar tidak bisa dilakukan secara manual. Proses pengolahan daun bambu menjadi racikan minuman persis seperti proses pembuatan teh. Jadi, berikut ini manfaat daun bambu yang sudah dibentuk dalam racikan atau teh.

manfaat-daun-bambu-bagi-kesehatan.jpg
Manfaat Daun Bambu Bagi Kesehatan

Pertama, Dapat Membantu Menyembuhkan Luka
Dalam daun bambu segar ternyata mengandung zat isoorientin yang memiliki sistem yang sangat baik untuk membantu penutupan luka dan menyembuhkan luka dengan cara yang lebih cepat. Bahkan pemberian luka dengan daun bambu segar yang sudah dihaluskan bisa menutup luka selama sekitar 29 jam. Penelitian ini telah dilakukan oleh para pakar medis di China dan Jepang. cara membuat ramuannya dengan menyediakan daun bambu segar, cucilah. Kemudian tumbuk sampai halus. Selanjutnya oleskan pada area kulit yang luka.

Kedua, Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Kandungan potasium yang terdapat pada daun bambu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cara membuat ramuannya, ambil daun bambu segar sebanyak tujuh lembar. cucilah lalu rebus dengan satu gelas air. selanjutnya tunggu sampai air tersisa satu gelas. Lalu minumlah secara rutin dua kali sehari.

Ketiga, Sebagai Detoksifikasi
Daun bambu memiliki sifat anti inflamasi alami yang dapat membantu proses detoksifikasi. Cara menyajikan ramuannya dengan menyediakan daun bambu yang masih segar kemudian cucilah sampai bersih. Potonglah daun tersebut kecil-kecil selanjutnya seduh dengan menggunakan air panas. Minumlah seduhan teh daun bambu ini secara rutin.

Keempat, Dapat Mengatur Sistem Pencernaan
Masalah pencernaan dapat berupa perut kembung, gas yang berlebihan, sembelit atau diare. Ternyata daun bambu yang sudah diolah menjadi teh bisa membentuk semacam senyawa yang berfungsi untuk mengatur sistem pencernaan. Minum teh dari daun bambu bisa membuat perut menjadi lebih nyaman.

Kelima, Membantu Perawatan Kulit
Dengan meminum teh daun bambu yang mengandung antioksidan dan vitamin E dapat membuat kulit anda sehat dan segar.

Keenam, Dapat Menangkal Radikal Bebas
Senyawa antioksidan yang ditemukan dalam daun bambu ternyata terdapat kandungan vitamin dan mineral alami pada daun bambu. Proses pembentukan senyawa antioksidan ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas pada tubuh.

Dari pada daun bambu terbuang sia-sia, tak ada salahnya kan jika kita mencoba teh daun bambu. Selamat mencoba ya...