Jan 13, 2016

Manfaat Ekstrak Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat ekstrak kulit manggis - Biasanya kita mengenal buah Manggis sebagai salah satu buah yang memiliki rasa yang enak. Buahnya yang berwarna putih dan empuk yang disertai dengan rasa yang manis nampaknya memang menjadi salah satu pilihan buah-buah yang nikmat untuk dikonsumsi. Namun nampaknya dengan semakin majunya dunia kesehatan, buah manggis tak hanya dimanfaatkan untuk dimakan buahnya saja, namun kulit buah manggis sekarang ini tak lagi dibuang karena dianggap sampah namun sekarang ini kulit buah manggis mulai dimanfaatkan sebagai salah satu bahan obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Manfaat ekstrak kulit manggis yang sekarang ini banyak dicari oleh sebagian besar masyarakat dan menjadi cukup populer nampaknya juga telah diolah menjadi bentuk sebuah kapsul agar orang-orang yang membutuhkan khasiat kulit Manggis ini tak perlu kerepotan dalam mengkonsumsinya.

manfaat-ekstrak-kulit-manggis.jpg
Manfaat Ekstrak Kulit Manggis

Didalam kulit Manggis yang dulunya seringkali kita abaikan ini ternyata mengandung berbagai zat yang bermanfaat untuk tubuh seperti Xanthone. Dimana zat ini memiliki sifat anti oksidan, antibakteri, anti alergi, anti tumor, anti inflamasi dan juga antihistamin. Dengan banyaknya sifat zat Xanthone yang ada di dalam buah Manggis ini maka bukan hal yang aneh jika kemudian buah ini memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya;
  1. Untuk menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin.
    Adanya kandungan Xanthone yang ada di dalam buah Manggis juga memiliki peran sebagai penyeimbang sistem kelenjar Endokrin. Dimana kelenjar ini memiliki peran dalam menyeimbangkan semua hormon dan neurokimia yang nantinya akan berperan dalam menyembuhkan luka, untuk mengeluarkan racun dari hati dan masih banyak lagi lainnya.

  2. Untuk menjaga kesehatan otak.
    Otak sebagai sebagai salah satu pusat perintah dari segala bagian tubuh tentunya sangat penting untuk dijaga kesehatannya, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis. Sifat antioksidan yang dimiliki Manggis pada bagian kulitnya dipercaya dapat mencegah penurunan fungsi otak yang nantinya dapat menyebabkan penyakit seperti dimensia,Alzheimer, serta dapat mencegah munculnya faktor kerusakan sistem syaraf yang dapat mengakibatkan penyakit Parkinson.

  3. Mencegah batu ginjal.
    Manfaat ekstrak kulit manggis yang selanjutnya adalah untuk mencegah munculnya penyakit batu ginjal. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan kesimpulan bahwa mengkonsumsi ekstrak kulit Manggis dalam jumlah tertentu ternyata dapat membuat anda mengeluarkan air seni dengan jumlah yang lebih banyak dan lebih sering. Sehingga secara tidak langsung hal ini dapat mencegah munculnya penyakit infeksi saluran kemih dan juga masalah batu ginjal.

  4. Untuk menjaga kesehatan pencernaan.
    Sifat antioksidan yang dimiliki oleh kulit buah Manggis ini dipercaya dapat membantu untuk melindungi dan menurunkan kandungan asam yang tinggi pada lambung. Tak hanya itu saja, adanya zat antimikroba yang ada didalamnya juga dapat berpera untuk mengatasi masalah iritasi usus besar dan usus kecil yang nantinya iritasi ini dapat berakibat menyebabkan beberapa gangguan pencernaan seperti Diare. Tak hanya itu saja, ekstrak Kulit Manggis ini juga dapat mencegah munculnya gangguan radang usus besar dengan cara menghambat kemunculan infeksi pada kantong-kantong yang terdapat pada lapisan usus besar.
Tentunya beberapa manfaat ekstrak kulit manggis yang disebutkan dirasa hanyalah sebagian kecil saja. karena pada dasarnya manfaat ekstrak kulit Manggis ini memang telah terbukti mampu menyembuhkan hampir 70 lebih jenis penyakit. Baik itu penyakit dengan kadar yang ringan maupun juga jenis penyakit yang berat.