Jan 25, 2016

Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan

1000 macam manfaat - Bagi kalian yang belum tahu apa itu tanaman kumis kucing, yuk cari tahu apa itu tanaman kumis kucing dan khasiatnya bagi tubuh kita. Walaupun namanya menyeramkan, tetapi tanaman kumis kucing ini memiliki multi khasiat lho. Tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon aristatus dan termasuk dalam family Lamiaceae/Labiate, dikenal dengan berbagai istilah seperti kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman ini biasa tumbuh ditanah yang subur, gembur, berhumus dan memiliki tata air serta udara yang baik. Salah satu kandungan yang banyak terdapat dalam tanaman kumis kucing adalah glikosida orthosiphonin. Zat ini sangat baik dalam melarutkan fosfor dan asam urat dalam tubuh, terutama yang bersarang dalam empedu dan kandung kemih. Kandungan lainnya dalam kumis kucing, adalah zat samak, minyak atsiri, minyak lemak, saponin, sapofonin, garam kalium, dan myoinositol.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Apa saja sih manfaat-manfaat dari tanaman kumis kucing. Berikut kami ulas manfaat dan cara pembuatan ramuannya.

Pertama, kumis kucing baik untuk menangkal radikal bebas. Dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus dengan menggunakan methanol atau ekstrak dari kumis kucing, diketahui bahwa kumis kucing mengandung anti oksidan dan lipid peroksida yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas.

Kedua, kumis kucing dapat mengobati batu ginjal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kumis kucing secara rutin dapat mengobati penyakit batu ginjal. Sedikitnya sekitar 40% pasien batu ginjal pada penelitian tersebut merasa kondisi kesehatannya semakin membaik. Sedangkan 20% lainnya tidak lagi merasakan nyeri.

Ketiga, kumis kucing juga terbukti dapat mengatasi penyakit hipertensi. Tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan konsumsi kumis kucing secara rutin.

Keempat, diabetes juga dapat diobati dengan kumis kucing. Pada sebuah penelitian, diketahui bahwa konsumsi kumis kucing secara rutin dalam 6 bulan dapat menurunkan level gula darah penderita diabetes.

Cara pembuatan ramuan daun kumis kucing sebagai berikut.
Pertama, daun kumis kucing segar sebanyak ¼ genggam. Cuci daun kumis kucing tersebut kemudian rebus dalam segelas air hingga tersisa ½ gelas. Angkat dan dinginkan lalu saring. Minum 2 kali sehari, dan setiap kali minum ½ gelas.

Atau anda bisa membuat ramuan dengan bahan tambahan. Caranya ambil daun kumis kucing sebanyak 5 helai dan daun meniran, cucilah kemudian rebus dengan 3 gelas air. Setelah dingin, minum ramuan tersebut tiga kali sehari masing-masing ½ gelas.

Kita hanya bisa berikhtiar dan berdoa, untuk selanjutnya Tuhanlah yang menentukan. Maka jagalah kesehatan, karena sehat itu penting. Semoga bermanfaat...