Feb 15, 2016

Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Beras merupakan makanan pokok bagi warga Indonesia. Tapi apakah anda setiap hari mengkonsumsi beras hitam? Beras hitam yang bernama latin Oryza sativa L. indica memang sangat langka, karena penanaman padinya yang jarang dibudidayakan. Warna ungu pekat mendekati hitam disebabkan karena kandungan aleuron dan endospermia yang memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi. Kandungan gizi dalam beras hitam telah diteliti oleh Zhimin Xu, Pengajar Ilmu Pangan di University of Agricultural Center di Baton Rouge, Louisiana, Amerika Serikat, bahwa selain kandungan antioksidannya yang tinggi, beras hitam juga lebih banyak mengandung serat dan vitamin E tetapi lebih sedikit mengandung gula.
 
Kemudain berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM) yang dikeluarkan oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) beras hitam kaliumnya lebih tinggi sebanyak 105 mg dibandingkan dengan beras merah yang hanya 85 mg (pada 100 g bahan makanan). Selain itu, hasil analisis Laboratorium Pangan dan Gizi Pusat Antar Universitas (PAU) Universitas Gadjah Mada menunjukkan kadar protein beras hitam 7,88 %, lebih tinggi ketimbang beras putih yang memiliki kadar protein sebesar 6,8 %. Namun, kandungan karbohidratnya hanya 74,81%, sedikit lebih kecil dibandingkan beras putih yang 78,9%.

manfaat-beras-hitam-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Memang dari segi rasa, beras hitam tidak begitu pulen seperti beras putih. Untuk memasaknya, dibutuhkan lebih banyak air dan waktu lebih lama. Setelah matang, beras ini memiliki aroma kuat yang menguggah selera makan. Namun disamping kelemahannya itu, beras hitam memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh. Berikut manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung
Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi. Ini terasa dari rasanya yang sedikit pera, tidak sepulen beras putih. Setiap makanan yang memiliki kada serat tinggi tentu akan berperan aktif memelihara kesehatan jantung Anda.
Obat anemia. Kandungan zat besinya tinggi mencapai 15,52 ppm. Zat besi merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan darah (hemoglobin). Karena itu makanan yang akaya akan zat besi sangat dianjurkan bagi penderita anemia.
Anti aging (anti penuaan). Hal ini masih terkait dengan kandungan antioksidan yang berperan dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Sehingga apabila sel-sel tubuh cepat memperbaiki diri, seseorang akan terlihat lebih bugar dan awet muda.

Mencegah Kanker
Bermanfaat mencegah kanker karena memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Berdasarkan banyak riset, antosianin ini merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat. Sebagaimana diketahui secara luas, zat antioksidan berperan aktif untuk mencegah penyakit kanker.

Mencegah Diabetes
Nilai kalorinya terendah dibanding dengan jenis beras lainnya, yaitu sekitar 362 kcal per 100 gram. Kandungan kalori ini berkaitan erat dengan indeks glikemik. Indeks glikemik merupakan angka yang menujukkan seberapa besar suatu makanan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi indeks glikemik, maka makanan tersebut akan memicu kenaikan gula darah semakin tinggi pula. Sehingga beras ini digolongkan sebagai pangan sehat dan dianjurkan bagi penderita diabetes.

Itulah pembahasan singkat mengenai manfaat beras hitam untuk kesehatan bagi tubuh. Bagi Anda yang mau mencoba, bersabarlah dalam memasaknya, menunggu matangnya si nasi hitam. Selamat menikmati.