Feb 1, 2016

Manfaat Biji Jinten Hitam Bagi Kesehatan

1000 macam manfaat - Beragam jenis biji-bijian dapat tumbuh di bumi ini. Tapi apakah anda sudah pernah melihat seperti apa biji jinten hitam? Jinten hitam yang memiliki nama latin Nigella savita termasuk satu kelompok atau spesies dari genus Nigella yang memiliki kurang lebih 14 spesies. Jinten hitam masuk dalam family tanaman Rannuculaceae. Nigella sativa atau jintan hitam juga memiliki sebutan lain dalam bahasa di beberapa negara di belahan dunia, seperti Kalonji (bahasa Hindi), Kezah (Hebrew), Chamushka (Rusia), Habbatus Sauda’ (Arab), Siyah daneh (Persian), Fennel Flower / Black Carraway / Nutmeg Flower / Roman Coriander / Black Onian Seed (English), atau Jintan Hitam (Indonesia).

manfaat-biji-jinten.jpg
Manfaat Biji Jinten Hitam Bagi Kesehatan
Jinten hitam disebut sebagai biji hitam kuratif, yang telah digunakan untuk pengobatan sejak zaman kuno. Jinten hitam ini mengandung 15 macam asam amino dan 9 asam amino essensial. Ternyata, asam amino esensial tidak dapat diproduksi dalam jumlah yang cukup oleh tubuh, oleh karena itu jinten hitam akan sangat memenuhi kebutuhan itu. Selain itu, jinten hitam juga mengandung betakaroten (pro-vitamin A), kalsium, zat besi, sodium, dan potassium. Maka tak heran bila jinten hitam dijadikan pengobatan sejak jaman dahulu. Lalu apa saja sih manfaat dari kandungan jinten hitam itu? Berikut kami ulas khasiat dan manfaat jinten hitam untuk kesehatan dan pengobatan.

Pertama, Dapat Mengobati Kanker
Kandungan jinten hitam salah satunya adalah asam amino. Asam lemak ini dapat menghambat perkembangan kanker. Jintan hitam berkemampuan menstimulasi produktivitas dan imunitas sel tulang sumsum, serta  produksi interferon, melindungi sel-sel normal, dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat.  Untuk pengobatan kanker, buatlah ramuan dengan cara mencampurkan satu gelas jus anggur dan setengah sendok teh minyak jinten hitam. Minum sebanyak tiga kali sehari. Selain itu, anda juga dapat menggosok minyak jintan hitam pada tubuh yang terkena kanker selama dua minggu.

Kedua, Dapat Mengobati Asma dan Alergi
Kandungan protein kinase C yang terdapat di jinten hitam diketahui bisa menghambat pelepasan histamin. Histamin merupakan zat yang dilepaskan oleh sistem tubuh karena reaksi dari alergi. Untuk pengobatan asma dan alergi, dapat dilakukan dengan minum minyak jinten hitam setengah sendok yang dicampur dengan satu sendok madu kedalam cangkir yang berisi air hangat. Larutan jinten hitam tersebut dapat diminum pagi hari sebelum sarapan dan sesudah makan malam.

Ketiga, Dapat Mengatasi Gangguan Pencernaan
Jintan hitam juga efektif melawan bakteri yang dikenal sangat tahan terhadap obat-obatan, seperti bakteri penyebab kolera, E. coli, dan Shigella spp. Dengan demikian, jintan hitam juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti sakit perut, dispepsia, diare, dan muntaber. Untuk mengobati gangguan pencernaan, ambil setengah sendok teh minyak jintan hitam yang dicampur dengan secangkir susu. Minumlah campuran tersebut dua kali dalam sehari. Atau bisa juga dicampur dengan satu sendok teh bubuk jahe,  dan setengah sendok teh minyak jinten hitam.

Keempat, Sebagai Obat Peradangan
Thymoquinine yang terkandung dalam jintan hitam adalah obat anti inflamasi yang sangat efektif. Untuk pengobatan peradangan yang terjadi pada pergelangan kaki dan sendi yang lain, ambil satu sendok makan cuka, dua sendok madu, dan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Gunakan campuran ini dua kali sehari untuk memijat bagian yang meradang.

Kelima, Untuk Meningkatkan jumlah ASI
Jintan hitam bisa meningkatkan jumlah susu untuk ibu yang menyusui,  karena kombinasi dari unsur-unsur tertentu dan struktur hormon lipid yang terkandung di dalamnya. Selain itu, jintan hitam juga mengandung arginine, yang penting untuk pertumbuhan bayi.

Keenam, Meningkatkan Kecerdasan dan Mencegah Alzheimer
Jinten hitam mengandung asam linoleat (omega 6), dan asam linolenat (Omega 3), sehingga merupakan nutrisi bagi sel otak untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Jintan hitam juga memperbaiki mikro (peredaran darah ) ke otak,  dan sangat cocok untuk diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.

Itulah manfaat dari biji jinten hitam. Bagi anda yang penasaran dengan jinten hitam, tak ada salahnya jika anda mencari dan mengkonsumsi jinten hitam. Saat ini jinten hitam sudah banyak diolah menjadi berbagai macam bentuk, antara lain minyak jinten hitam, bubuk dan kapsul jinten hitam. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.