Feb 14, 2016

Manfaat Buah Duwet Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat – Apakah Anda pernah melihat dan memakan buah duwet? Buah duwet yang memiliki nama latin Eugenia cumini atau Syzgium cumini, yang memiliki banyak julukan antara lain Jambe kleng (Aceh), Jambe kling (Gayo), Jambu kalang (Minangkabau), Jambelang (Melayu), Jamblang (Sunda), Duwet (Jawa), Juwet (Jakarta). Buah yang memiliki banyak nama ini memang sudah jarang kita temui. Buah duwet berwarna ungu kehitaman, memiliki daging buah berwarna putih kemerah-merahan dan buahnya berbentuk lonjong. buah duwet mengandung berbagai senyawa penting seperti minyak atsiri, asam organik, alkaloid, triterpenoid, fenol, dan resin. Selain itu, buah berwarna ungu ini kaya akan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, kolin, riboflavin, asam amino, asam folat, dan antosianin. Buah ini kaya akan mineral penting seperti natrium, kalsium, kalium, seng, zat besi, fosfor, dan mangan. Dari kandungan buah duwet yang berlimpah, ternyata buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat buah duwet untuk kesehatan tubuh kita.

manfaat-buah-duwet-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Buah Duwet Untuk Kesehatan

Pertama, Sebagai Obat Diabetes
Buah duwet mengandung glukosida phytomelin. Zat ini dapat mengurangi kerapuhan pembuluh darah kapiler penyebab luka diabetes yang lama sembuhnya. Di dalam buah duwet juga banyak mengandung astringent, suatu zat yang dipercaya dapat membantu penyembuhan luka diabetes karena sifat astringent yang dapat menciutkan kulit. Kemudian kandungan biji buah duwet bisa menurunkan kadar gula darah sebesar 30%.

Kedua, Mencegah Penyakit Jantung
Buah duwet juga memiliki kandungan asam ellagic (ellagitannins), anthocyanins, dan anthocyanidins yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Senyawa tersebut juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah oksidasi kolesterol dan formasi plak yang memicu penyakit jantung.

Ketiga, Pencegah Kanker
Buah duwet memiliki sifat chemoprotective,yang berfungsi sebagai pencegah kanker. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti Jagetia GC menunjukkan bahwa ekstrak buah duwet mampu menghambat radiasi yang disebabkan oleh generasi radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

Keempat, Obat infeksi
Bagian lain dari buah duwet seperti daun, kulit , batang dan biji secara tradisional digunakan sebagai obat infeksi karena bakteri. Tanaman duwet menyimpan senyawa seperti asam malat, asam galat, asam oksalat dan tanin. Kandungan senyawa tersebut berfungsi sebagai antimalaria, sifat antibakteri dan gastroprotektif.

Kelima, Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dan Kekuatan Tulang
Buah duwet mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, zat besi, kalium dan vitamin C. kandungan tersebut membuat buah duwet baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang.

Itulah manfaat dari buah duwet untuk kesehatan tubuh. Memang buah ini jarang ditemukan, tapi pohon buah ini subur didaerah tropis. Selamat mencari dan menikmati…