Feb 18, 2016

Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan

1000 macam manfaat – Buah tin yang telah dijelaskan di dalam Al Quran memang telah diteliti memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan dan pengobatan. Buah tin yang memiliki nama latin Ficus carica L, memang jarang kita temui. Buah tin terdapat dua jenis yaitu buah tin basah dan buah tin kering. Perbedaan antara kedua jenis buah tin itu hanya pada kadar kalorinya. Jika pada buah tin kering, mengandung 6 kali kalori lebih banyak dari buah tin basah. Buah tin sangat kaya dengan nutrisi dalam tubuh buahnya. Diantara nutrisi-nutrisi tersebut antara lain protin, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, zat besi, dan potassium. Kadar nutrisi buah tin adalah protin sebanyak 4.3 mg, serat 5.6 mg, energi 274 kkal, kalsium 126 mg, karbohidrat yaitu 63.4 mg, vitamin C sekitar 1 mg.
manfaat-buah-tin-bagi-kesehatan.jpg
Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan
Kandungan vitamin buah tin tak kalah hebatnya dengan apel dan jeruk. Disebutkan  penelitian California Figs Nutritional Information, buah tin mengandung serat (dietary fiber) yang sangat tinggi. Setiap 100 gr buah tin kering terkandung 12,2 g serat sedangkan apel hanya mengandung 2 g dan jeruk 1,9 g. Mengkonsumsi buah Tin secara teratur, menurut para pakar kesehatan, dapat membantu membersihkan racun di dalam tubuh, mencegah kanker kolon dan penyakit degeneratif lainnya. Berikut uraian mengenai manfaat buah tin bagi kesehatan.

Penangkal Radikal Bebas
Buah Tin dipercayai mempunyai bahan yang dapat melawan kanker, karena buah tin mengandung flavonoid dan polyphenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang amat penting bagi tubuh yang berfungsi sebagai radikal bebas dalam tubuh.

Mengontrol Kadar Gula Darah
Gabungan zat yang terkandung dalam buah tin yaitu serat yang tinggi dan karbohidrat dalam bentuk yang ringkas, yaitu glukosa dan fruktosa mampu mengontrol kadar gula darah seseorang. Selain itu, Buah Tin rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan bebas kolesterol sehingga sangat cocok dikonsumsi para penderita diabetes atau penyakit gula.

Mencegah Osteoporosis dan Sebagai Penguat Tulang
Dalam buah tin terkandung senyawa kalsium yang cukup tinggi, bahkan para ahi gizi mengungkapkan kandungan kalsium dan fosfor dalam buah tin lebih tinggi dari pada kandungan dalam susu. Bagi Anda usia 30 keatas konsumsi kalsium sangat berkhasiat untuk mencegah osteoporosis, sedangkan untuk anak-anak nutrisi tersebut akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi secara optimal

Mengatasi Kanker dan Tumor
Buah Tin mengandung unsur lain yang menjadi bahan anti kanker, yaitu benzaldehyde dan coumarins. Benzaldehyde telah terbukti mampu bertindak sebagai bahan anti tumor sedangkan coumarins adalah untuk merawat kulit dan kanker prostat.

Mengatasi Hipertensi dan Jantung Koroner
Buah tin mengandung senyawa mineral alami seperti magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol. Kandungan-kandungan mineral alami inilah yang cukup berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah munculnya penyakit jantung koroner.

Mengatasi Anemia
Hasil penelitian lebih lanjut menyebutkan bahwa buah Tin termasuk buah yang dapat merangsang pembentukan hemoglobin darah, karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi, dimana kandungan zat besi inilah yang menjadi bahan baku pembentukan hemoglobin darah Anda

Efektif Menurunkan Berat Badan
Hasil penelitian dalam 100 gram buah Tin, mengandung 20% daripada kebutuhan zat serat harian tubuh kita. Dari jumlah tersebut, lebih 28% adalah jenis serat terlarut. Penelitian menunjukkan, bahwa serat terlarut bisa membantu gula dalam darah dan mengurangi kolesterol dalam darah dengan mengikatnya di dalam saluran pencernaan, manakala serat tidak larut, dapat melindungi dan mencegah kanker usus besar (koion). Makanan yang kaya akan serat mampu mengurangi berat badan, oleh karena itu Buah Tin juga sangat sesuai mengatasi masalah berat badan.

Mengatasi Insomnia
Menurut penelitian di Universitas Yale, buah tin mengandung senyawatryptophan  yang cukup efektif untuk memberikan rasa nyaman, tenang, dan rileks bagi pikiran kita. Sehingga sangatlah baik untuk menghilangkan insomnia dan membuat tidur lebih nyenyak.

Merawat Kesehatan Kulit
Kandungan coumarins diatas tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker prostat saja, namun lebih dari itu kandungan tersebut juga mampu merawat kesehatan kulit. Hal ini dapat terjadi karena coumarins bersifat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kulit menjadi rusak. bahkan kandunan vitamin C tinggi dalam buah tin juga dipercaya mampu mencerahkan kulit dengan mengoptimalkan regenerasi sel baru


Itulah ulasan singkat mengenai segudang manfaat dari buah tin. Pengarah Institut Pencegahan Penyakit di George Washington University Medical Centre menyatakan bahwa jika seseorang mengambil Buah Tin, sebenarnya telah mengambil makanan yang menjamin kesehatannya dalam jangka panjang. Maka tidak heranlah jika Buah Tin disebut oleh pakar-pakar makanan pada saat ini sebagai makanan Nutraseutikal (functional food), karena Buah Tin bukan sekedar mengandung zat-zat yang berkhasiat, bahkan lebih dari itu dan bermanfaat sebagai penjaga tubuh dan mampu mencegah serangan penyakit-penyakit tertentu. Maka bila Anda belum pernah mencoba buah tin yang manis ini, maka cobalah sesekali untuk menjaga kesehatan Anda. Selamat mencoba.