Feb 29, 2016

Manfaat Bunga Calendula Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1000 macam manfaat - Apakah Anda pernah menemukan bunga calendula? Bunga calendula (pot marigold) berasal dari Mesir. Banyak yang menyebutnya dengan marigold. Warna bunga calendula mulai dari kuning hingga oranye terang. Manfaat bunga calendula tidak hanya sebagai tanaman hias saja. Lebih dari itu, bunga calendula dapat digunakan untuk pengobatan penyakit tertentu. Efek farmalogis tanaman ini telah dikenal sejak lama oleh banyak orang. Nutrisi yang terdapat dalam bunga calendula cukup beragam. Calendula dilengkapi dengan vitamin dan senyawa penting seperti calendulin, sterol, beta karoten, rutin, polisakarida, dan karetonoid. Selain itu, bunga calendula memiliki sifat anti-septik, anti-inflamasi, anti mikroba, dan anti spasmodik. Dari kandungan itulah mengapa calendula masuk ke dalam golongan tanaman obat. Meskipun calendula adalah tanaman obat yang aman untuk digunakan, tetapi seseorang yang alergi serbuk sari dan ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi herbal ini.

manfaat-bunga-calendula-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-jpg
Manfaat Bunga Calendula Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bunga calendula bisa dikonsumsi dengan mengolahnya menjadi teh calendula. Untuk membuat teh calendula, tidaklah sulit. Pertama, ambil kelopak bunga yang mekar untuk dikeringkan kemudian simpan di dalam lemari es. Ketika akan digunakan, seduh 2 sdt bunga calendula kering bersama segelas air hangat. Tunggu selama 15 menit sebelum diminum. Anda dapat menambahkan madu dan air lemon untuk menambah aroma dan citarasa yang lezat.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa kita ambil dari bunga calendula? Berikut ulasannya mengenai manfaat bunga calendula untuk kesehatan dan kecantikan.

Menyehatkan pencernaan
Bunga calendula bisa diolah menjadi teh. Teh calendula sangat baik untuk melindungi lapisan usus dan lambung, mencegah maag, gastritis, mulas, dan gangguan pencernaan lainnya. Bahkan, dengan rutin minum teh herbal ini akan mencegah risiko kanker perut.

Membersihkan racun dalam tubuh
Minum teh calendula secara rutin, akan membersihkan racun di dalam hati dan kantung empedu. Jadi, bunga ini memiliki kemampuan detoksifikasi.

Mengobati demam dan batuk
Bunga calendula yang dikonsumsi sebagai minuman teh, dapat membantu dalam meredakan batuk dan mengobati demam. Berkumur dengan teh calendula yang diseduh bersama air hangat, dapat mengobati radang mulut dan sakit tenggorokan. Lakukan cara ini di pagi, siang, dan malam hari.

Mengatasi peradangan
Minyak calendula memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mengurangi bengkak dan peradangan pada bagian tubuh. Dengan aplikasi minyak alami ini secara langsung pada area yang bermasalah, dapat mengobati memar, bengkak, keseleo, dan varises.

Mengatasi menstruasi yang tidak teratur
Dengan konsumsi teh calendula secara teratur, mampu mengurangi kram menstruasi serta gangguan pada wanita menopause seperti sakit kepala, hot flashes, dan mual. Namun, ibu hamil harus konsultasi dengan dokter sebelum minum teh ini.

Sebagai obat tetes mata
Teh calendula ternyata dapat diterapkan pada mata anda, untuk mengobati mata merah (konjungtivitis).

Mengobati eksim
Bunga calendula memiliki sifat antiseptik dan antimikroba, yang efektif untuk mengatasi luka ringan dan mempercepat pemulihan jaringan kulit. Dengan menerapkan minyak calendula pada kulit yang bermasalah, dapat mengatasi masalah kulit seperti eksim, dermatitis, gatal, psoriasis, kurap, dan gangguan lainnya pada kulit anda. Baca juga: Cara Mengobati Eksim Dengan 11 Bahan Alami.

Mengurangi nyeri akibat sengatan lebah
Jika anda disengat oleh tawon atau serangga lainnya yang beracun, terapkan minyak calendula untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak akibat sengatan lebah.


Manfaat Bunga Calendula Untuk Kecantikan Kulit

Mengatasi kulit kering
Jika anda mengalami masalah kulit retak dan bersisik, maka solusinya adalah minyak calendula. Minyak alami ini membantu produksi kolagen, sehingga berguna untuk melembabkan kulit dan membuatnya lebih bercahaya. Anda dapat menggunakan minyak ini sebagai pelembab alami bagi kulit, untuk mencegah penuaan dini.

Nah, itulah manfaat bunga calendula untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, Anda tidak disarankan untuk minum teh calendula secara berlebihan. Konsumsi paling banyak adalah tiga kali dalam sehari. Pastikan bahwa bunga yang dibuat sebagai minuman teh adalah Calendula officinalis.