Feb 26, 2016

Manfaat Bunga Chamomile Untuk Kesehatan dan Kecantikan


1000 macam manfaat - Pernahkah Anda melihat dan menikmati aroma bunga chamomile? Anda bisa melihat bunga chamomile cantik ini tumbuh liar di tepi jalan atau ladang-ladang. Bunga chamomile telah populer dalam hal khasiatnya dizaman Mesir kuno, untuk relaksasi dan anti-inflamasi serta meningkatkan derajat kesehatan secara keseluruhan. Popularitas Chamomile tumbuh di seluruh Abad Pertengahan ketika orang mulai melirik herbal sebagai salah satu alternatif pengobatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Bunga chamomile memiliki kandungan kalcium, iron, magnesium, Fosfor, Potassium, Sodium, Zinc, Vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, Vitamin B-6, folate, Vitamin B-12, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin D, Vitamin K. Komposisi zat aktif dari sari minyak chamomile disebut bisabolol. Zat aktif lainnya adalah chamazulene, flavonoid dan coumarin. Dari senyawa yang terkandung dalam bunga chamomile, ternyata banyak juga khasiat dan manfaat yang terkandung didalamnya. Berikut ulasan mengenai khasiat dan manfaat bunga chamomile untuk kesehatan dan kecantikan.

manfaat-bunga-chamomile-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.jpg
Manfaat Bunga Chamomile Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Mengobati Diabetes
Penelitian oleh Diabetes Research Centre, menunjukkan bahwa seseorang yang punya kebiasaan minum teh chamomile setiap hari akan mengalami kadar gula darah yang lebih stabil, tanpa mempengaruhi hormon insulin.

Mengatasi Gangguan Perut
Beberapa masalah perut yang berhubungan dengan gangguan pencernaan dapat diobati dengan konsumsi teh chamomile secara rutin. Bunga chamomile memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat, yang mampu meredakan kram perut, kenaikan asam lambung, dan gas lambung.

Mengobati Alergi
Khasiat lain yang dikenal adalah sifat anti-alergi nya. Dalam sebuah studi klinis yang dilakukan pada hewan tikus yang mengalami gatal, menunjukkan bahwa tikus yang diberi chamomile menunjukkan penurunan gejala dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi chamomile.

Meningkatkan Imunitas
Berdasarkan hasil penelitian, minum tiga cangkir teh chamomile dengan rutin setiap hari maka antibakteri yang disebut hippurate akan meningkat. Hal ini berarti sistem kekebalan tubuh meningkat secara signifikan.

Anti Mikroba
Ekstrak bunga chamomile juga digunakan untuk bahan salep, krim, dan gel yang digunakan untuk mengobati iritasi kulit. Chamomile diyakini memiliki sifat anti-mikroba dan anti-bakteri, sehingga baik untuk mengobati luka, eksim, luka bakar, ruam , dan wasir.

Menyehatkan Kulit
Teh chamomile memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, dan anti-bakteri alami. Minum teh chamomile dengan rutin, akan berguna untuk meluruhkan racun dalam tubuh dan kulit. Sehingga kulit anda akan menjadi lebih sehat dan cerah.

Menghilangkan Kantung Mata
Bunga kamalia mengandung zat aktif yang disebut azulene, yang bersifat pendingin bagi kulit dan mengurangi inflamasi. Sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan lingkaran gelap di bawah mata.Teh chamomile juga berguna untuk mengencangkan pembuluh kapiler di bawah permukaan kulit, sehingga meningkatkan elastisitas kulit.

Mengobati Jerawat
Teh chamomile juga dapat digunakan sebagai toner alami dan punya kemampuan dalam melawan jerawat, disebabkan oleh anti-inflamasi dan antibakteri di dalamnya. Untuk mengobati jerawat, seduh teh chamomile bersama air panas.Celupkan kapas ke dalam airnya, kemudian gunakan sebagai toner untuk membersihkan wajah.

Itulah ulasan mengenai manfaat bunga chamomile untuk kesehatan dan kecantikan. Anda bisa menikmati khasiat bunga chamomile dengan menambahkan bunga tersebut dihidangan teh Anda. Selamat mencoba.