Feb 26, 2016

Manfaat Bunga Iris Untuk Pengobatan

1000 macam manfaat - Apakah Anda pernah melihat bunga iris? Yah, bunga iris adalah jenis tanaman hias yang berasal dari Jepang. Tak banyak yang mengetahui kalau dibalik keindahan dan kecantikannya, ternyata banyak khasiat yang terkandung didalam sebuah bunga iris. Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam bunga Iris antara lain iridin, tanin, resin, amilum, asam miristat, dan iron. Tak heran, bunga iris pun memiliki efek farmakologis seperti memiliki rasa yang pahit pedas, netral, sedikit beracun, dan sangat berkhasiat sebagai antiradang (anti inflamasi), peluruh kencing (diuretik), menghilangkan pembekuan darah, dan meningkatkan fungsi pencernaan.

manfaat-bunga-iris-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Bunga Iris Untuk Pengobatan
Ada dua macam cara membuat ramuan herbal dari bunga iris untuk pengobatan penyakit.  pertama, untuk pemakaian dalam dan kedua, untuk pemakaian luar. Cara pembuatan ramuan herbal tersebut sebagai berikut.

Pemakaian luar

  • Gusi bengkak: 15 gr akar rimpang iris diblender, ditambahkan dengan sedikit air kemudian ditempelkan pada gusi yang sakit.
  • Bisul (furunculus), digigit ular/ serangga, radang kulit bernanah (pioderma): akar rimpang iris secukupnya dicuci, dihaluskan sampai menyerupai bubur, kemudian ditempelkan pada bagian kulit yang sakit.
  • Radang tenggorokan (pharyngitis):  akar rimpang iris secukupnya diblender dengan menambahkan air secukupnya, kemudian airnya dipakai untuk berkumur-kumur.
  • Sembelit: akar rimpang iris secukupnya dicuci kemudian digiling sampai halus lalu ditempelkan pada perut terutama dibagian pusar.


Pemakaian dalam

  • Radang tenggorokan (pharyngitis): 3-9 gr akar rimpang iris yang kering, tambahkan 70 gr lidah buaya (aloe vera) yang telah dikupas kulitnya, direbus dengan menggunakan air 400 cc sampai tersisa 200 cc, kemudian diminum airnya selagi masih hangat.
  • Luka terpukul: 10 gr akar rimpang iris ditumbuk hingga halus, tambahkan air matang 200cc, diperas, lalu disaring, kemudian diminum airnya selagi masih hangat.
  • Keseleo: 3-9 gr akar rimpang iris yang kering dihaluskan kemudian diseduh dengan air hangat.
  • Mual, perut kembung (meteorismus): 3 gr akar rimpang iris yang kering dihaluskan kemudian diseduh dengan menggunakan air 200 cc, setelah agak dingin baru diminum.
  • Gangguan pencernaan (dispepsia): 3 gr akar rimpang iris yang kering ditumbuk hingga halus kemudian direbus dengan menggunakan air 200 cc sampai matang, setelah dingin baru diminum.
  • Hepatitis: 6 gr akar rimpang iris yang kering, dan 20 gr temulawak (curcuma xanthorrhiza) direbus dengan menggunakan air 400 cc sampai tersisa 200 cc, disaring, kemudian diminum airnya selagi masih hangat.
  • Pembengkakan ginjal, sembelit (konstipasi): 15 gr akar rimpang iris direbus dengan menggunakan air 500 cc sampai tersisa 200 cc, disaring, lalu airnya diminum selagi masih hangat.
  • Gusi bengkak: 9 gr akar rimpang iris direbus dengan menggunakan air 400 cc sampai tersisa 200 cc, saring, lalu diminum airnya selagi masih hangat.


Demikian ulasan mengenai manfaat bunga iris untuk kesehatan. Namun tak ada salahnya apabila Anda juga berkonsultasi ke dokter untuk penyembuhan penyakit Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.