Feb 13, 2016

Manfaat Bunga Lavender Untuk Kesehatan



1000 macam manfaat – Apakah Anda penah memegang dan mencium aroma bunga lavender? Yah, bunga yang memiliki aroma khas ini berasal dari daerah Eropa, tepatnya di wilayah Perancis. Bunga lavender yang memiliki nama latin Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae), memiliki ciri batang berongga pada bagian batang bawah, bercabang , tegak, dan bertunas, bagian daun atas bunga lavender ini berwarna abu-abu hijau dan keperakan pada bagian bawah, berbentuk lonjong dan meruncing, serta menempel pada bagian bawah tanaman. Bunga lavender memiliki kandungan linalool asetat, monoterpene hidrokarbon, camphene, alokasi-ocimene, limonene, geraniol, lavandulol, dan nerol. Dari kandungan bunga lavender tersebut ternyata bunga cantik ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan bagi kesehatan. Berikut ulasan manfaat bunga lavender untuk kesehatan.

manfaat-bunga-lavender-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Bunga Lavender Untuk Kesehatan
Mengatasi Rambut Rontok Akibat Alopecia Areta
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 86 partisipan dengan alopecia areata ( gangguan autoimun yang menyebabkan rambut rontok ), menemukan bahwa partisipan yang dipijat kulit kepalanya dengan minyak lavender selama 7 bulan mengalami pertumbuhan rambut kembali secara yang signifikan,  dibandingkan dengan mereka yang dipijat kulit kepalanya tanpa minyak esensial.

Mengatasi Insomnia
Bukti ilmiah juga telah menunjukkan,  bahwa aromaterapi lavender bisa memperlambat aktivitas sistem saraf, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan relaksasi, dan membantu masalah gangguan tidur. Studi yang pernah dilakukan juga menemukan, bahwa pijat dengan menggunakan minyak atsiri lavender bisa meningkatkan kualitas tidur, mood lebih stabil, konsentrasi yang lebih baik, dan mengurangi kecemasan. Di Jerman, teh bunga lavender juga telah dipercaya dapat mengatasi insomnia, gelisah, dan iritasi perut.

Mengasi Iritasi Perut
Beragam kandungan zat yang terdapat pada minyak bunga lavender sangat mujarab dalam menangani keluhan gangguan kesehatan. Salah satu manfaat dari penggunaan bunga lavender ini yakni untuk mengatasi iritasi yang terjadi pada bagian perut.

Mengatasi Rasa Cemas atau Depresi
Bunga lavender dapat diekstrak menjadi minyak atsiri (esensial) yang dapat digunakan sebagai ramuan aromaterapi. Pada penelitian terbaru membuktikan bahwa pijat menggunakan minyak atsiri lavender dapat mengatasi rasa cemas berlebih pada manusia. Karena sifat aromaterapi inilah juga dapat merileksasi tubuh sehingga dapat mengatasi depresi atau cemas berlebih.

Mengatasi Keluhan Ringan
Kandungan minyak atsiri dari ekstrak bunga lavender bisa menyembuhkan demam, sakit kepala, sakit perut dan berbagai keluhan ringan lainnya. Cara penggunaannya cukup dioleskan saja pada bagian yang sakit.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat dari bunga lavender. Bagi anda yang suka dengan wewangian, tidak ada salahnya apabila anda menggunakan minyak atsiri dari ekstrak bunga lavender. Selamat mencoba.