Feb 16, 2016

Manfaat Bunga Rosela Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat – Apakah Anda sudah pernah melihat, memegang atau bahkan mencoba minuman dari bunga rosela? Yah, Bunga rosela yang bernama latin Hibiscus sabdariffa ini biasanya diolah menjadi minuman. Kelopak bunga rosela diketahui mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, Vitamin D,  Potasium, Beta Carotten,  Asam Esensial, Kalsium, Magnesium, Omega 3, Protein, Lemak, Serat, Fosforus, Zat Besi, Karotena, Thiamine, Riboflavin, Niacin, Asid Askorbik dan Air. Ditinjau menurut sudut pandang medis modern (kedokteran), mengonsumsi olahan kelopak bunga rosela secara teratur menunjukkan kesetaraan hasil dengan pengobatan modern (farmakologis) pada beberapa penyakit. Mau tau apa saja manfaat rosela bagi kesehatan tubuh kita,? Yuk simak ulasan manfaat rosela bagi kesehatan berikut.
manfaat-bunga-rosela-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Bunga Rosela Untuk Kesehatan

Menyembuhkan Hipertensi
Pemberian ekstrak kelopak rosela yang mengandung 9,6 miligram anthocyanin setiap hari selama 4 minggu, mampu menurunkan tekanan darah yang hampir sama dengan pemberian captopril 50 mg/hari. Rosela terstandar tersebut dibuat dari 10 gram kelopak kering dan 0,52 liter air (Herrera-Arellano, 2004). Terdapat penurunan tekanan darah sistolik sebesar 11,2 % dan tekanan diastolik sebesar 10,7% setelah diberi terapi teh rosela selama 12 hari pada 31 penderita hipertensi sedang.

Asam Urat dan Kesehatan Ginjal
Tingginya kadar asam urat, kalsium dan natrium dalam darah secara mekanisme normal tubuh akan dikurangi dengan membuang kelebihan unsur tersebut melalui ginjal. Jika kondisi demikian dibiarkan berlangsung lama akan memberatkan kerja ginjal sebagai penyaring darah dalam tubuh. Kondisi ini dapat memicu kesakitan pada ginjal. Dengan mengonsumsi rosela, ditemukan penurunan kreatinin, asam urat, sitrat, tartrat, kalsium, natrium, dan fosfat dalam urin pada 36 pria yang mengonsumsi jus rosela sebanyak 16-24 g/dl/hari.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Chung San Medical University di Taiwan, Chau-Jong Wang, konsumsi rosela digunakan sebagai salah satu cara baru untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Flora ini terbukti secara klinis mampu mengurangi jumlah plak yang menempel pada dinding pembuluh darah. Tidak hanya itu, rosela juga memiliki potensi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang disebut LDL dan lemak dalam tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa rosela juga bermanfaat terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi), membantu program diet bagi penderita kegemukan (obesitas), melancarkan peredaran darah, menurunkan demam umum, melancarkan dahak bagi batuk berdahak, dan dapat dimanfaatkan untuk melancarkan buang air besar.

Dapat Menangkal Radikal Bebas
Rosela diketahui memiliki kandungan senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan sebanyak 23,10 mg dalam setiap gram bobot kering kelopak rosela. Penelitian yang dilakukan oleh Ir Didah Nur Faridah MSi, periset Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang dimiliki oleh kelopak rosela terdiri atas senyawa gossipetin, antosianin, dan glukosida hibiscin yang mampu memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit degeneratif (akibat proses penuaan) seperti jantung koroner, kanker, diabetes melitus, dan katarak.

Menyembuhkan Diabetes
Karena diabetes termasuk kedalam salah satu jenis yang berbahaya, maka cegah sedini mungkin penyakit tersebut. Dianggap berbahaya karena memberikan efek yang luar biasa bagi kesehatan seperti menimbulkan penyakit lain bahkan bisa berakibat fatal. Namun jika sudah mengalami penyakit diabetes tersebut coba atasi menggunakan ramuan dari bunga rosela. Bunga rosela ini akan membantu mengurangi penyakit diabetes secara perlahan-lahan. Cuci bersih bunga rosela kemudian direbus sampai benar-benar mendidih. Setelah itu saring dan jika sudah dingin diminum dengan aturan minum sehari 2 kali.

Mengatasi Kanker Darah
Peneliti Faculty of Agriculture, Kagoshima University, De-Xing Hou menemukan adanya kandungan delphinidin 3-sambubioside dan cyanidin 3-sambubioside, antosianin pada rosela yang ampuh mengatasi kanker darah alias leukeimia. Cara kerjanya adalah dengan menghambat terjadinya kehilangan membran mitokondrial dan pelepasan sitokrom dari mitokondria ke sitosol. Jika molekul mengandung elektron seperti guanin DNA terserang, kesalahan replikasi DNA mudah terjadi. Kerusakan DNA memicu oksidasi LDL,kolesterol, dan lipid yang berujung pada penyakit ganas seperti kanker dan jantung koroner. Namun, antioksidan yang dikandung rosela meredam aksi radikal bebas yang menyerang molekul tubuh yang mengandung elektron. Secara singkat, adanya mekanisme tersebut menjelaskan bagaimana antioksidan yang terdapat dalam kelopak rosela menghambat pertumbuhan sel kanker dan kejadian penyakit jantung koroner.

Sebagai Obat Sariawan
Sariawan juga bisa diobati menggunakan bunga rosela. Bunga rosela mengandung vitamin C yang mampu mengatasi sariawan karena sariawan terjadi karena kurangnya asupan vitamin C. Vitamin C memang sudah bukan rahasia lagi mampu mengatasi sariawan secara ampuh. Buatlah teh dari bunga rosela kemudian dijadikan obat kumur serta diminum secara rutin sampai sariawannya sembuh.

Mencegah Osteoporosis
Tulang sehat menjadikan tubuh tetap terjaga dengan normal. Jika tulang mengalami gangguan akibat osteoporosis atau pengeroposan tulang maka tulang tidak dapat menopang tubuh secara maksimal. Agar tulang tetap sehat terjaga dari masalah pengeroposan tulang, sering-seringlah minum teh bunga rosela. Jika dilakukan secara rutin maka tulang akan tetap sehat karena bunga rosela mengandung vitamin D, zat besi, kalium serta kalsium yang sangat baik untuk mencegah tulang terkena osteoporosis.

Membuat Kulit Kencang
Berbagai kandungan vitamin mineral serta lainnya terdapat dalam bunga rosela. Kandungan-kandungan tersebut sangat diperlukan tubuh agar tetap sehat. Salah satunya yaitu menjadikan kulit kencang dan mencerahkan kulit. Kulit yang cerah serta kencang memang dambaan setiap orang karena dapat menambah rasa percaya diri. Oleh sebab itu untuk mendapatkan hal tersebut gunakan bunga rosella sebagai solusinya. Caranya cukup dibuat teh kemudian diminum secara rutin dan teratur akan menjadikan kulit kencang serta cerah berseri.


Demikian ulasan mengenai manfaat rosela bagi kesehatan. Tapi jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi teh rosela ya. Karena belum ada penelitian atau bukti ilmiah yang menganjurkan berapa banyak konsumsi rosela yang aman. Jadi walaupun teh rosela adalah produk alami yang mengandung vitamin dan mineral, terlalu banyak mengonsumsinya berpotensi buruk pada tubuh. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya jika ragu menggunakan rosela