Feb 6, 2016

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan

1000 macam manfaat – Anda pasti sudah tahu seperti apa cumi-cumi dan seperti apa rasanya bila disantap. Cumi-cumi yang biasa kita konsumsi adalah jenis Lologo Pealei, yang tersebar di perairan Laut Tengah, Asia Timur, serta sepanjang pantai timur Amerika Utara. Ada pula yang hidup dekat dengan permukaan air, dan ada pula yang hidup di tempat yang dalam sekali atau palung laut. Cumi-cumi memiliki cairan tinta yang disimpan ditubuhnya. Dalam dunia kuliner, tak jarang kita menemukan masakan cumi-cumi yang berwarna kehitaman, maksudnya dimasak tanpa membuang tintanya. Memang kalau dilihat menjijikan, tapi tahukah anda? Ternyata cumi-cumi mengandung senyawa selenium dan riboflavin, serta tinta yang dihasilkan oleh cumi-cumi tersebut bermanfaat bagi penderita tumor. Itu hanya pada bagian tintanya saja dan belum termasuk bagian tubuhnya. Selanjutnya apa saja manfaat lainnya yang bisa di dapat saat mengkonsumsi hewan ini? Berikut kami ulas tentang khasiat dari cumi-cumi.

manfaat-cumi-cumi-bagi-kesehatan.jpg
Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan
Pembentukan Sel Darah Merah
Kadar tembaga dalam cumi-cumi diketahui sangat baik untuk pembentukan sel darah merah. Sel darah merah sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, yang mana berperan aktif untuk membantu kerja hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah, yaitu memiliki peran penting dalam transportasi oksigen ke seluruh organ tubuh, sehingga cukup penting untuk mencegah penyakit jantung koroner, stroke.

Mengatasi Tumor
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Hirosaki di Jepang, tinta cumi dapat mengaktifkan  sel  darah putih untuk melawan tumor. Penelitian dilakukan terhadap 15 ekor tikus yang  dikembangkan dalam tubuhnya penyakit tumor ganas. Tikus-tikus tersebut diberi suntikan tiga dosis cairan tinta cumi atau sekitar 200 mg tinta cumi. Ternyata dari 15 ekor tikus tersebut hanya 3 (tiga)  tikus yang mati, dan 12 tikus sisanya tetap hidup. Sebagai perbandingan, 15 tikus lainnya yang juga menderita penyakit yang sama tidak diberikan suntikan tinta cumi dan semua mati dalam waktu tiga minggu.

Pertumbuhan Kerangka Tulang
Cumi-cumi mengandung mineral mikro dan makro cukup tinggi. Mineral-mineral tersebut berguna untuk pertumbuhan kerangka tulang. Dalam hal Mineral yang terdapat pada cumi-cumi merupakan natrium, kalium, fosfor, kalsium, magnesium. Ini sangat penting apalagi bagi anak-anak untuk menghindari osteoporosis di masa tua.

Menambah Nafsu Makan
Apabila anda mengalami masalah dalam hal nafsu makan, Anda bisa mencoba mengkonsumsi cumi-cumi. Hasil studi oleh Amerika Reseacrh mengklaim bahwa kandungan vitamin dalam cumi-cumi memiliki pengaruh untuk meningkatkan nafsu makan yang sehat. Selain vitamin, cumi-cumi juga mengandung mineral yang baik untuk kesehatan pencernaan pada manusia seperti pada usus dan lambung

Menghilangkan Noda Bekas Luka
Apabila anda memilikibekas luka pada kulit, cobalah anda gunakan ramuan cumi-cumi untuk menghilangkan noda bekas luka pada kulit anda. Cara memanfaatkan cumi-cumi sebagai ramuan untuk menghilangkan bekas luka dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Jemur cumi-cumi tersebut hingga kering dan bersih
  2. Setelah itu cumi-cumi yang kering tersebut ditumbuk
  3. Ayak tumbukan cumi sehingga di dapat serbuk yang sangat halus
  4. Serbuk itulah yang selanjutnya dijadikan untuk obat untuk mengatasi bekas luka, yakni dicampur sedikit air seperti lotion. Kemudian oleskan pada bekas luka pada kulit yang diinginkan.
Lakukanlah rutin tiap pagi dan malam menjelang tidur atau sehabis mandi.

Kesehatan Bagi Jantung
Para ahli mengungkapkan cumi-cumi adalah sumber makanan laut yang kaya protein, omega-3, tembaga, seng, vitamin B dan yodium. Kandungan tembaga dalam cumi-cumi berguna untuk penyerapan tubuh, penyimpanan dan metabolisme besi dan pembentukan sel darah merah.

Itulah ulasan mengenai manfaat mengkonsumsi cumi-cumi. Tapi jangan berlebihan mengkonsumsinya ya. Dan dalam cara penyajian makanannya, menurut ahli gizi sebaiknya cumi-cumi dimasak dengan cara direbus atau dikukus karena dengan begitu masih tetap mempertahankan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selamat menikmati…