Feb 25, 2016

Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Pernahkah Anda pernah mengkonsumsi sayur daun katuk? Daun katuk yang memiliki nama latin Sauropus androgynus merupakan tumbuhan sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Daun katuk biasanya dikonsumsi oleh ibu menyusui, yang memiliki khasiat memperlancar aliran air susu ibu (ASI). Daun katuk memiliki kandungan gizi yang banyak, dan baik untuk tubuh kita. Daun katuk dapat mengandung hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun ini kaya vitamin K, selain pro-vitamin A (beta-karotena), B, dan C. Mineral yang dikandungnya adalah kalsium (hingga 2,8%), besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Warna daunnya hijau gelap karena kadar klorofil yang tinggi. Namun sebelum mengkonsumsi daun katuk lebih baik di rebus terlebih dahulu untuk menghilangkan sifat anti protozoa yang artinya adalah membunuh racun yang terkandung di Daun katuk tersebut. Sedangkan  maksimal mengkonsumi Daun katuk ini adalah  50 g per hari. Jangan takut dahulu, Daun katuk ini juga dapat mengatasi masalah kesehatan lain. Berikut ulasan mengenai manfaat daun katuk untuk kesehatan.

manfaat-daun-katuk-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Melancarkan ASI
Efektif untuk melancarkan ASI bagi ibu yang tengah menyusui. Senyawa minyak esensial (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid) sejumlah asam amino, vitamin a, b, dan c, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) serta tujuh senyawa aktif lainnya ini dapat melancarkan ASi.

Mencegah Osteoporosis
Kandungan kalsium di dalam tanaman ini cukup banyak sehingga dapat membantu memperkuat tulang. Jika tulang kuat, maka seseorang pun akan terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Mengatasi Flu
Daun katuk mengandung senyawa efedrin. Senyawa ini sangat bermanfaat bagi penderita influenza

Menyehatkan Mata
Tanaman katuk memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Kandungan betakaroten yang tinggi di dalam tubuh dipercaya dapat membantu mencegah gangguan mata dan menjaga kesehatan mata sehingga dapat berfungsi secara optimal.

Sumber Terbanyak Klorofil
Dengan mengkonsumsi banyak klorofil maka kesehatan jaringan tubuh bisa terjaga, klorofil juga bermanfaat untuk mengatasi parasit, bakteri, dan virus yang ada dalam tubuh. Turunan klorofil feoditin berfungsi sebagai antioksidan

Itulah ulasan mengenai manfaat daun katuk untuk kesehatan. Ternyata daun katuk memang mempunyai kegunaan yang sangat banyak. Selain ibu menyusui, semua orang bisa memanfaatkan tanaman ini. Bagi Anda yang belum mencoba sayur daun katuk, selamat mencoba ya.