Feb 24, 2016

Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan

1000 macam  manfaat - Pernahkah Anda merasakan segarnya rasa mint? Yah, karakter rasa yang disajikan oleh daun mint memang diminati oleh segala kalangan. Manfaat lainnya selain untuk penambah rasa minuman dan makanan, juga bisa untuk pengobatan lho. kandungan mint yang sangat baik untuk tubuh adalah antioksidan, serta beberapa vitamin seperti vitamin C, A, D dan E yang sangat baik untuk tubuh anda. Beberapa mineral juga ada di dalamnya, misalnya kalsium serta fosfor. Kemudian Daun mint ini diketahui memiliki sifat analgesik, anestesi, dekongestan, astringent, antibakteri, antimikroba, antispasmodic, dan sifat karminatif. Dari kandungan tersebut, daun mint memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh lho. Apa saja Manfaat dari daun mint? Berikut ulasannya.

manfaat-daun-mint-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan

Mengatasi nyeri
Daun mint juga dipercaya sebagai obat untuk mengatasi rasa nyeri dalam tubuh. Sebab kandungan di dalamnya terdapat antispasmodic. Zat ini sangat baik bekerja untuk mengendurkan otot anda yang menegang. Sehingga cocok untuk mengatasi nyeri otot di tubuh.

Penangkal radikal bebas
Bagi anda yang hidupnya berada terus di bawah terik sinar matahari, lebih banyak terkena radikal bebas. Hal ini meningkatkan kecenderungan munculnya beberapa penyakit baru. Salah satu cara untuk menangkisnya adalah dengan menkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Mint adalah contohnya.

Merawat kesehatan gigi dan mulut
Banyak sekali bakteri yang ada dan bersarang di dalam mulut anda. Untuk itulah mengapa anda di anjurkan minimal menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Manfaat daun mint adalah tumbuhan yang mengandung zat anti bacterial dan anti inflamasi yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mulut anda. Bahkan mampu mencegah dari kerusakan gigi permanen.

Baik untuk kesehatan mata
Kandungan mint juga terdapat vitamin A. salah satu fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan dan perawatan mata. Bahkan para lansia yang mengalami gangguan atau mulai rabun dianjurkan untuk terus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, salah satunya dengan mint dan wortel.

Untuk pertumbuhan tulang dan gigi
Kondisi tulang semakin lama memang menurun, selaras dengan usia yang menua. Namun cara untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium dan fosfor. Meskipun dalam mint tidak banyak mengandung kalsium dan fosfor, namun setidaknya bisa sidikit membantu dalam hal pemenuhan.

Mengurangi resiko kanker
Penelitian baru baru ini mengungkapkan bahwa ternyata mint mampu mengurangi resiko kanker. Sebab kandungan radikal bebas yang ada dalam tubuh mampu di netralisir dengan mint. Salah satu zat yang sangat berperan aktif disini adalah zat anti oksidan. Kemudian zat lainnya yang terkandung dalam daun mint adalah zat phytonutrient yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker seperti kanker paru-paru, kanker kulit, dan kanker usus besar.

Menjaga kesehatan kulit
Manfaat daun mint memiliki kandungan vitamin E dan D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam hal ini, di gunakan untuk membantu memperbarui kulit mati atau kulit yang sudah tidak baik. Selain itu manfaat dari asam salisilat yang sangat berguna dalam proses penggantian sel kulit yang sudah rusak. Sehingga kulit yang tumbuh setelahnya menjadi lebih sehat dan nampak segar.

Mengatasi Mual dan gangguan pencernaan
Mint dalam bentuk kapsul atau yang dibuat sebagai teh bisa meringankan mual dan gangguan pencernaan. Mint berpotensi memperlancar sistem pencernaan dan meringankan kejang perut. Mint memiliki efek anastesi ringan sehingga mampu menghilangkan rasa sakit pada perut. Sebuah penelitian di tahun 1997 yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing menunjukkan efek mint sebagai obat anti mual pasca-operasi.

Itulah ulasan mengenai manfaat daun mint untuk kesehatan. Bagi Anda yang tidak suka dengan mint, kami sarankan untuk mencoba dan menikmati khasiatnya. Selamat mencoba.