Feb 20, 2016

Manfaat Daun Pakis Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat – Apakah Anda pernah memakan ental muda atau daun muda dari pakis? Yah, pakis yang bernama latin Diplazium esculentu, merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa dikonsumsi. Tanaman yang tumbuh subur di tempat lembab dan teduh ini biasanya dijadikan lalap setelah direbus terlebih dahulu atau dimasak dengan cara digulai. Konsumsi mentah tidak dianjurkan karena mengandung asam sikimat yang mengganggu pencernaan manusia. Namun dulu jangan khawatir, daun pakis juga mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Satu ons pakis dapat menambahkan hingga sepuluh kalori.Ini adalah sumber protein yang baik dan zat besi yang dikandung oleh tanaman ini.Pakis mengandung vitamin A dan C, fosfor, kalium, dan kalsium.Hal ini menjadikan rendah kolesterol dan mengandung sodium. Selain itu banyak pula manfaat lainnya yang terkandung dalam daun pakis. Berikut ulasan dari manfaat daun pakis untuk kesehatan.

manfaat-daun-pakis-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Daun Pakis Untuk Kesehatan

Rendah Kalori, Lemak dan Kolestrol
Sayur pakis memiliki kandungan nol kolestrol, rendah lemak dan rendah kalori.Hal ini tentu saja sangat berguna bagi Anda yang sedang melakukan program diet sehat, ataupun bagi Anda yang sedang menghindari makanan dengan kolestrol yang tinggi.Selain itu, kandungan protein yang dimiliki oleh sayur pakis juga tergolong tinggi, yaitu 4.55 gr per 100 gr sayur pakis

Meningkatkan Pertumbuhan Tulang
Dalam 100 gr sayur pakis, mengandung 32 mg kalsium dan juga fosfor.Kedua zat ini sangat berguna, terutama untuk segala hal yang berhubungan dengan tulang, dan pemenuhan nutrisi dari tulang kita.

Mengobati Luka
Kandungan vitamin c yang tinggi dapat meningkatkan pembentukan kolagen yang akan berpengaruh pada sel disemua jaringan ikat ( tulang rawan,membran kapiler dan kulit ). Sehingga akan cepat memulihkan kulit yang luka.

Meningkatkan Kekebalan Dalam Tubuh
Kandungan betakaroten dan vitamin A yang terdapat didalam daun pakis berperan aktif membantu meningkatkan kekebalan dalam tubuh.

Antioksidan Yang Baik Dan Anti Bakteri
Daun pakis mengandung flavanoid sehingga dapat menjadi sumber antioksidan. Fungsinya adalah untuk menangkal radikal bebas untuk sel tubuh manusia jika mengkonsumsinya.Tentunya manfaat nyata yang dapat dirasakan adalah mencegah penuaan lebih cepat juga berbagai penyakit degeneratif yang muncul karena radikal bebas.Kemudian fungsi sebagai antibakteri adalah manfaat yang didapatkan dari flavanoid dengan protein ekstraseluler sehingga membentuk suatu senyawa yang kompleks dan menghambat pertumbuhan sel-sel bakteri.Manfaat dari antibakteri ini adalah dapat digunakan sebagai bahan pengawet di bahan pangan lainnya.

Menyembuhkan Parasit, Sakit Perut dan Antihiperglikemia
Pakis juga memiliki manfaat kesehatan lainnya yakni untuk mengobati parasit internal seperti cacing. Selain itu juga digunakan sebagai pencahar untuk menyembuhkan gangguan pencernaan dan sembelit. Studi menunjukkan bahwa pakis bertindak sebagai alat kontrasepsi dan memiliki efek antihiperglikemia. Ini berarti bahwa hal ini membantu untuk menurunkan kadar gula darah, yang berguna bagi penderita diabetes.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat daun pakis untuk kesehatan. Bagi Anda yang penasaran ingin mengkonsumsinya, jangan lupa untuk diolah terlebih dahulu ya. Selamat menikmati.