Feb 22, 2016

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan dan Pengobatan

1000 macam manfaat - Bagi sebagian orang pasti belum mengetahui dan mengenal bagaimana bentuk dan kegunaan pegagan. Pegagan yang memiliki nama latin Centella asiatica ini ternyata telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional di berbagai negara. Daun pegagan telah digunakan sebagai obat dalam tradisi Ayurvedic India, dan dalam pengobatan Afrika dan Cina. Selain varises, pegagan digunakan untuk mengobati kondisi beragam seperti sifilis, asma, dan masalah kulit seperti psoriasis. Beragamnya kandungan kimia pada daun pegagan menunjukkan bahwa kekayaan manfaat daun pegagan yang melimpah di dalamnya. Kandungan senyawanya terdiri dari asiaticoside, isonthankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose,carotenoids, garam-garam mineral (kalium, natrium, magnesium, kalsium,besi,vellarine, zat samak). Senyawa kimia seperti glikosida triterpenoida (asiaticoside) mempunyai khasiat anti lepra. Kemudian apa saja manfaat daun pegagan untuk kesehatan dan pengobatan? Berikut ulasannya.

manfaat-daun-pegagan-untuk-kesehatan-dan-pengobatan.jpg
Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Bermanfaat Untuk Meningkatkan IQ / Kecerdasan Otak

Penelitian yang dilakukan oleh Prof Veena Kalra, Hilna Zamir, Pandey RM, dan Kala Suhas Kulkari, dari  Research and Developent Center, The Himalaya Drug Company, Makali, Bangalore India itu bahakan sudah memasuki tahap uji klinis. Uji klinis pada 2002 dilakukan pada anak usia sekolah, umur 6-12 tahun, yang menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). ADHD adalah kelainan otak yang umum terjadi pada anak-anak, yang dicirikan dengan ketidakmampuan melakukan tugas sederana, hiperaktif, dan implusif.

Peserta uji klinis memiliki kisaran Intelligent Quotient (IQ) 90-110. Seluruh peserta dibagi dalam dua kelompok, masing-masing terdiri dari 30 anak. Kelompok pertama diberi plasebo dan digunakan sebagai kontrol. Kelompok kedua diberi ramuan herbal mentat yang sudah dibentuk tablet. Mentat terdiri dari 70 mg Centella asiatica, 136 mg Bacopa monnieri, 52 mg Evovulus alsinodes, 52 mg Nardostachys jatamansi, 50 mg valeriana wallichi, 50 mg Embeia ribes, 50 mg Prunus amiygdalus, 36 mg Trinospora cordifolia, 36 mg Terminalia chebula, 36 mg Emblica offcinalis, 32 mg Oroxylum indicum, dan 32 mg Celastrus paniculatus.

Baik plasebo maupun mentat diberikan dengan dosis 2 tablet perhari. Penelitian dilakukan selama 6 bulan. Setap 2 bulan sekali kemajuan peserta klinis dipantau. Pada 4 bulan pertama, kelompok 2 menunjukkan peningkatan konsentrasi dibandingkan dengan kelompok 1. gerak motorik kelompok 2 juga lebih terkontrol dibandingkan kelompok 1. Hasil akhir setelah 6 bulan menunjukkan kelompok yang diberi mentat mengalami kemajuan pesat.

Penelitian serupa dilakukan oleh B. Sathya dan R. Uthaya Ganga, dari Govt. Siddha Medical College, Palayamkottai, India. Mereka menguji  khasiat serbuk pegagan terhadap IQ anak. Hasilnya, serbuk pegagan terbukti dapat meningkatkan intelegensia. Limabelas anak yang mengalami hambatan mental diberi 500 mg serbuk pegagan selama 1 bulan. Hasilnya, IQ meningkat sampai 4,6%. Semua anak yang mengikuti uji klinis juga lebih berkonsentraasi.

Selain itu, anak yang berperilaku pasif, pemalu, dan gelisah, berubah menjadi periang, komunikatif dan kooperatif. Itulah khasiat dari zat asiaticosida yang terdapat dalam pegagan. Senyawa golongan triterpenoid itu mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kewaspadaan. Cara kerjanya dengan melancarkan sirkulasi pasokan oksigen dan nutrisi sel ke otak. Selain tu, daun pegagan juga mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan energi bagi otak.

Menyembuhkan Lepra

Pegagan pun ampuh menggempur penyakit lepra. Di India dan Madagaskar, gotu cola, nama pegagan di India, dijadikan ramuan tradisional untuk mengobati penyakit itu. Itu karena asiaticosida, selain bermanfaat untuk mengencerkan otak, juga mampu melemahkan bakteri lepra Mycobacterium leprae dengan mengikis bagian berlilin dinding luarnya. Hasilnya, baksil tersebut dapat dengan mudah ditumpas oleh tubuh atau obat lain.

Mengatasi Penyakit Tuberculosis

Menurut Dr. Anas Subarnas, Dekan Fakultas Farmasi, Universitas Padjajaran, tanaman yang bersifat adaptif itu menghasilkan antibiotik yang aktif melawan baksil tuberkolosis. Hal itu dibuktikan dengan penelitian Boeteau P. dari Tuberculosis Research Center di India. Senyawa aktif dalam pegagan mampu melawan Mycobacterium tuberculosis. Ia menginokulasi bakteri tuberkulosis pada marmut selama 15 hari. Setelah itu, 0,5 ml asiaticosida diinjeksikan ke tubuh marmut. Hasilnya, jumlah lesi tuberkular di paru-paru , hati, dan limpa berkurang.
Senyawa asiatcosida juga tidak hanya mampu menghambat pertumbuhan bakteri tuberkulosis, tapi juga berpotensi sebagai imunomodulator atau peningkat daya taha tubuh.

Mengatasi Masalah Emosi

Herbalist di China menggunakan Herbal Pegagan untuk masalah emosi, seperti depresi, insomnia, gelisah, stress, dan kecemasan. Herbal Pegagan mempunyai kandungan yang bisa merevitalisasi syaraf dan sel otak, dan disebut ‘makanan untuk otak’ karena berpengaruh langsung pada pusat syaraf di otak. Sehinga Herbal Pegagan sering dipakai untuk memperkuat daya ingat, terutama ketika akan menghadapi ujian.

Menguatkan Sel Kulit, Meningkatkan Perbaikan Sel Kulit, Menstimulasi Sel Darah dan Sistem Imun

Akhir-akhir ini di Eropa dan Amerika, Herbal Pegagan dipakai oleh herbalist untuk masalah yang berhubungan dengan pembengkakan jaringan misalnya scleroderma, psoriasis arthritis (artritisa yang berhubungan dengan psoriasis), anklylosing spondylitis (arthritis pada tulang belakang), dan rheumatoid arthritis. Bahkan penelitian terakhir menyatakan bahwa Herbal Pegagan bisa dipakai untuk menurunkan hipertensi, mempercepat penyembuhan luka, dan melancarkan peredaran darah pada varises.


Kemudian apa saja manfaat herbal dari daun pegagan ini apabila dijadikan obat herbal? Berikut ulasannya mengenai beberapa penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan daun pegagan sebagai ramuan obat tradisional.

Lepra
Ambil 3/4 genggam pegagan dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 3/4 -nya. Saring, setelah dingin, airnya diminum sehari 3 kali 3/4 gelas.

Darah Tinggi
Ambil 20 lembar daun pegagan kemudian direbus dalam 3 gelas air hingga menjadi 3/4-nya. Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Demam
Segenggam daun pegagan segar ditumbuk hingga halus, kemudian ditambah sedikit air dan garam, lalu saring. Airnya diminum pagi-pagi sebelum makan.

Wasir
Ambil 4-5 batang pegagan berikut akar-akarnya, lalu direbus dengan 2 gelas air selama ± 5 menit. Minum air rebusan ini secara rutin selama beberapa hari.

Bisul
Cara pertama, sediakan 30 gram - 60 gram pegagan segar. Cuci bersih lalu direbus, dan air rebusannya diminum. Cara kedua, pegagan segar dicuci bersih, kemudian dilumatkan dan ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit.

Batuk Darah, Muntah Darah, dan Mimisan
Ambil 60 - 90 gram pegagan segar lalu direbus atau diperas, kemudian airnya diminum.

Mata Merah dan Bengkak
Daun pegagan bisa juga dijadikan sebagai obat tetes mata. Caranya pun cukup mudah. Pegagan segar dicuci bersih, dilumatkan, diperas, airnya disaring. Teteskan ke mata yang sakit 3-4 kali sehari.

Batuk Kering
Ambil segenggam penuh pegagan segar, kemudian dilumatkan, dan peras airnya. Tambahkan air dan gula batu secukupnya. Kemudian minum ramuan tersebut sekaligus.

Menambah Nafsu Makan
Untuk meningkatkan nafsu makan, ambil 1 genggam daun pegagan segar direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan daun pegagan tersebut sehari 1 gelas.

Susah Kencing
Jika Anda mengalami susah kencing, ambil 30 gram pegagan segar. Lumatkan atau tumbuk halus. Ramuan tersebut ditempelkan di sekitar pusar.

Campak
Untuk mengobati penyakit campak, ambillah 60 -120 gram pegagan, cuci bersih lalu direbus. Kemudian air rebusannya diminum.

Pembengkakan hati (liver)
Ambil 240 gram - 600 gram pegagan segar, kemudian direbus. Setelah dingin, air rebusannya minum secara rutin.

Itulah ulasan mengenai manfaat dan khasiat daun pegagan untuk kesehatan dan pengobatan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.