Feb 22, 2016

Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Kalau Anda pernah melihat seseorang memberikan daun talas sebagai pakan ikan, pasti Anda berfikir apa ada manfaatnya? Yah, talas yang memiliki nama latin Colocasia esculenta ini memang dapat kita konsumsi pada bagian daun dan tangkai daun yang mudanya, seperti misalnya sayur lompong dari Jawa Barat adalah sejenis gulai yang memanfaatkan bagian pucuk dan tangkai daun yang muda, dimasak dengan atau tanpa santan kelapa.

Berdasarkan sebuah penelitian, tangkai daun talas mengandung saponin dan daun talas mengandung polifenol. Senyawa ini berfungsi untuk memperkuat sistem imun, melancarkan sirkulasi darah, mencegah tulang keropos, anti tumor menyehatkan jantung dan membantu menurunkan berat badan serta sebagai penangkal radikal bebas yang merusak fungsi sel- sel di dalam tubuh. Radikal bebas juga ada kaitanya dengan faktor utama kerusakan sel yang mempercepat penuaan. Kemudian daun talas mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi. Ada juga beberapa vitamin pada daun ini yaitu vitamin A, B1, dan C. Oleh karena itu, wajar saja jika daun talas memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

manfaat-daun-talas-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan

Salah satu professor ilmu kesehatan anak yang bernama Dr. Jerome Glaser di Universitas Rochester, sangat yakin bahwa tumbuhan talas ini merupakan tumbuhan yang potensial guna menyembuhkan tukak alat cerna, asma, eksim, dan juga gangguan bronkial. Tumbuhan talas ini juga dapat membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi jauh lebih nyaman. Kemudian tumbuhan ini juga dapat meringankan diare, dan dapat dijadikan untuk obat oles guna mengobati penyakit bisul, luka bakar, dan juga lukan karena gigitan serangga.

Selain untuk dikonsumsi, talas juga bisa digunakan sebagai obat herbal. Berikut manfaat daun talas untuk kesehatan dan cara pembuatan ramuannya.

Sebagai Obat Diare

Ambillah 30 gr batang talas tambahkan 30 gr patikan kebo cuci semua bahan potong-potong seperlunya kemudian rebus dalam 2-3 gelas air bersih sampai tersisa separo. Saring menjadi dua bagian minum ramuan selagi hangat pagi dan sore. Lakukan pengobatan sampai penyakitnya sembuh.

Sebagai Obat Disentri

Ambil 20 gr akar talas segar, cuci sampai bersih lalu potong seperlunya. Kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa separonya. Saring lalu tambahkan gula seperlunya aduk sampai rata minum ramuan selagi hangat. Lakukan pengobatan sampai penyakitnya sembuh.

Sebagai Obat Biduren

Ambil 50 gr akar talas, tambahkan 150 gr iga sapi cuci kedua bahan hingga bersih kemudian ditim hingga selama 2 jam. Ambil airnya lalu minum selagi hangat, iga sapinya dimakan.

Sebagai Obat Radang Ginjal

Ambil 500 gr isi talas kupas kulitnya, cuci hingga bersih lalu diiris lalu jemur hingga kering, goring tanpa minyak hingga kering benar lalu giling hingga menjadi bubuk. Ambil bubuk setengah sendok makan lalu diseduh dengan satu gelas air panas. Tambahkan gula merah secukupnya aduk sampai rata, lalu diminum. Lakukan pengobatan 1-2 kali sehari sampai penyakitnya sembuh.

Sebagai Obat Nyeri Sendi dan Otot

Ambil isi talas secukupnya, kupas kulitnya lalu ditumbuk atau diblender sampai halus, tambahkan 1-2 sendok the cuka beras putih dan minyak wijen secukupnya, aduk sampai rata. Oleskan ramuan pada bagian sendi dan otot yang sakit. Lakukan pengobatan secara rutin 1-2 kali sehari.

Itulah ulasan singkat mengenai khasiat dan manfaat daun talas untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.