Feb 14, 2016

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat – Anda pasti sudah tak asing lagi dengan jagung. Makanan yang biasanya dijajakan dipinggir jalan ini termasuk salah satu sumber karbohidrat. Jagung yang memiliki nama ilmiah Zea mays ssp. mays, mengandung karbohidrat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa. Kandungan gizi jagung per 100 gram meliputi 355 kalori, protein  9,2 gr, lemak 3,9 gr, karbohidrat 73,7 gr, kalsium 10 mg, fosfor 256 mg, besi 2,4 mg, vitamin A 510 SI, vitamin B1 : 0,38 mg, dan air : 12 gr.

manfaat-jagung-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Jagung Untuk Kesehatan
Dari kandungan gizi diatas, jagung memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh antara lain.

Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung
Jagung menyimpan nutrisi seperti vitamin C, karotenoid serta bioflavonoid yang berperan dalam mengontrol kadar kolesterol didalam darah serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh anda.

Pencegah Diabetes
Kandungan fitokimia yang terdapat dalam biji jagung akan mengatur  penyerapan serta pelepasan hormon insulin didalam tubuh anda. Inilah yang menobatkan jagung sebagai salah satu makananan yang bergizi tinggi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh semua orang.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Organ Pencernaan
Kandungan serat yang cukup tinggi dalam jagung dapat membantu proses pencernaan makanan lebih lancar. Oleh karena itulah, berbagai masalah atau gangguan pencernaan seperti susah buang air besar tidak akan menyiksa anda lagi.

Memperkuat Tulang Pada Tubuh Anda
Jagung ternyata mengandung nutrisi seperti magnesium, besi, tembaga serta fosfor. Berbagai nutrisi itulah yang dapat menutrisi tulang agar lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

Menangkal Gejala Kurang Darah Atau Anemia
Kepala pusing merupakan salah satu indikasi bahwa seseorang terkena anemia. Jagung memiliki kandungan vitamin B serta asam folat yang berfungsi mencegah anemia yang cukup efektif.

Menyehatkan Organ Penglihatan
Jagung mengandung sumber beta karoten yang mana merupakan pembentuk vitamin A didalam tubuh anda. Jadi, konsumsilah jagung dengan batas yang normal untuk membantu  mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh organ mata anda.

Menjadikan Kulit Lebih Awet Muda
Antioksidan yang melimpah dalam jagung dapat membantu menutrisi seluruh jaringan kulit di tubuh anda. Jadi, bagi siapapnn yang berniat tampil fresh dan terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya, jagung bisa menjadi salah satu kuncinya.

Demikian ulasan mengenai manfaat dari jagung untuk kesehatan. Apabila Anda bosan memakan jagung dengan cara biasa, maka cobalah mengganti cara penyajiannya misalnya dengan menambahkan keju, coklat atau rasa lain sesuai selera Anda. Selamat menikmati.