Feb 3, 2016

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

1000 macam manfaat – Bagi Anda yang doyan jengkol, mungkin anda tidak sabar lagi untuk menyantap hidangan apa saja yang berhubungan dengan jengkol. Tapi bagi Anda yang tidak suka dengan jengkol, entah karena baunya atau bahkan rasanya, janganlah anda membencinya. Apabila mengkonsumsi jengkol pasti dapat menimbulkan bau tidak sedap pada mulut, bahkan di urin. Disisi lain, jengkol memiliki nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin. Dari kandungan nutrisi tersebut, jengkol memiliki banyak manfaatkesehatan bagi tubuh kita. Berikut kami jabarkan ulasan singkat mengenai manfaat jengkol untuk anda.

manfaat-jengkol-bagi-kesehatan.jpg
Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Mengontrol Kadar Gula
Manfaat jengkol ini dipercaya dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi jengkol fruktosa yang terdapat pada aliran darah dalam tubuh dapat terurai dengan baik. Dengan demikian di dalam tubuh anda tidak akan terjadi penimbunan gula yang berlebih. Gula yang ada dalam tubuh anda juga akan di alokasikan untuk melakukan metabolisme dan kegiatan sehari-hari. Selain itu jengkol juga mengandung gula yang bisa di manfaatkan tubuh untuk menambah tenaga. Kelebihan jengkol lainnya adalah gula yang terkandung dalam jengkol mudah di rubah menjadi energi oleh tubuh.

Mencegah Terjadinya Sembelit
Kandungan serat pada jengkol dapat memperlancar kerja pencernaan sehingga usus tidak susah untuk mengurai makanan yang masuk dalam tubuh.

Mengatasi Masalah Jantung
Kandungan mineral pada jengkol berkhasiat untuk penyakit jantung koroner. Jengkol yang di olah dengan tingkat kematangan sedang / tidak overcook, kandungan mineralnya akan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Dengan demikian aliran darah menuju jantung menjadi lebih lancar.

Mencegah Anemia
Anemia datang karena kekurangan asupan zat besi dalam tubuh. Sedangkan jengkol mengandung zat besi yang cukup tinggi yaitu 4,7 gram setiap 100 g jengkol. Dengan adanya zat besi dalam tubuh maka hemoglobin bisa secara teratur disebarkan keseluruh tubuh.

Pertumbuhan Janin pada Ibu Hamil
Kandungan kalsium dalam jengkol yaitu 140 mg/ 100 g. Peran kalsium pada umumnya dapat dibagi menjadi dua, yaitu membantu pembentukan tulang dan gigi, serta mengatur proses biologis dalam tubuh, termasuk tulang pada janin.


Jadi bagi yang ingin memakan jengkol ya silakan saja, tidak perlu maludan takut dengan baunya, kan bisa diatasi dengan menyikat gigi, berkumur atau dengan cara lain. Namun batasi dan jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Selamat mencoba…